4 Tips Memilih Hosting Murah Tapi Gak Murahan

Tips Memilih Hosting Murah

Bagaimana tips memilih hosting murah tapi kualitasnya enggak murahan? Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat hendak memilih sebuah hosting untuk keperluan bisnis atau penggunaan pribadi. Bagi Anda yang belum paham apa itu hosting, saya sudah tulis di postingan tentang membuat toko online beberapa waktu lalu.

Baca : Membuat Toko Online itu MUDAH, Begini Caranya

Tapi secara singkat, hosting adalah sebuah tempat yang kita gunakan untuk menyimpan semua data yang kita upload ke website/blog yang kita miliki, semacam rumah gitu lah. Nah hosting ini ada berbagai macam spesifikasi yang bisa kita pilih, harganya pun berbeda, kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan kita.

Hosting ini sistemnya sewa, jadi kita sewa pertahun atau beberapa tahun sekaligus, harganya pun cukup terjangkau, ada yang memberikan harga Rp. 14.000,- per bulan, setahun Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 168.000,- kalau dibagi lebih keci lagi, Anda berarti hanya membayar Rp. 460,- perak per hari, murah kan? Dibanding biaya makan kita sehari-hari.

Kenapa harga hosting berbeda? biasanya perbedaan harga disebabkan oleh beberapa hal berikut :

Kapasitas Penyimpanan

Setiap jasa penyedia hosting menyediakan kapasitas penyimpanan yang berbeda, untuk penggunaan pribadi biasanya para penyedia jasa hosting menyediakan paket personal, dengan harga yang terjangkau dan kapasitas disk yang tidak terlalu besar namun cukup untuk penggunaan pribadi, seperti blog atau lainnya.

Tapi jika Anda menggunakannya untuk bisnis, Anda juga bisa memilih paket bisnis yang mempunyai kapasistas penyimpanan lebih besar, karena untuk website bisnis akan memerlukan tempat yang besar karena butuh tempat menyimpan data yang cukup banyak seperti foto produk, data konsumen, orderan dan sebagainya.

Besarnya Bandwidth

Bandwidth itu konsumsi data pada waktu tertentu, saya berikan analogi sederhana tentang apa itu bandwidth. Ketika ada seseorang mengakses website Anda, itu berarti ada data yang dikeluarkan oleh website Anda, misalkan 2 MB, ditentukan oleh seberapa berat halaman website Anda. Kalau ada 10 orang yang akses secara bersamaan, berarti bandwidth yang Anda habiskan adalah 20 MB.

Di beberapa jasa penyedia hosting, kadang masih ada yang membatasi besarnya bandwidth, sekian GB untuk satu bulan, kalau jumlah itu sudah habis, maka website Anda tidak akan bisa diakses lagi. Tapi berdasarkan pengamatan saya, hampir semua jasa penyedia hosting kini sudah memberikan unlimited bandwidht walaupun Anda menggunakan paket hosting paling murah, jadi tidak perlu khawatir.

Ingat kasus pendaftaran SBMPTN beberapa tahun lalu? website resmi SBMPTN kadang susah untuk diakses, karena website tersebut diakses oleh banyak seluruh Indonesia dalam waktu yang bersamaan, mungkin waktu itu bandwidth-nya masih tidak memadai, jadi situs susah diakses.

Fitur Teknis

Perbedaan harga hosting juga kadang ditentukan oleh beberapa fitur teknis yang diberikan. Contohnya jumlah parked domain, subdomain, email account dll. Tapi nanti akan saya kasih gambaran beberapa jasa penyedia hosting yang saya pakai, Anda bisa memberi penilaian sendiri.

Itu adalah beberapa hal yang membuat hosting mempunyai perbedaan harga, saran saya gunakan yang sesuai kebutuhan Anda tapi jangan terlalu mepet, supaya ada space kosong untuk keadaan darurat, lalu bagaimana tips memilih hosting murah tapi gak murahan? Mari kita bahas.

Cara Memilih Hosting Murah

1. Lihatlah Portofolio

Saat Anda searching dan menemukan jasa penyedia hosting, langkah pertama adalah cek siapa saja yang telah mengguankan jasa dia, adakah perusahaan besar yang mempercayakan hostingnya ke penyedia jasa tersebut. Biasanya mereka online 24 jam 7 hari seminggu, jadi Anda bisa bertanya melalui fitur live chat mereka.

Semakin banyak perusahaan yang menggunakan jasa mereka berarti mereka sudah terpercaya dan mempunyai kualitas yang bagus.

2. Server yang Stabil

Perihal server ini sangat penting untuk performa website kita nantinya. Tak ada cara untuk mengetahui servernya stabil atau tidak, satu-satunya cara adalah dengan mencobanya. Lokasi server juga mempengaruhi, jika Anda membuat sebuah website dengan target pasar untuk orang Indonesia, lebih baik pilih server yang berada di Indonesia, untuk lokasi server, bisa Anda tanyakan ke jasa penyedia hosting tersebut.

Karena jika website Anda kebanjiran pengunjung dan server tidak menangani hal itu, server akan down, website tidak akan bisa diakses dan Google akan menganggap website Anda sudah tidak eksis lagi, bahaya juga kan.

3. Pelayanan & Bantuan Teknis

Kalau yang satu ini, hampir semua jasa penyedia hosting sudah punya, pelayanan dan bantuan teknis yang siap sedia 24 jam membantu Anda. Beberapa tempat juga menyediakan tutorial dan e-book yang bermanfaat untuk perkembangan website dan bisnis Anda. Jadi kita bisa belajar dari e-book yang mereka berikan secara gratis.

4. Kapasitas Penyimpanan & Bandwidth

Pilihlah yang mempunyai harga murah tapi kapasitas penyimpanan dan bandwidth-nya besar bahkan unlimited, emang ada? Ada kok. Anda sudah tau bagaimana urgensi dari kapasitas penyimpanan dan bandwidth pada paragraf sebelumnya.

Setidaknya itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika hendak menyewa sebuah hosting. Ada beberapa tempat yang menurut saya bagus dan bisa Anda coba, tulisan ini sama sekali tidak disponsori oleh mereka, saya murni hanya ingin berbagi kepada Anda.

Ada dua jasa penyedia hosting yang menurut saya bisa Anda coba, kualitasnya bagus dan harganya terjangkau. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa lihat-lihat sendiri ya.

1. Qwords

tips memilih hosting murah tapi gak murahan a

2. Niagahoster

tips memilih hosting murah tapi gak murahan b

Semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin mengetahui tips memilih hosting murah tapi gak murahan. Boleh tulis di kolom komentar jika menurut Anda ada yang lebih murah dengan kualitas oke ya, supaya banyak orang yang terbantu.

Semoga bermanfaat dan silahkan share artikel ini ya.

 

JIKA BERMANFAAT, SILAKAN SHARE TULISAN INI YA (KLIK ICON)

No Comments

Leave a Comment