Tiga Manfaat Kopi Darat Bagi Blogger

Mengenal Manfaat Kopi Darat

Sebelum kita membahas apa saja manfaat kopi darat bagi blogger, teman-teman pasti pernah mendengar istilah kopdar (kopi darat), ya … kata ini adalah sebuah kata yang digunakan ketika kita bertemu dan bertatap muka secara langsung dengan seseorang yang sebelumnya hanya kita kenal lewat dunia maya. Saya sih lebih sreg menyebutnya dengan kata temu kangen.

Berapa banyak jumlah teman yang kita miliki di facebook? Mungkin bisa mencapai ribuan, nah dari ribuan list itu, berapa persen yang kita pernah temui dan kita kenal? Saya mempunyai hampir 2000 teman di facebook, mungkin hanya 100an orang yang benar-benar saya kenal dan pernah bertemu di real life.

Di ranah perbloggeran, proses perkenalan sesama blogger biasanya bermula dari komentar-komentar yang ditinggalkan dalam sebuah tulisan. Ketika saya berkomentar di blog A, ada semacam aturan tidak tertulis yang mengharuskan pemilik blog A juga harus berkunjung balik ke blog saya dan meninggalkan komentar, ini bukan aturan tapi lebih kepada etika, maaf saya belum menemukan kata yang pas untuk yang satu ini. Jika interaksi semacam ini terus dilakukan secara intens, lambat laun kita akan kenal dengan orang-orang yang sering berkunjung dan bertukar komentar dengan kita.

Banyak cara yang bisa kita manfaatkan untuk bertemu dengan teman-teman di dunia maya itu, bisa dengan cara meminta kontaknya dan janjian di suatu tempat atau hadir diacara kumpul-kumpul blogger, nah apa saja sih manfaat kopi darat yang kita bisa peroleh? Yuk kita coba bahas.

Manfaar Kopi Darat Bagi Blogger

1. Ajang silaturahim

Pernah mendengar riwayat yang menyebutkan  bahwa silaturahim akan memperpanjang umur dan melapangkan rezeki? Saya setuju dengan ini, karena jika sebelumnya kita hanya bisa bertemu lewat dunia maya, kini kita bisa berjabat tangan dan dan ngobrol sana sini, tidak menutup kemungkinan dari obrolan sederhana itu, akan terlahir gagasan untuk bisnis bareng kan?

2. Menambah wawasan

Latar belakang yang berbeda akan membuat kopi darat semakin seru. Di blog, biasanya kita menuliskan deskripsi singkat tentang siapa diri kita, begitupun blogger lainnya, dari situ kita mempunyai kesempatan untuk menambah wawasan dan mendapatkan ilmu baru dari mereka-mereka yang mempunyai background yang beragam.

Saya seorang desainer, ketika bertemu dengan blogger yang mempunyai hobi traveling, saya bisa tahu bagaimana tips traveling yang keren melalui perbincangan sederhana yang kami lakukan.

3. Surprise

Ketika kita kopi darat, banyak sekali surprise yang akan kita rasakan. Kita akan kaget ternyata orang yang selama ini bertukar komentar atau saling sapa di internet itu ternyata mempunyai kepribadian yang seru, asyik dan riweuh. Tidak semua seperti itu, ada juga yang ternyata oranngnya itu pendiam dan anggun, pokoknya banyak surprise semacam itu.

Tapi berdasarkan pengalaman, lebih banyak teman-teman blogger yang asyik diajak ngobrol, bercanda dan heboh bareng.

manfaat kopi darat blogger

Bagi saya, ngeblog bukan sekedar menulis, tapi media untuk menambah saudara dan keluarga. Semoga jika ada kesempatan, kita bisa ketemu ya teman-teman.

JIKA BERMANFAAT, SILAKAN SHARE TULISAN INI YA (KLIK ICON)

18 Comments

  • Kang Alee 18/04/2016 at 01:29

    Sepakat

    Reply
  • trip jalan jalan 18/04/2016 at 08:06

    Setubuh gan, curhat sesama bloger jadi lebih faham mengenai dunia pembloggeran dan menambah saudara

    Reply
  • Ichsan Silahuddin 18/04/2016 at 08:36

    Sebelumnya salam kenal kang.
    Kopi darat juga jadi ajang pencarian jodoh + curhat hahaha
    Tapi intinya ya silaturahmi.
    Bener banget, ngeblog itu bukan sekedar nulis sesuatu yang mungkin menurut kita sendiri gak penting. Tapi dibalik itu semua, mungkin ada beberapa orang yang merasa terhibur dengan tulisan kita.
    Nice post kang (y)

    Reply
    • Jarhie 18/04/2016 at 08:40

      Wah kayaknya kang Ichsan pengalaman pribadi nih

      Reply
  • Rani Yulianty 18/04/2016 at 09:55

    Orangnya pendiam kayak saya. Opss…hihihi… Setujulah, om

    Reply
    • Jarhie 18/04/2016 at 12:22

      Diam-diam menghanyutkan bukan? haha

      Reply
  • Yulia 18/04/2016 at 10:44

    Tar ngitung dulu berapa kali kita ketemu darat yaah.. hehehe

    Reply
    • Jarhie 18/04/2016 at 12:23

      kalo udah beres ngitungnya kabarin ya Mak haha

      Reply
  • Dwi Wahyudi 18/04/2016 at 11:43

    Insya Allah ada waktu dan kesempatan kita bisa kopdaran Mas Bro 🙂

    Reply
    • Jarhie 18/04/2016 at 12:22

      Amiiin kang 🙂

      Reply
  • Mukhofas Al Fikri 18/04/2016 at 22:46

    sepakat mas.

    tapi sampai sekarang saya belum pernah kopdar dalam jumlah besar..

    baru satu orang saja dari komunitas Blogger Aktif Menulis yang saya rintis..

    tapi itu pun dari daerah yang berdekatan dengan saya..

    pengen juga kalo Blogger Aktif Menulis mengada kan kopdar besar besaran di wilayah masing masing dari kita.

    semoga kedepannya bisa kopdar..

    Reply
    • Jarhie 18/04/2016 at 22:48

      Iya mas, semoga ada event yang bisa mempertemukan blogger dalam jumlah yang banyak

      Reply
  • Ikhalid Rizqy Al Raihan 19/04/2016 at 08:59

    Setuju.. … ga sabar pengen ikutan kopdar… . Kapan ya….??

    Reply
  • Ikhalid Rizqy Al Raihan 19/04/2016 at 09:01

    Setuju.. …kopdar bisa jadi ajang Sharing pengalaman nge-blog. ga sabar pengen ikutan kopdar…

    Reply
  • ocy 19/04/2016 at 16:24

    Saya suka kutipan ini gan “Di ranah perbloggeran, proses perkenalan sesama blogger biasanya bermula dari komentar-komentar yang ditinggalkan dalam sebuah tulisan. Ketika saya berkomentar di blog A, ada semacam aturan tidak tertulis yang mengharuskan pemilik blog A juga harus berkunjung balik ke blog saya dan meninggalkan komentar, ini bukan aturan tapi lebih kepada etika, maaf saya belum menemukan kata yang pas untuk yang satu ini. Jika interaksi semacam ini terus dilakukan secara intens, lambat laun kita akan kenal dengan orang-orang yang sering berkunjung dan bertukar komentar dengan kita.”
    Terkadang memang orang tidak menyadari akan hal itu dalam dunia blogger, saya sih masih pemula gan dalam ngeblog tpi saya suka hal seperti ini.. thanks artikelnya menarik gan.. Salam kenal

    Reply
  • cetta ganendra 23/04/2016 at 06:59

    Pengen ngiku ngumpul langsung tp saya blum sempet buat waktunya. tpi saya selama di grupnya di fb saja sudah senang karna mereka juga terbuka mau saling share informasi. selalu di tanggapi dengan baik. allahmdllah ngerasa punya keluarga baru.. heheh salam blogger matursuwun

    Reply
    • Jarhie 26/04/2016 at 03:55

      suatu saat semoga kita bisa ketemu ya Mas 🙂

      Reply

Leave a Comment