Suka Duka Jadi Karyawan Baru

Begini Rasanya Jadi Karyawan Baru

Suka duka jadi karyawan baru – Tepat satu bulan saya menjadi karyawan di salah satu perusahaan percetakan di Bandung. Satu hari setelah wisuda, saya ditawari untuk bekerja di perusahaan tersebut, karena saat itu sedang dibutuhkan desainer grafis di bagian marketing communication.

Kesempatan ini pun saya pergunakan dengan baik, besoknya saya desain curriculum vitae sebagus mungkin, surat lamaran kerja dan surat keterangan lulus dari kampus tak lupa saya persiapkan, karena saat itu ijazah belum keluar. Setelah semua dokumen untuk telah siap, saya datang ke kantor untuk memulai petualangan ini.

suka duka jadi karyawan baru

ilustrasi (intisari-online.com)

Setelah melewati tahap testing desain dan wawancara, saya diterima di perusahaan tersebut. Tanggal 3 Desember 2015 saya resmi menjadi seorang karyawan dengan rutinitas baru, rekan baru dan suasana baru. Selalu ada suka dan duka jadi karyawan baru, dan ini yang saya rasakan.

Waktu berkumpul bersama teman menjadi berkurang

Sebelum jadi karyawan, saya bisa kumpul kapan saja dengan teman-teman, pergi makan bersama, nonton bareng di bioskop dan lainnya. Sekarang semuanya susah, karena saya cuman punya waktu sabtu minggu dan hari libur nasiona saja.

Tidak bisa bergadang

Kalau mau bergadang, sekarang harus pikir panjang karena takut besok telat ke kantor, dan kalau sudah telat maka gaji akan dipotong. Per 5 menit telat saja bisa dipotong sekitar 30 ribuan, misalkan kalau gaji masih dibawah UMK (upah minimum kota) bisa dibayangkan jika sering telat.

Bingung tentang pakaian kerja

Saat wawancara, sudah diwanti-wanti kalau harus mengenakan kemaja atau kaos berkerah saat bekerja. Waduh ini masalah bagi saya yang lebih terbiasa pakai kaos dan tidak punya stok kemeja yang banyak. Sepertinya gaji pertama akan saya gunakan untuk membeli beberapa kemeja.

Jadi alien, suka duka jadi karyawan baru

Percaya saja, di hari-hari pertama kerja kita akan merasa seperti alien, asing dan semua orang sekantor akan bertanya-tanya dikepalanya ‘ini siapa sih?’ tapi ini perlunya adaptasi dan komunikasi, pelan-pelan cobalah berkenalan secara pribadi dengan rekan-rekan kerja, karena itu sangat berpengaruh pada mood kerja.

Segan dalam setiap hal

Seorang karyawan baru tentu akan merasa segan ketika melakukan sesuatu di kantor, apalagi ketika jam pulang tiba tapi atasan kita masih di dalam ruangan, antara enak dan tidak enak untuk meminta izin untuk pulang duluan. Selain itu kita akan di tentut menyelesaikan pekerjaan yang cukup banyak dalam waktu singkat, ini juga yang menjadi pikiran bagi saya, karena pekerjaan desain bukan perkara mudah, tapi kali ini dituntut secepat kilat, padahal dalam membuat sebuah desain perlu referensi dan suasana yang bagus.

Bekerja di ruangan itu membosankan

Pernah mendengar ada orang-orang yang disebut orang lapangan? Yang lebih nyaman bekerja di luar ruangan, mungkin saya agak condong kesana. Setiap mengerjakan project desain, saya tidak pernah berlama-lama diruangan, beberapa jam mengerjakan sebuah desain, sisanya saya lebih suka jalan-jalan dan berkegiatan diluar, semenjak jadi karyawan saya diharuskan bekerja di ruangan berjam-jam lamanya dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore dan itu sangat membosankan, mungkin saya perlu ekstra adaptasi dalam hal ini. Kalau ada kesempatan libur, saya pakai untuk jalan-jalan kemana saja yang penting ada sesuatu yang bisa dibawa pulang, terutama pengalaman.

Baca juga : 10 Tips Traveling Pakai Motor

Walaupun banyak suka duka jadi karyawan baru, tapi menjadi karyawan itu bukan sesuatu yang buruk, ini semua bisa membuat kita lebih disiplin dan belajar mengatur waktu agar lebih efisien.

JIKA BERMANFAAT, SILAKAN SHARE TULISAN INI YA (KLIK ICON)

6 Comments

  • ahmad 05/01/2016 at 07:29

    welcome to the jungle bro hehehe

    Reply
    • Jarhie 05/01/2016 at 09:08

      Haha harus banyak adaptasi:D

      Reply
  • Rani Yulianty 05/01/2016 at 07:44

    hihihi..potongannya besar yaaah…lumayan lho 5 menit pertama 30 rb

    Reply
    • Jarhie 05/01/2016 at 09:08

      ih bukan 30rb teh sekarang mah 35 ribu -_-

      Reply
  • Adipative 22/02/2016 at 06:39

    Mas..diSHARE dong cara buat CV nya..?

    Reply
    • Jarhie 22/02/2016 at 08:38

      Boleh, kontak ke email saya aja kang, nanti saya kirim

      Reply

Leave a Comment