Pentingnya Menggunakan Domain Sendiri

Menggunakan Domain Sendiri

Teman-teman sudah menggunakan domain sendiri di blognya? Semoga sudah ya. Setelah sepuluh hari tidak update di blog ini, rasanya kangen juga. Kali ini saya sedikit berbagi menyoal domain. Domain adalah nama yang digunakan untuk memudahkan para pengguna internet menemukan blog kita, simpelnya domain itu seperti alamat rumah. Orang bisa mampir ke rumah kita ketika mereka tau alamatnya, untuk memudahkan tentu kita harus memberikan alamat yang jelas dan mudah diingat.

Nama domain pun banyak macamnya, masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda. Kita ambil beberapa contoh seperti domain .com, domain ini merupakan domain yang berkarakter umum, bisa digunakan oleh siapapun dengan fungsi apapun, berbeda dengan domain .co.id, domain ini biasanya dipakai oleh perusahaan yang bersifat komersil atau bahkan online shop, kenapa? karena ketika kita hendak menggunakan domain .co.id kita diharuskan memiliki surat izin usaha, lain lagi dengan .sch.id, domain ini diperuntukkan untuk sekolah dan lembaga pendidikan sejenis.

menggunakan domain sendiri

Apakah salah menggunakan domain gratisan seperti asdfgh.blogspot.com atau asdfgh.wordpress.com? Jawabannya tentu tidak salah. Saya berikan analogi, ketika kita menggunakan domain gratisan, kita seperti numpang tinggal dirumah mertua, banyak hal yang tidak bisa kita lakukan mengingat rumah itu bukan milik kita, ada keterbatasan didalamnya. Kembali lagi, itu semua pilihan kita masing-masing.

Dulu, saya memang menggunakan domain gratisan, saat masih awal-awal ngeblog, belajar cara ngeblog dan mengenal seluk beluk platform. Setelah saya berniat untuk menjadi blogger sungguhan, saya memutuskan untuk membeli domain, banyak sekali perbedaan ketika sudah menggunakan domain sendiri, rasanya seperti punya rumah sendiri dan di rumah itu saya bebas melakukan hal apapun.

Keuntungan Menggunakan Domain Sendiri

1. Kebanggan

Tentu, ketika blog saya berubah menjadi jarhie.com, saya bangga setiap kali bertemu blogger lain dan kami saling berbagi alamat blog, sama bangganya ketika teman kita menanyakan alamat rumah dan kita jawab “di Bandung Regency”.

2. Branding

Secara tidak langsung, domain yang kita gunakan akan mem-branding diri kita. Misal saat kita menggunakan nama seperti travelersejati.com berarti kita sudah siap dengan persepsi orang bahwa kita adalah traveler sejati. Begitu juga dalam penggunaan nama pada domain, seperti saya, jarhie.com, orang lain akan mengingat bahwa pemilik blog ini adalah Jarhie.

3. Profesionalitas

Blog yang menggunakan domain sendiri atau TLD (Top Level Domain) lebih terkesan profesional, bukan blog abal-abal atau blog dummy. Dalam beberapa kasus, blog dengan domain sendiri lebih dilirik oleh brand lho. Apalagi jika kita membeli hosting, kita bisa mempunyai alamat e-mail sendiri contohnya contact@jarhie.com. Lebih profesional kan?

4. Lebih bebas

Hal ini saya rasakan ketika beralih dari jarhie.wordpress.com ke jarhie.com. Saat masih menggunakan yang gratisan, banyak keterbatasan seperti tampilan blog yang hanya bisa menggunakan theme bawaan dan keterbatasan dalam penambahan fitur. Setelah mempunyai domain sendiri, saya bisa upload theme sesuka hati, menambahkan banyak fitur dan wigdet yang bermanfaat untuk blog saya.

Kapan Saatnya Menggunakan Domain Sendiri?

Saran saya, ketika teman-teman ingin serius ngeblog mulailah dengan membeli domain, ketika sudah memiliki domain sendiri, ada rasa ingin terus merawat dan terus update. Mungkin teman-teman beranggapan kalau membeli domain itu mahal, ternyata tidak lho. Banyak provider yang menyediakan domain murah dengan kualitas yang oke. Bagi yang belum tau, untuk domain seperti .com saja, kita hanya perlu 100-150 ribu untuk membelinya, dan itu berlaku sampai 1 tahun.

JIKA BERMANFAAT, SILAKAN SHARE TULISAN INI YA (KLIK ICON)

10 Comments

  • Mel 21/02/2016 at 03:42

    Betul banget, Kang.
    Rasanya jadi lebih pede aja ya dengan domain sendiri.
    Dan mudah2an juga dilirik brand untuk digaet kerjasama
    Hihihihi.
    Salam kenal 🙂

    Reply
    • Jarhie 21/02/2016 at 09:16

      Salam kenal teh Melisa. Iya teh yang penting mah kita update terus blognya nanti juga ada yang ngelirik hihi amiiin

      Reply
  • Huda Mahfuzh 21/02/2016 at 07:00

    Alhamdululillah blog saya sudah domain sendiri, tetapi hostingnya masih ikut di blogger.com. Ada niatan untuk dibelikan hosting, tapi sementara belum ada waktu mengurus pindahannya.. Hehehe.. Salam kenal Mas,

    Reply
    • Jarhie 21/02/2016 at 09:24

      Mantap mba 🙂 Gpp masih hosting di blogger juga yang penting domainnya udah sendiri, semoga bisa pindahan yaa, maaf saya ga bisa bantuin pindahannya hihi perlu mobil box? 😀

      Reply
  • Yoggy Satya 21/02/2016 at 08:48

    Saya dulu pernah bimbang juga, mau beli domain apa kagak ya. Akhirnya beli juga, heheh. Tapi salut juga buat yang tetap konsisten nulis meskipun masih domain gretongan, yang penting sering update postingan saja 😀

    Reply
    • Jarhie 21/02/2016 at 09:25

      Iya kita ga boleh kalah sama yang gretongan 🙂 haru sama sama rajin nulis

      Reply
  • ahmad 22/02/2016 at 02:52

    betul sekali kaka

    Reply
    • Jarhie 22/02/2016 at 06:02

      kapan atuh gantinya haha

      Reply
  • Bachtiar Fahmi 19/07/2017 at 15:14

    Boleh minta pendapatnya gak gan. Saya kan punya blog sudah bertrafik dan usianya 1 tahun. Tapi masih domain gratisan. Nah, pertanyaan saya. Apakah baik bila saya beli domain sekarang? Apakah beli domain tidak sama dengan menurunkan trafik karena seperti layaknya “blog baru” yg terlahir kembali. Dan pengaruh tidak bila saya akan mendaftarkan ke adsense bila saya beli domain tapi masih baru?

    Reply
    • Jarhie 20/07/2017 at 06:11

      Kalau Mas Fahmi pakai blogspot, itu bisa di redirect mas, jadi gak akan mengurangi trafik cuma alamatnya aja berubah. Isi dll nya tetep sama.
      Untuk Adsense tidak akan peangaruh, karena Google biasanya mereview konten dari blog itu Mas

      Reply

Leave a Comment