Pengaruh Alexa Rank Terhadap Job Review

Pengaruh alexa rank

Kali ini saya akan berbagi tentang pengaruh alexa rank pada blog. Sudah hampir enam bulan saya mengurusi blog kebanggan saya ini, ternyata mengurus blog tidak mudah seperti apa yang dibayangkan sebelumnya, monetasi blog itu sebelas duabelas dengan mengurus anak, harus selalu di cek kondisinya, apakah blog sedang sakit atau tidak, karena blog bisa juga sakit, misalkan tiba-tiba ada HTML template yang rusak, atau fitur-fitur yang tidak berfungsi sehingga membuat blog kita menjadi tidak optimal atau bahkan cenderung error.

Kini, membuat blog merupakan hal yang biasa, karena semua orang bisa membuatnya hanya dalam hitungan menit, namun yang sulit adalah merawatnya, merawat sampai blog itu tumbuh dan berkembang menjadi besar. Apalagi dengan adanya platform blog yang gratisan seperti blogspot, wordpress, tumblr dll. memudahkan siapa saja yang ingin mempunyai blog, entah untuk serius atau hanya sekedar iseng.

Tujuan orang membuat blog pun beraneka ragam, saya contohnya, 7 tahun lalu saya membuat blog gratisan yang bertujuan sekedar untuk dijadikan tempat curhat, 7 tahun lalu saya masih duduk di bangku SMA sehingga tulisan di blog itu pun masih alay-alay ala anak ABG labil pada zamannya. Seiring waktu bergulir, kini blog bisa dijadikan sebagai sumber rezeki (uang), mungkin karena hal ini juga banyak orang yang ingin mencoba peruntungannya di dunia blogging.

Blog bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah melalui berbagai cara, seperti pemasangan iklan, link afiliasi, nah yang lagi tren sekarang adalah job review. Saya kenal dengan banyak teman-teman blogger, diantara mereka ada yang mengkhususkan dirinya sebagai reviewer blogger, sudah bisa terbayang kan bagaimana isi blognya? Ya, isinya tidak akan jauh dari per-review-an, menurut saya ini keren, semasa kuliah dulu, dosen saya pernah berkata “sesuatu yang bagus itu adalah yang kecil dan mendalam”, maksudnya begini, kita lebih baik menguasai satu bidang ilmu tapi expert pada disiplin ilmu tersebut, nah reviewer blogger juga bagus, dia fokus pada satu bidang yaitu review.

Perangruh alexa rank di mata brand

Menurut legenda dunia blogging, ketika kita ingin mendapatkan job review dan memperoleh fee dari itu, kita harus pastikan bahwa blog yang kita miliki mempunyai kualitas yang oke, dari segi penulisan, tampilan dan konsistensi dalam menulis, satu lagi yang tidak boleh kita sepelekan adalah alexa rank. Bagi yang belum tau apa itu alexa rank bisa baca tulisan saya yang satu ini, kenapa saya berani menyebutkan kalau alexa rank itu tidak boleh kita sepelekan, karena saya merasakan sendiri pengaruh alexa rank di jarhie.com ini.

Dulu saya iri kepada teman-teman blogger yang sering sekali mendapat job review, mencoba berpikir keras kenapa saya tidak kunjung mendapatkan job seperti mereka, menurut praktisi blog ternyata ketika sebuah brand ingin memberikan job review, hal yang pertama kali dilihat pada blog kita adalah alexa rank-nya, walaupun tidak semua seperti itu yaa, tapi itu bukan isapan jempol belaka, ini terbukti di blog jarhie.com ini.

Kini alexa rank jarhie.com alhamdulillah sudah dibawah 500ribu, tepatnya 300 sekian ribu. Dulu ketika masih mempunyai alexa rank yang gendut (diatas 500ribu) sama sekali tidak ada job review yang datang ke blog ini, tapi berbeda setelah kini rankingnya ada di angka 300an, banyak tawaran job review yang masuk ke email, di 18 hari bulan april ini sudah ada 5 tawaran job review dan content placement dari berbagai macam brand dengan nomial fee-nya masing-masing.

Tapi, saya tidak ujug-ujug ambil dan sanggupi semua tawaran itu, bukan jual mahal, tapi memang ada yang harus saya pertimbangkan sebelum menerima tawaran tersebut. Setidaknya ada tiga hal yang menjadi pertimbangan

Konten

Salah satu dari lima email yang masuk adalah dari sebuah e-commers yang menjual pakaian khusus wanita,  agak bingung jika harus me-review pakaian wanita, karena memang saya tidak mengerti tentang pakaian wanita, lalu kalaupun diberi produknya, akan kebingungan juga karena pakaian tersebut rasanya agak kurang sopan jika harus dipakai oleh saudara atau adik perempuan saya. Bisa saja saya googling tentang pakaian wanita untuk review, tapi saya kurang sreg jika menulis hasil dari googling semacam itu, karena saya lebih suka menulis sesuai pengalaman dan apa yang dirasakan langsung.

Kontribusi

Saya ingin pada setiap tulisan yang ditulis itu ada sisi jarhie yang bisa memberikan kontribusi untuk brand yang memberi job. Sebelum menerima tawaran job review, terlebih dulu bertanya dalam hati apakah saya bisa memberikan banyak kontribusi pada brand tersebut, karena saya tidak ingin menulisa secara asal-asalan, jadi semuanya harus diperhatikan. Ketika brand menginginkan tulisan tentang A, saya ingin menambahnya menjadi A+, ada sesuatu yang khas dari Jarhie dan bisa menambah nilai untuk brand tersebut.

Fee

Perihal fee juga tidak luput dari perhatian, karena tidak semua brand memberikan fee yang pantas pada setiap job review yang ditawarkan. Sebagai contoh,  salah satu dari lima email yang saya bahas sebelumnya itu ada yang berasal dari situs jual beli properti, dari segi konten, rasanya saya bisa masuk karena background saya adalah desain, dalam hal kontribusi pun sama, karena saya juga sering mendesain bangunan 3D dll, tapi fee yang ditawarkan oleh brand ini mungkin belum cocok, sekali lagi, ini bukan jual mahal, karena dalam setiap tulisan yang kita buat, kita tidak membuatnya asal asalan toh? Perlu pemikiran, waktu dan tenaga.

pengaruh alexa rank jarhie

Bagi teman-teman yang ingin mulai mendapatkan job review, coba cek kembali blognya dan mulai dirawat baik-baik. Perhatikan juga alexa rank dan jangan lupa tetap menulis.

Salam,

Jarhie

312 total views, 0 views today

11 Comments

Leave a Comment