Pengalaman Menggunakan Digital Marketing dalam Kehidupan Sehari-hari

Beberapa tahun belakangan ini, istilah Digital Marketing sudah tak asing lagi di telinga kita, terutama bagi para pelaku bisnis online.

Seiring perkembangan zaman, pelan-pelan gaya hidup masayrakat mulai berubah, yang dulunya serba manual dan analog, mulai beralih ke serba otomatis dan berbasis digital.

Bayangkan saja, dulu saat kita hendak belanja, kita harus keluar rumah, panas-panasan, bergulat dengan kemacetan, banyak waktu yang terbuang sia-sia.

Setelah hadirnya internet, semuanya berubah.

Belanja tinggal klik, bayar-bayar tinggal scan atau mobile banking, semuanya lebih termudahkah saat munculnya tren yang dinamakan Digital Marketing.

Bagi Anda pemilik bisnis online, untuk mempunyai sebuah lapak dagang, Anda tidak perlu lagi sewa ruko yang harganya mahal, karena zaman sekarang saat Anda memiliki akun media sosial atau akun marketplace, Anda sudah bisa berjualan, dan semua fasilitas ini gratis.

Menurut Wikipedia, Digital Marketing atau pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Kata kuncinya adalah mempromosikan sesuatu dengan media digital.

Berikut 5 Alasan Kenapa Anda Harus Mulai Menggunakan Digital Marketing

Infografis : jarhie.com

1. Mampu menjangkau audiens yang lebih relevan

Tanpa kita sadari, dengan berubahnya gaya hidup masyarakat saat ini, perlahan mereka sudah beralih menjadi ‘masyarakat online’, itu artinya mereka menghabiskan lebih banyak waktu di dunia online.

Maka dari itu, sebagai pelaku bisnis, kita pun harus bisa mengikuti kebiasaan konsumen saat ini, bagaimana mereka beraktivitas, dan channel apa yang biasa mereka pakai, agar nantinya kita bisa dengan mudah menawarkan sesuatu kepada mereka dan tepat sasaran.

Digital Marketing adalah jawabannya.

Saat Anda menggunakan Digital Marketing, Anda akan mampu menjangkau konsumen dengan berbagai pilihan teknik, Anda bisa pakai Facebook Ads, SEO, Email Marketing, Social Media Marketing, dan masih banyak lagi.

Hebatnya lagi, saat Anda menggunakan Facebook Ads, Anda bisa menentukan siapa yang ingin Anda target untuk melihat iklan Anda.

Anda bisa menargetnya sesuai umur, tempat tinggal, bahkan dari kesukaan mereka. Sehingga Anda akan mendapatkan audiens yang lebih relevan dengan bisnis Anda, dan kemungkinan terjadinya pembelian pun akan semakin besar.

2. Biaya lebih hemat dibanding traditional marketing

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, dulu kalau kita mau buka usaha, kita harus sewa ruko yang harganya belasan sampai puluhan juta setahun, kalau letak rukonya strategis bahkan bisa mencapai ratusan juta per tahunnya.

Tapi dengan adanya internet, semua biaya tersebut sudah tidak perlu Anda pikirkan, karena Anda bisa membuka toko dan mulai berjualan hanya dengan bermodalkan akun di media sosial atau di marketplace, dan biaya pembuatannya pun gratis.

Selain itu, dulu saat kita hendak mempromosikan sebuah produk, kita harus cetak brosur atau flyer dan membagikannya ke setiap orang yang kita jumpai.

Tapi dengan adanya Digital Marketing, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk biaya pembuatan brosur, Anda cukup pasang iklan di Facebook kemudian Facebook yang akan membagikan iklan Anda ke orang-orang yang sesuai keinginan Anda, jadi bisa dipastikan tidak salah target.

Ini adalah iklan Facebook yang pernah saya jalankan.

Screenshot campaign iklan Facebook yang pernah saya jalankan

Bayangkan, Anda bisa membagikan iklan Anda ke 259.000 orang hanya dengan membayar Rp. 330.000,- murah bukan?

Bandingkan jika Anda cetak brosur kemudian menyuruh orang untuk membagikan brosur tersebut, Anda akan mengeluarkan uang untuk cetak brosur sekitar Rp. 400.000,- untuk 500 lembar, dan mengeluarkan uang lagi untuk membayar upah orang yang membantu menyebarkan brosur Anda, anggap saja upahnya Rp. 500.000,-.

Belum apa-apa Anda harus keluar uang Rp. 900.000,-.

Belum lagi penyebaran brosurnya pun tidak bisa Anda pantau, dibagikan ke orang yang tepat atau tidak, atau mungkin malah dibuang begitu saja.

Dengan Digital Marketing, biaya lebih murah dan semua datanya bisa kita dapatkan.

3. Konsumen itu browsing dulu sebelum memutuskan membeli sebuah produk

Mungkin hal ini juga yang Anda lakukan, iya kan?

Saat hendak membeli sebuah produk, Anda pasti mencari tahu dulu informasi detail tentang produk tersebut, mulai dari spesifikasi sampai harganya berapa.

Bayangkan saat calon konsumen ingin membeli produk Anda dan ternyata dia tidak menemukan informasi apapun di internet, kemungkinan besar mereka tidak akan jadi membeli produk Anda.

Karena mereka tidak yakin dengan produk Anda akibat tidak adanya informasi yang mendukung.

Maka dari itu Anda butuh Digital Marketing.

Anda butuh meng-online-kan produk Anda, tujuannya agar mudah ditemukan oleh calon konsumen saat mereka ingin mendapatkan informasi detail tentang produk Anda.

Dalam hal ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, bisa dengan SEO (Search Engine Optimization) atau dengan Display Ads (Facebook Ads, Google Ads, dll).

4. Lebih terukur

Dalam mengukur efektivitas sebuah iklan, dengan bantuan Digital Marketing Anda bisa mendapatkan semua datanya secara lengkap dan jelas.

Iklan Anda menjangkau berapa orang, usia berapa saja yang melihat iklan Anda, ada berapa orang yang klik, dan lokasi penempatan iklan yang efektif itu dimana.

Semua datanya jelas dan Anda tidak lagi meraba-raba hasilnya.

Kemudian Anda bisa mempelajari data tersebut untuk mengambil keputusan berikutnya, dan Anda bisa menilai apakah iklan yang Anda buat sudah bekerja dengan baik atau belum, dan apa yang harus diperbaiki, semuanya ada datanya.

5. Hemat waktu

Semua optimasi yang dilakukan dalam Digital Marketing bisa Anda lakukan dimana saja, karena ini berbasis online.

Bahkan untuk beriklan di Facebook contohnya, Anda bisa mengaturnya lewat aplikasi Ads Manager yang sudah disediakan Facebook dan bisa diakses melalui smartphone, jadi bisa kapan saja dan dimana saja Anda melakukan optimasi.

Selanjutnya saya akan bercerita kepada Anda bagaimana pengalaman saya menggunakan Digital Marketing di kehidupan sehari-hari, dan saya pun akan membagikan tips dan strateginya kepada Anda.

Alhamdulillah sudah 5 tahun terakhir saya berkutat dengan Digital Marketing, dan saya sudah merasakan manis dan pahitnya.

Pada artikel ini, saya hanya ingin bercerita kepada Anda, pengalaman-pengalaman Digital Marketing yang sudah saya lalui selama ini.

Saya berharap bisa menjadi bahan pelajaran dan inspirasi bagi Anda yang ingin terjun ke dunia Digital Marketing seperti saya.

Saat Anda memutuskan untuk mulai menggunakan dunia Digital Marketing, maka Anda akan menyadari betapa pentingnya sebuah database, bahkan para Digital Marketer menyebutkan bahwa database adalah mata uang, semakin banyak Anda memiliki database, semakin besar pula kemungkinan Anda mendapatkan uang dari sana.

Biasanya para marketer berlomba-lomba untuk mengumpulkan sebanyak mungkin alamat email. 

Bayangkan, jika Anda ingin menjual sesuatu dan Anda telah memiliki 10.000 alamat email, maka Anda tinggal broadcast saja penawarannya ke 10.000 orang yang emailnya Anda miliki.

Anggap saja 5% dari orang yang Anda tawarkan memutuskan untuk membeli produk Anda, kalau 1 produk punya keuntungan 100.000, maka kalau 5% membeli, Anda seketika akan mendapatkan profit sebesar Rp. 50.000.0000,- hanya dengan satu kali broadcast email. Wow!

Maka tak heran kalau para Digital Marketer menyebut database sebagai mata uang baru.

Menyadari hal itu, saya pun mencoba mengumpulkan alamat email yang nantinya akan saya gunakan untuk keperluan promosi.

Inilah langkah-langkah yang saya lakukan.

1. Membuat Blogpost yang Bermanfaat

Saya diuntungkan karena mempunyai blog, sehingga blog tersebut bisa menjadi media untuk mendapatkan email orang-orang yang kemungkinan tertarik dengan produk yang akan saya tawarkan nanti.

Saya mulai membuat tulisan-tulisan yang bermanfaat dan saya harap bisa meningkatkan trafik blog.

Dalam proses penulisan artikelnya, ada dua teknik yang saya gunakan, pertama teknik copywriting dan yang kedua teknik SEO sederhana, tujuannya agar artikel saya enak dibaca dan bisa menempati halaman 1 Google, sehingga trafik ke blog saya akan lebih tinggi lagi.

Setelah artikelnya jadi, saya juga memasukkannya ke situs bookmark, waktu itu yang saya pakai adalah VivaLog, dengan usaha tersebut, akhirnya 4 tulisan saya berhasil lolos dan di-boost oleh Viva, alhasil trafiknya pun naik cukup drastis, bayangkan saja, satu artikel bisa mendatangkan lebih dari 8000 view per hari. Amazing!

Lalu bagaimana caranya saya mendapatkan database email dari ribuan trafik tersebut?

Sebelumnya saya sudah memasang widget opt-in di pojok kanan bawah blog seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, yang isinya bagi-bagi e-book gratis.

Bagi para pembaca yang ingin mendapatkan e-booknya, mereka harus memasukkan nama dan email sebagai alat tukarnya.

Apakah semua orang yang membaca tulisan saya memberikan emailnya? Tidak! Karena tidak semua orang suka atau tertarik dengan e-book yang saya tawarkan.

2. Bantuan Facebook Ads

Cara kedua yang saya gunakan adalah memanfaatkan Facebook Ads.

Jenis iklan yang saya pakai adalah CTW atau Click to Website dan Lead Generation, berikut iklan yang saya buat dan jalankan.

Dalam membuat iklan di Facebook pun saya menggunakan teknik copywriting agar orang yang melihat iklan tersebut tertarik untuk mengunduh e-book yang saya tawarkan dan ujung-ujungnya mereka akan dengan suka rela memberikan emailnya kepada saya.

Dengan kedua cara tersebut, akhirnya saya berhasil mendapatkan 993 email dalam waktu 23 hari saja. Kalau dibulatkan 30 hari, jumlahnya tentu sudah lebih dari 1000 email.

Berikut adalah screenshot dari dashbor autoresponder saya.

Tahun 2016 saya mendapat job untuk meningkatkan jumlah likers/fans FanPage sebuah penerbit ternama di Indonesia.

Inilah strategi yang saya lakukan.

1. Setting Fanpage

Hal pertama yang saya lakukan adalah melakukan beberapa perbaikan seperti penggantian profile picture yang lebih profesional, mengubah cover page dan mengisi detail Fanpage tersebut, seperti aboutcontact, dan address.

Sehingga ketika ada orang yang melihat, mereka akan mudah percaya dan yakin karena tampilan FanPage-nya profesional. 

2. Buat Konten Pemancing

Setelah Fanpage-nya siap, langkah selanjutnya adalah membuat konten agar orang mau klik tombol LIKE sehingga jumlah likers/fans pun akan bertambah.

Di tahap ini, peran copywriting cukup krusial.

Karena kita harus bisa menyampaikan alasan kenapa orang-orang harus like Fanpage ini, kalau sudah like mereka akan dapat apa.

Saat itu saya membuat headline seperti ini :

  • Mau dapat diskon untuk pembelian buku terbitan xxxxxxxxx ? Klik tombol LIKE

Selain itu saya sertakan juga gambar pendukung supaya orang lebih tertarik.

3. Iklan Menggunakan Facebook Ads

Fanpage sudah siap, konten juga sudah siap, langkah salanjutnya yang saya lakukan adalah beriklan di Facebook Ads, hal ini bertujuan agar konten yang sudah dibuat bisa menjangkau orang-orang yang aktif bermain Facebook dan sesuai target yang saya inginkan.

Untuk campaign seperti ini, biasanya saya pakai jenis iklan PROMOTE PAGE, jenis iklan yang memang dibuat khusus untuk menambah likers/fans Fanpage.

Dan dari ketiga langkah diatas, saya berhasil menaikkan likers/fans yang awalnya 20.112 menjadi 175.230 hanya dalam waktu kurang dari 8 bulan, itu artinya setiap bulan saya berhasil mendapatkan rata-rata 19.000 fans baru.

Percaya atau tidak, saya pernah membuat sebuah konten yang berhasil menjangkau jutaan orang tanpa iklan alias organik, berikut bukti detailnya.

Postingan tersebut telah menjangkau 3.955.089 orang, mendapat like sebanyak 143.000 like dan telah dibagikan oleh 10.645 akun, dan ini saya lakukan tanpa iklan.

Tak hanya satu, masih ada beberapa postingan lain yang mirip seperti itu, Anda bisa melihatnya di gambar berikut ini.

Dari sana saya belajar, ternyata untuk membuat konten viral itu memerlukan beberapa elemen yang bisa menjadi pemicu konten tersebut dibagikan banyak orang.

Berikut tips yang bisa Anda coba.

1. Buat mereka merasa keren

Salah satu kunci viral adalah: bagaimana caranya agar orang merasa keren saat mereka membagikan konten Anda.

Paham maksudnya?

Jadi buatlah sebuah konten yang kira-kira kalau orang lain membagikan konten Anda ke jejaringnya maka ia akan merasa keren, salah satu konten yang bisa Anda buat adalah quote-quote motivasi dan lain sebagainya.

2. Libatkan emosi

Buatlah konten-konten yang emosional, karena orang akan lebih mudah membagikan hal-hal yang bersifat lucu atau sedih, karena hal terebut lebih menyentuh sisi emosinya.

3. Buatlah cerita

Orang akan lebih senang mendengar cerita daripada digurui atau diceramahi, maka dari itu buatlah konten-konten yang dikemas dalam bentuk cerita, bukan konten yang seolah menggurui.

Kalau Anda mampu melakukan ini, dijamin konten yang Anda buat akan mudah sekali viral.

Salah satu bagian penting dalam Digital Marketing adalah optimasi mesin pencari, atau yang sering disebut dengan SEO (Search Engine Optimization).

SEO adalah sebuah upaya bagaimana halaman website bisa berada di halaman satu Google ketika orang mencari dengan kata kunci tertentu.

Alhamdulillah beberapa artikel saya ada yang sudah menduduki halaman 1 Google, ini dia beberapa contohnya.

Dan masih banyak lagi.

Tapi saya ingin membahas satu artikel saja, yaitu artikel nomor tiga dengan keyword “kirim barang jakarta bandung” yang berada di halaman 2 Google urutan kedua.

Di artikel tersebut saya mereview sebuah jasa pengiriman baru yang menawarkan same day delivery, dan untuk menggunakan jasanya Anda hanya tinggal unduh aplikasinya dan daftar disana.

Untuk setiap orang yang mendaftar ke aplikasi tersebut dengan menggunakan kupon milik saya, maka mereka akan mendapatkan saldo Rp. 100.000,- dan saya akan mendapatkan komisi sebesar Rp. 50.000.- untuk setiap orang yang daftar.

Kabar baiknya, karena artikel tersebut berada di halaman 2 Google, setiap harinya ada saja yang berkunjung ke artikel itu, dan dari sekian banyak kunjungan, satu atau dua orang ada saja yang daftar dan hampir setiap hari saya mendapat komisinya.

Sampai saat ini komisi saya sudah menyentuh di angka 2 juta rupiah.

Enak kan? Nulis sekali, tapi untungnya terus-terusan, the power of Digital Marketing.

Tapi kunci keberhasilan sebenarnya adalah terletak pada WEBSITE.

Saat orang ingin mencari info tentang produk Anda di Google maka Anda butuh website agar mereka mendapatkan infonya dan bisa memberikan uangnya untuk Anda.

Dalam Digital Marketing, website adalah pintu gerbang untuk memulai semuanya. Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan saat Anda memiliki sebuah website.

Menjaga Kredibilitas

Saat ini adalah eranya digital, saat orang ingin mencari informasi, mereka tinggal buka Google kemudian ketik apa yang mereka ingin cari.

Itu artinya, jika kita ingin sukses baik dalam karir maupun berbisnis, kita harus bisa ditemukan dengan mudah saat orang lain mencari kita di internet.

Sebagai contoh, anggap saja Anda seorang desainer grafis yang mempunyai banyak portofolio tapi tidak ada satu orang pun yang tau bagusnya hasil pekerjaan Anda, karena mereka tidak tau harus lihat dimana.

Bayangkan kalau Anda punya sebuah website yang berisi profile Anda, kemudian portofolio yang Anda telah kerjakan, sehingga ketika orang ingin tau lebih jauh tentang Anda, dia tinggal mengetikan nama Anda di mesin pencari dan dia menemukan apa yang dia inginkan.

Kalau ada dua orang desainer, satu punya website dan satu tidak punya website, saat Anda ingin menggunakan jasa mereka, pasti Anda memilih desainer yang memiliki website, kenapa? Karena dia lebih kredibel dan karyanya bisa kita lihat langsung.

Online 24/7

Kalau Anda pebisnis online, salah satu hal wajib yang perlu Anda miliki adalah website.

Kenapa?

Karena dengan adanya website, toko Anda bisa online selama 24 jam dalam 7 hari. Jadi jam berapa pun orang ingin mengunjungi bisnis Anda, Anda selalu siap karena website Anda selalu aktif.

Bandingkan dengan bisnis konvensional, jam operasional biasanya dari pagi sampai sore saja, kemudian malam tutup, padahal bisa jadi malam itu ada calon konsumen yang ingin tahu lebih detail tentang bisnis Anda karena ia ingin bekerjasama dengan Anda, tapi karena tokonya tutup dan dia bingung harus cari info kemana, akhirnya kerjasama pun batal. 

Sayang kan?

Semua itu tidak akan terjadi jika Anda memiliki sebuah website, sehingga jam berapapun orang mencari info tentang bisnis Anda, dia akan menemukannya dengan mudah.

Jangkauan luas

Dengan hadirnya Digital Marketing, seolah tidak ada jarak lagi antara kita dan dunia. 

Saat Anda berjualan online melalui website, Anda akan dengan mudah menjangkau orang-orang yang jauh sekalipun.

Kalau Anda berdomisili di Bandung, maka Anda akan mampu mempromosikan produk Anda ke seluruh daerah di Indonesia bahkan ke seluruh penjuru dunia, dan jika orang lain ingin membeli produk Anda, mereka tinggal mengetikkan alamat website Anda di browser dan seketika mereka akan menemukan apa yang mereke inginkan, sangat mudah!

Pertayaan selanjutnya: Lalu bagaimana caranya membuat wesbite?

Jawabannya: #LangsungBikinAja di DomaiNesia.

DomaiNesia adalah penyedia layanan Web hosting murah yang bisa membantu Anda mewujudkan mimpi untuk mempunyai sebuah website.

Perusahaan yang berdiri sejak 2009 ini merupakan jasa penyedia hosting dan domain yang berfokus pada kualitas produk dan layanan tanpa mengurangi biaya. 

Berikut kenapa Anda harus pilih DomaiNesia.

Ini adalah beberapa testimoni dari mereka yang sudah menggunakan jasa DomaiNesia.

Cara pemesanannya pun cukup mudah, silahkan Anda mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama,buka www.domainesia.com atau  www.domainesia.com/domain kemudian ketikkan nama domain yang Anda inginkan.

Kedua, klik PESAN PAKET HEMAT.

Ketiga, pilih kapasitas hosting yang Anda perlukan kemudian pilih lokasi servernya.

Ikuti langkah seperti gambar di atas.

Keempat, periksa kembali pesanan Anda, jika Anda punya kode promo, disinilah saatnya Anda gunakan.

Kemudian jika Anda belum mempunyai akun di DomaiNesia, silahkan daftar terlebih dahulu, tapi jika sudah, Anda bisa langsung login dan melakukan pembayaran.

Kalau Anda belum mempunyai akun DomaiNesia, silahkan ikuti langkah diatas, mengisi data diri dan email.

Kelima, selesai dan lakukan pembayaran.

Anda tidak perlu khawatir karena saya pun menggunakan DomaiNesia, ini beberapa domain yang saya percayakan di DomaiNesia.

KESIMPULAN
Digital Marketing adalah sebuah tren baru di dunia pemasaran yang semuanya serba online, dan mempunyai website adalah sebuah keniscayaan jika Anda ingin berkembang secara karir maupun bisnis. Rekomendasi saya, saatnya Anda #JalanBarengDomaiNesia.

Jarhie adalah seorang Blogpreneur & Internet Marketer yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun di dunia internet marketing, selain itu Jarhie adalah founder dari Komunitas SBO dan Sekolah Blogger

1 Comment

  • Megacon Perkasa 03/12/2019 at 10:35

    Nice post! pembahasan yang sangat mudah dicerna dan dipahami..

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.