Membuat Toko Online Itu MUDAH, Begini Caranya

Pentingnya Membuat Toko Online

Baru sebulan saya menggunakan Email Marketing, ternyata banyak pertanyaan tentang bagaimana membuat toko online dengan mudah dan murah, karena sebagian dari subscriber saya masih pemula dalam urusan bisnis online.

Akhirnya saya putuskan untuk membuat tulisan ini dengan harapan semoga bisa sedikit membantu kebingungan Anda yang ingin sekali mempunya toko online/webstore tapi tidak mengerti tata cara dan harus mulai dari mana.

Ada dua bisnis yang sedang saya jalankan, salah satunya Waroeng Siluet, dulu waktu belum punya website, banyak orang yang ragu, karena takut ketipu dan lain sebagainya, dari situ saya sadar bahwa mempunyai website untuk jualan ternyata penting, salah satunya untuk meningkatkan rasa percaya atau TRUST para customer.

Oke tanpa basa-basi, saya langsung tunjukkan langkahnya untuk Anda.

Langkah-langkah Membuat Toko Online

1. Miliki Hosting dan Domain

Saya harap Anda sudah mengerti apa itu hosting dan domain, kalau belum, akan saya coba sedikit gambarkan. Oke saya akan gambarkan dengan sebuah analogi, saat Anda ingin membuka sebuah warung, hal yang pertama harus Anda miliki adalah tempat, tempat untuk menyimpan semua keperluan warung Anda, mulai dari barang dagangan sampai peralatan pendukungnya, bisa berupa ruko, atau rumah sederhana pinggir jalan.

Kalau di dunia online, tempat yang Anda sewa itulah yang dinamakan hosting. Hosting itu ibarat ruko atau rumah pinggir jalan tadi, tempat kita berjualan dan menyimpan semua keperluan warung. Hosting nantinya akan menyimpan semua data toko online Anda, dari mulai foto produk, orderan yang masuk, pokoknya semuanya.

Berapa harga hosting? Murah kok, mulai dari Rp. 100.000 per tahun. Oh iya, hosting itu sifat sewa, biasanya per tahun, kalau dibagi, kita hanya bayar Rp. 10.000 per bulan bahkan kurang. Murah kan?

Nah, terus domain itu apa? Kalau kita sudah sewa ruko dipinggir jalan, yang kita butuhkan adalah ALAMAT agar orang-orang tau lokasi warung kita. Di online, alamat itu adalah domain. Kalau di dunia nyata, alamat itu kan ditulis kaya gini : Jalan Raya Baru No. 2345 Kelurahan Apa Kecamatan Itu Kota Ini, kalau di online, alamat itu ditulis : blablabla.com, blablabla.co.id. blablabla.org dll. Misalkan kita punya usaha hijab dan mau buat toko online-nya, kita bisa menggunakan nama toko online kita untuk dijadikan alamat website, misalkan www.ulalahijab.com

Sama seperti hosting, domain juga bersifat sewaan, dan sama-sama murah hanya Rp. 135.000 per tahun (.COM). Kalau mau cek dan baca-baca info tentang domain dan hosting ini, bisa buka website-nya Qwords.com (klik). Saya juga pakai jasa perusahaan itu, karena pelayanan yang 24 jam, jam berapa pun Anda ingin meminta bantuan, pasti akan dibantu dengan sebaik-baiknya.

2. Pilih Theme Toko Online Anda

Setelah tempat sudah ada, alamat sudah ada, waktunya kita mengatur tampilan warung kita, mau dicat warna apa, mengatur posisi rak dll, semua itu agar pengunjung warung kita betah. Disini kita dituntut untuk memilih theme/template toko online kita, sehingga bisa lebih menarik.

Sebetulnya, ketika Anda sudah memiliki domain dan hosting, itu saja sudah cukup. Selebihnya Anda harus memilih sistem apa yang akan Anda gunakan untuk menjalankan toko online Anda, tapi Anda juga harus meminta programmer yang paham coding untuk membuat sistem penjualan, seperti ongkos kirim, tampilan menu, statistik penjualan, manajemen stok dan sebagainya, tentu ini sangatlah rumit, karena kita tidak mengerti coding dan bahasa pemrograman, dan kalau harus membayar orang untuk mengerjakan itu, saya yakin biayanya jutaan.

Hal ini juga sama seperti yang dikeluhkan para subscriber saya, yang kebanyakan ingin mempunyai toko online tapi tidak paham coding dan pemrograman, mau yang langsung jadi dan tinggal pakai.

Saya punya solusinya, mungkin Anda bisa menggunakan Theme SmartToko yang juga saya gunakan sampai saat ini. Theme ini berbasis WordPress dan sudah lengkap dengan sistem di dalamnya. Anda tidak perlu repot memikirkan ini itu, karena sekali klik semua sistem penjualan sudah terintegrasi.

Saya tidak perlu panjang lebar menjelaskan kenapa Anda harus menggunakan theme ini, berikut saya lampirkan screenshoot dari website resminya.

membuat toko online

Selain itu, banyak fitur yang Anda dapatkan

membuat toko online

Berbeda dengan hosting dan domain yang sifatnya sewa, Theme Toko Online ini bisa dibeli sekali bayar seumur hidup dan free update. Dulu saya beli harganya Rp. 310.000 dari harga normal Rp. 650.000. Coba buka buka website-nya (klik disini) siapa tau harganya masih murah.

Bagi Anda yang masih pemula, jangan khawatir, ketika Anda suda membeli theme ini, Anda akan mendapatkan puluhan tutorial yang sangat membantu Anda dalam mengurus toko online. Ketika Anda membeli theme ini, nantinya Anda akan bergabung dengan Grup Premium Member, yang isinya orang-orang yang sama-sama menggunakan theme ini, kalau ada apa-apa Anda bisa tanya di grup dan banyak orang yang akan membantu, keren abis!

membuat toko online

Ada yang bertanya “emang gak ada yang gratis?”. Bisa saja, tapi sangat tidak profesional dan saya pastikan sistemnya minim. Kalau kata anak zaman sekarang “nggak tjakep”.

Semoga tulisan tentang cara membuat toko online ini bermanfaat untuk Anda. Kalau ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar, atau kirim email ke saya contact@jarhie.com ^_^

Baca juga : Cara Menambah Likers FanPage hingga Ratusan Ribu

 

JIKA BERMANFAAT, SILAKAN SHARE TULISAN INI YA (KLIK ICON)

No Comments

Leave a Comment