Mau Jualan Online? Di Blibli.com Aja, Gratis Foto Produk!

Bill Gates, Founder Microsoft pernah bilang :

“Kalau bisnis Anda tidak ada di internet, maka bisnis Anda akan punah.”

Kalau melihat perkembangan zaman saat ini, nampaknya kata-kata Bill Gates tidak berlebihan.

Coba Anda bayangkan, apa yang sekarang tidak dijual secara online, hampir semua barang kita bisa dapatkan melalui online, bahkan jual mobil yang nilainya ratusan juta pun sudah bisa dipesan via online.

Screenshot halaman republika.co.id

Direktur Pemberdayaan Informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo (Kemkominfo), Septriana Tangkary menyatakan pertumbuhan nilai perdagangan elektronik (e-commerce) di Indonesia mencapai 78 persen. Angka pertumbuhan tersebut merupakan yang tertinggi di dunia. (Dikutip dari republika.co.id 27/02/19 )

Saat ini, era jual beli online memang sedang menjamur di Indonesia, ditambah dengan hadirnya marketplace besar seperti Blibli.com yang memudahkan siapa saja untuk belanja dan jualan online.

Tapi… meskipun zaman sekarang semuanya terasa lebih mudah, masih banyak orang yang enggan memulai langkahnya untuk berbisnis dengan berjualan di marketplace.

Karena fakta dilapangan menunjukkan, tidak semua orang sukses berjualan di marketplace, ada yang tokonya laris, ada juga yang sepi, sehingga membuat nyali kita menciut.

Pengalaman Gagal Membuat Toko Online Sendiri

Saat saya baru terjun ke dunia bisnis online, saya langsung buat website untuk toko online saya, maklum waktu itu semangat masih menggebu-gebu padahal ilmu masih kurang.

Akhirnya saya beli hosting dan domain, yang harganya tidak murah, jutaan rupiah.

Saat website sudah jadi dan sudah online, di bulan pertama website saya sepi tidak ada yang beli, waktu itu saya jualan buku.

Saya tetap sabar dan positif thinking “namanya website baru, pasti masih sepi, bulan depan dan seterusnya pasti ramai”.

Ternyata hal itu tidak terjadi.

Di bulan kedua dan seterusnya, website saya masih sepi dan pembeli pun tidak banyak, akhirnya tahun berikutnya saya tutup website tersebut karena tidak menghasilkan.

Dari pengalaman tersebut saya belajar banyak hal, diantaranya :

Pelajaran #1: Mahalnya biaya pembuatan website toko online 

Bagi Anda yang sudah pernah membuat website, pasti sudah tahu berapa kisaran uang yang harus kita keluarkan saat hendak membangun sebuah website.

Apalagi ini website untuk toko online, tentu lebih mahal lagi karena kita memerlukan hosting yang cukup besar agar bisa menampung semua foto produk kita.

Nominalnya variatif tergantung provider yang kita gunakan, tapi kalau boleh diambil nominal rata-rata, kita harus mengeluarkan kurang lebih 2 juta.

Untuk pebisnis pemula seperti saya, ini bukan jumlah uang yang sedikit.

Padahal kalau kita jualan di marketplace seperti Blibli.com, kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun itu untuk mempunyai sebuah toko online.

Karena saat kita membuat toko online di Blibli.com, itu GRATIS. Dan kerennya lagi, fitur yang dimiliki oleh Blibli.com sudah sangat lengkap, kita tinggal pakai saja.

Pelajaran #2: Sulitnya mencari trafik atau calon pembeli

Saat Anda membuat website toko online sendiri, tugas pertama Anda adalah mencari cara agar banyak orang yang berkunjung ke website Anda dan mereka akan membeli produk Anda.

Tapi fakta di lapangan tidak semudah itu.

Jika Anda membuat website toko online sendiri, Anda perlu melakukan strategi-strategi marketing yang kompleks agar website Anda kebanjiran pengunjung.

Dan kabar buruk nya, belum tentu orang yang berkunjung ke website Anda 100% membeli produk yang Anda jual, karena ada tipe-tipe orang yang hobinya hanya lihat-lihat kemudian pergi.

Padahal Anda sudah mengeluarkan uang banyak untuk biaya marketing, untuk membayar desainer, copywriter, web developer dan customer service, belum lagi pengeluaran untuk pemasangan iklan di berbagai media baik online maupun offline, tapi hasilnya tidak maksimal karena trafik website Anda sedikit.

Akan lain ceritanya saat Anda berjualan di Blibli.com.

Tahukah Anda berapa orang yang berkunjung ke Blibli.com setiap bulannya?

sumber: neilpatel.com

Jawabannya : 5,391,729 pengunjung, dan angkanya mungkin lebih dari ini.

Itu artinya toko Anda di Blibli.com berpotensi dikunjungi oleh lebih dari 5 juta orang, dan Anda tidak perlu susah payah mencari calon customer, justru customer lah yang akan mencari Anda.

Pelajaran #3: Kehilangan kepercayaan dari calon pembeli gara-gara foto produk tidak profesional

Pekerjaan rumah selanjutnya saat kita membuat website toko online adalah menampilkan foto-foto produk dengan foto yang paling bagus.

Karena inilah yang pertama kali akan dilihat oleh calon customer.

Kalau fotonya saja tidak meyakinkan, jangan harap calon customer mau membeli produknya.

Kita sering melihat berbagai testimoni kurang baik yang berkaitan dengan foto produk, di foto terlihat cerah dan bagus, pas barangnya sampai, eh berbeda 180 derajat, kadang warnanya tidak sesuai, kadang ukuranya yang tidak pas.

Itu semua diakibatkan oleh pengambilan foto yang kurang profesional.

Yang harusnya warna orange, setelah difoto ternyata berubah jadi merah, dan setelah dicek itu semua diakibatkan oleh setting white balance yang tidak pas.

sumber foto : brilio.net

Yang harusnya produk seukuran buku tulis, karena salah angle foto, produk jadi terlihat seperti ukuran buku saku.

Sangat beresiko kalau kita tidak menguasai hal ini.

Dan kabar baiknya adalah…

Untuk Anda yang saat ini punya toko di Blibli.com, Anda tidak akan lagi kehilangan kepercayaan dari customer gara-gara foto yang tidak profesional, karena di Blibli.com ada fasilitas GRATIS FOTO PRODUK.

Fasilitas ini membantu Anda agar bisa menghasilkan gambar produk yang terbaik sehingga calon customer Anda akan percaya dan loyal kepada Anda.

Caranya pun cukup mudah.

Anda hanya perlu mengirimkan email ke merchant.care@blibli.com 

dengan format : Nama mechant (spasi) Photo shoot (spasi) Tanggal

Contoh : Jarhie Store Photo Shoot 02 September 2019

Selanjutnya tim merchant care Blibli.com akan menghubungi Anda 1×24 jam untuk verifikasi dan penyusunan jadwal photo shoot.

Selain ketentuan diatas, Anda juga perlu memperhatikan beberapa syarat dan ketentuan berikut ini :

  1. Photographer disediakan oleh pihak blibli.com.
  2. Request photo session hanya diperuntukan bagi merchant yang sudah terdaftar di blibli.com
  3. Jadwal photoshoot akan di update setiap akhir bulan pada tanggal 29 untuk bulan berikutnya, 
  4. Merchant partner diwajibkan mengumpulkan daftar produk yang akan di foto maksimal 1 minggu sebelum tanggal pemotretan yang dipilih
  5. Merchant partner diharapkan dapat mengirimkan contoh barang maksimal 3 hari sebelum tanggal photoshoot
  6. Jika merchant partner belum mengumpulkan contoh barang (Maks 1 minggu sebelum tanggal yang dipilih) atau contoh sample barang (maks 3 hari sebelum  tanggal yang ditentukan) akan di anggap cancel dan jadwal photoshoot dapat diambil oleh merchant partner lain. 
  7. Tim photography tidak akan memberikan file dalam bentuk apapun kecuali untuk keperluan upload ke website www.blibli.com
  8. Merchant partner dapat mengambil contoh barang setelah mendapatkan konfirmasi dari pihak merchant care
  9. Merchant partner mempunyai waktu paling lambat 1 minggu dari tanggal konfirmasi, untuk mengambil contoh barang yang sudah diambil gambar. Jika melebihi waktu yang diberikan, contoh barang menjadi milik Blibli.com sepenuhnya. 
  10. Pihak merchant partner diharapkan memberikan keterangan terlebih dahulu perihal barang yang akan di foto jika memiliki request khusus (sangat mudah pecah, dilarang membuka kemasan, dll)
  11. Pihak blibli.com hanya melakukan pengeditan untuk keperluan masuk ke dalam website www.blibli.com. 
  12. Pihak merchant partner boleh menghadiri sesi photoshoot dengan kondisi sudah membuat appointment terlebih dahulu melalui merchant care

Lantas apa saja fasilitas yang bisa Anda manfaatkan? Ini dia jawabannya

  1. Fasilitas Studio Blibli Tubun, 
  2. Photographer (x1)
  3. FullSet Kamera DSLR
  4. Lampu Studio (x2)
  5. Background pure White
  6. Manequin (Pria, Wanita, Anak2)
  7. Ruang Makeup + Ruang Ganti
  8. Boom Stand*
  9. Tabletop 200x160cm*

Jadi tunggu apalagi, yuk segera jualan di Blibli.com, semua fasilitas yang ada akan memudahkan kita untuk sukses berjualan di dunia online.

Pelajaran #4: Sulitnya membuat promosi 

Saat kita membuat website toko online sendiri, anggap saja kita tidak ada masalah dengan biaya hosting dan domain, kemudian kita juga tidak ada masalah dengan foto produk, tapi tidak sampai disitu, kita masih perlu membuat promosi yang menarik agar penjualan di website toko online kita melesat.

Sayangnya, ini perlu keahlian khusus, perlu orang yang ahli untuk menangani bagian promosi ini.

Kalau kita tidak bisa, kita perlu mengeluarkan uang untuk membayar agensi periklanan untuk membantu membuat promo di website toko online kita.

Dan untuk menyewa jasa agensi itu butuh uang yang tidak sedikit.

Tapi semua hal diatas tidak perlu Anda lakukan saat Anda berjualan di Blibli.com.

Anda tidak perlu memikirkan promosi yang menarik, karena ini semua sudah ditangani oleh tim dari Blibli.

Anda tidak harus mengeluarkan uang banyak untuk menyewa jasa agensi, karena hal ini pun sudah ditangani oleh tim dari Blibli.

Pelajaran #5: Lamanya proses membangun brand

Karena maraknya penipuan pada proses jual beli online, hal ini membuat calon customer makin waspada saat hendak berbelanja.

Dan untuk menimbulkan rasa percaya dan aman di hati para pelanggan, Anda butuh yang namanya branding.

Branding akan membuat website toko online Anda mudah dipercaya oleh calon customer Anda.

Tapi, untuk melakukan aktivitas branding ini butuh waktu yang tidak sebentar, padahal sebagai pebisnis pemula kita ingin mendapatkan income secepat-cepatnya.

Tapi, Anda tidak perlu repot untuk melakukan aktivitas branding jika Anda jualan di Blibli.

Karena seperti yang kita tahu, brand Blibli sudah sangat besar dan kuat, hal ini sangat menguntungkan bagi kita para pebisnis online yang jualan di Blibli, karena dengan semakin kuatnya brand tersebut, calon customer akan mudah percaya dan tidak akan takut ditipu.

Ditambah lagi, dengan adanya program Customer Satisfaction First dari Blibli. Melalui program ini, customer bisa merasakan enam manfaat saat berbelanja di Blibli.com

  1. Biaya pengiriman gratis
  2. Pengiriman cepat
  3. 100% barang orisinil
  4. Layanan konsumen 24 jam per tujuh hari
  5. Pembayaran aman
  6. Jaminan 15 hari pengembalian barang

Kesimpulan

Sudah saatnya kita terjun ke bisnis online dan cara terbaiknya adalah dengan berjualan di Blibli.com, selain adanya Customer Satisfaction First, Blibli.com juga memberikan fasilitas GRATIS FOTO PRODUK bagi kita yang ingin menampilkan foto produk dengan kualitas gambar yang terbaik.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak berjualan di Blibli.com

Media Sosial Blibli

Facebook : Komunitas Blibli Seller
Instagram : @blibliseller
Twitter : @blibildotcom