Manfaat Pinterest untuk Project Desain

Manfaat Pinterest untuk Desain

Kira-kira apa ya manfaat Pinterest selain buat upload foto? Nah, kali ini saya bakal sedikit jelasin manfaat Pinterest buat project desain, baik itu desain logo maupun desain lainnya.

Sebelum itu, saya harus pastikan Anda adalah pengguna Pinterest, kalau bukan, coba googling info-info apa itu Pinterest, keren deh. Hampir mirip sama Instagram sih, cuman kan emang masing-masing punya feel-nya tersendiri.

manfaat pinterest untuk desain1

Penampakan Pinterest (www.pinterest.com)

Jadi gini… dalam dunia desain itu ada yang namanya moodboard, tempat nyimpen ide-ide sebelum ngerjain sebuah project desain. Bentuknya macem-macem dan nggak harus berbentuk papan, bisa kertas karton ata sejenisnya yang penting bisa nyimpen ide-ide yang nantinya bisa memudahkan dalam proses pengerjaan.

manfaat pinterest untuk desain moodboard

Contoh moodboard

Misal, kita lagi ada project desain logo, sebelum adanya Pinterest, dulu itu saya dan temen-temen desainer suka ngumpulin ide lewat internet terus diprint baru ditempel di moodboard, jadi walaupun satu project dikerjain sama banyak orang, hasilnya gak akan terlalu jauh karena semuanya mengacu ke moodboard yang sama.

Kelebihan Pinterest untuk Project Desain

1. Tidak Membutuhkan Stogare

Sebelum ada Pinterest, biasanya ide atau referensi itu dicari melalui Google Image terus klik kanan save image as kemudian simpen di drive komputer kita, secara otomatis kapasitas penyimpanan yang kita punya di komputer bakal berkurang, makin banyak file makin banyak berkurangnya.

Pinterest nggak butuh itu semua, di pinterset cukup pilih gambarnya terus pilih opsi PIN IT, dan seketika gambar yang kita pin itu akan ada di moodboard milik kita di Pinterest, tanpa harus menyimpan di drive.

2. Efesiensi Waktu

Pernah ngalamin dong cari referensi di Google Image? Ya prosesnya kaya diatas tadi, masuk Google Image, pilih gambar, klik kanan save image as, pilih destinasi folder, lalu save, baru file gambar bakal kesimpen. Lama kan? Coba kalo pake Pinterest, tinggal search gambar terus pin it, udah deh.

3. Kualitas Gambar yang Oke

Hampir semua gambar yang ada di Pinterest itu unik, bagus dan kualitasnya oke, beda kalau kita cari lewat Google Image, semuanya kecampur aduk, walaupun sekarang kita bisa pakai opsi yang tersedia, cuman ya agak repot aja, Pinterest lebih simpel dan lebih oke kalau masalah ini.

4. Mobile Apps

Pinterest juga ada mobile apps-nya, jadi kita bisa cari referensi atau ide dimana saja, nggak perlu depan komputer, sambil nunggu busway, angkot, atau lagi naik ojek pun bisa.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Logo

JIKA BERMANFAAT, SILAKAN SHARE TULISAN INI YA (KLIK ICON)

No Comments

Leave a Comment