Majukan Potensi Pedesaan dengan XL Xmart Village, Sekarang Bisa!

XL Xmart Village 2.0 dari XL Axiata

XL Xmart Village adalah program CSR dari PT. XL. Axiata Tbk. (XL) yang bertujuan untuk memajukan potensi lingkungan dan ekonomi pedesaan. Program Xmart Village sudah dilaksanakan sejak Januari 2015 lalu di dua desa, Desa Lamajang Kab. Bandung dan Desa Cipacing Kab. Sumedang. Menurut kepala desa masing-masing, program Xmart Village sangat terasa manfaatnya bagi kamajuan desa. Bahkan kepala desa Lamajang mengatakan bahwa setelah desanya dibantu oleh program Xmart Village, potensi wisata yang dimiliki desa Lamajang kini sudah mulai dikenal oleh masyarakat banyak.

xl xmart village

Program Xmart Village memberikan akses teknologi komunikasi dan informasi digital bagi desa-desa terpencil yang mempunyai potensi luar biasa. Selain itu, Xmart Village berperan dalam pemberdayaan masyarakat sekitar. Melalui program ini, XL memberikan solusi-solusi baru bagi penduduk desa dengan pemanfaatan teknologi untuk membangun potensi desanya.

Prof. Suhono, Master Smart City dari ITB mengatakan bahwa program ini juga bertujuan untuk mengurangi urbanisasi, mengurangi jumlah masyarakat desa yang berbondong-bondong pindah ke kota, karena menurut mereka, di kota akan mendapatkan apa yang mereka inginkan. Dengan Xmart Village, memberikan pengetahuan bahwa sebenarnya desa tempat mereka tinggal itu mempunyai potensi yang sangat bisa dijadikan penghasilan, kini untuk mendapatkan akses informasi tidak perlu lagi pergi ke kota, karena semuanya sudah ada di desa.

Lalu apa saja yang XL berikan melalui program Xmart Village? Malalui program Xmart Village, XL memberikan beberapa fasilitas, yaitu :

SMS Blast, sms blast ini berisi konten-konten yang menjadi daya tarik utama desa Lamajang dan Cipacing yang disebar diwilayah sekitar. Dengan sms blast ini, maka potensi wisata dan hal menarik lainnya bisa terekspos, kemudian akan menimbulkan banyaknya wisatawan yang akan datang ke desa tersebut.

Pelatihan, XL memberikan pelatihan yang bertujuan untuk mendorong pemberdayaan masyarakat sekitar, pelatihan ini merupakan berguna untuk melatih kreativitas anak-anak, pemandu wisata dan ibu-ibu rumah tangga.

Masih banyak lagi fasilitas yang XL berikan seperti penerapan system pemberdayaan listrik pintar melalui layanan SIMPLY. Memberikan layanan Musikkamu sebagai hiburan sekaligus sebagai media pengenalan teknologi informasi kepada masyarakat. XL Xmart Village membuat sebuah website yang dilengkapi dengan teknologi augmented reality, diharapkan hal ini bisa meningkatkan promosi wisata desa-desa tersebut.

Xmart Village 1.0 telah diimplementasikan di Desa Kamojang Kab. Bandung. Xmart Village 2.0 kali ini diterapkan pada Desa Lamajang Kab. Bandung dan Desa Cipacing Kab. Sumedang. Pihak XL mengatakan bahwa masih ada sekitar 70.000 desa yang perlu dibantu oleh program Xmart Village sehingga penyebaran teknologi bisa merata dan potensi-potensi desa terpencil bisa diketahui oleh masyarakat luas.

xl xmart village

JIKA BERMANFAAT, SILAKAN SHARE TULISAN INI YA (KLIK ICON)

No Comments

Leave a Comment