Lebih dari 1000 Penari Ikuti Festival Tari Merak di Bandung

Festival Tari Merak 50 Tahun

Festival Tari Merak – Tari merak adalah tarian kreasi baru yang menggambarkan burung merak. Lenggak-lenggok tariannya diambil dari kehidupan burung merak yang diangkat dalam sebuah pementasan oleh Seniman Sunda Raden Tjetje Somantri. Dalam pertunjukannya kita bisa melihat pakaian yang dikenakan memiliki motif seperti bulu merak. Ditambah penggunaan sayap yang menggambarkan keindahan sayap/ekor merak, dengan mahkota yang terpasang di kepala masing-masing penari menjadikan nilai estetik tersendiri.

festival tari merak

Gedung Merdeka Bandung, tempat Festival Tari Merak

Minggu, 13 Desember 2015 di depan Gedung Merdeka Bandung, digelar acara Festival Tari Merak yang cukup meriah. Acara ini dimulai pukul 07.00 – 10.00 WIB, sebagian Jl. Asia Afrika di jadikan area car free day untuk acara ini, sehingga para pengunjung bisa dengan leluasa mengapresiasi acara ini.

Ribuan warga Bandung memadati area festival sejak pagi hari. Tidak tanggung-tanggung menurut data panitia, ada 1502 penari yang mengikuti festival, Festival Tari Merak bertajuk “Sarewu Merak Tandang” ini digagas oleh Yayasan Pusat Bina Tari (PUSBITARI) dengan dukungan Kementerian Pariwisata. Sebelum acara ini dihelat, menurut Ibu Irawati Durban Ardjo, seniman tari sekaligus pereka ulang Tari Merak, telah diadakan seminar Internasional yang berjudul “Tari Merak dalam Perbandingan”  pada bulan Juni lalu di Gedung Kesenian Sunan Ambu Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Acara ini memperoleh penghargaan dari Original Rekor Indonesia (ORI) karena jumlah penari yang cukup banyak.

festival tari merak

Peserta Festival teridiri dari berbagai rentang usia.

Festival Tari Merak merupakan puncak dari acara “Festival Tari Merak 50 Tahun”. Sebelumnya telah dilaksanakan beberapa kegiatan seperti seminar, pelatihan Tari Merak bagi pelatih dan guru sanggar tari SD, SMP, SMA dan umum, lomba Tari Merak yang diikuti sekitar 400 orang dari 64 kelompok tari.

Peserta “Sarewu Merak Tandang” ini tidak hanya datang dari Bandung, melainkan ada juga peserta yang datang dari Kota lain seperti Bogor, Depok, Purwakarta, Karawang bahkan dari Solo. Ada kurang lebih 2000 orang yang memakai siger atau hiasan kepala khas tari merak pada kegiatan ini, termasuk para teteh-teteh Polwan dari Polwitabes Bandung. Selain mengamankan kegiatan, para Polwan ini ikut berpartisipasi dengan menggunakan siger dikepalanya.

festival tari merak

Polwan ikut mengenakan mahkota khas tari merak

festival tari merak

festival tari merak

festival tari merak

JIKA BERMANFAAT, SILAKAN SHARE TULISAN INI YA (KLIK ICON)

5 Comments

  • Timothy W Pawir 13/12/2015 at 16:07

    Wah ini fresh from the oven kayaknya … Acaranya baru hari ini ya haha!

    Gilee mantabh juga tuh ampe ada 1,000-an penari! Pasti rameee 😉

    Reply
    • Jarhie 13/12/2015 at 21:34

      Rame Mas, penarinya juga anak-anak kecil jadi lucu

      Reply
  • Kang Alee 14/12/2015 at 01:27

    Mau ke sana musti anter anak-anak euy, jadi nggak jadi deh

    Reply
    • Jarhie 14/12/2015 at 01:38

      Wah padahal mah rame lho kang

      Reply

Leave a Comment