Begini Langkah Aman Berburu Expired Domain Berkualitas

Langkah Aman Berburu Expired Domain
komunitas sbo sukses bisnis online fajar hidayat jarhie

Expired Domain atau aged domain merupakan nama domain yang sebelumnya pernah dipakai oleh seorang pengelola website. Namun, statusnya di saat ini adalah non aktif.

Hal ini bisa disebabkan masa aktifnya tidak diperpanjang karena berbagai hal, seperti lupa, atau terkena penalty oleh Google.

Bagi sebagian orang, istilah “Expired Domain” memang terasa asing. Tapi bagi yang sudah tahu, domain semacam ini justru diburu untuk berbagai keuntungan dalam pengelolaan web secara maksimal.

Maka dari itu, untuk meningkatkan pemahaman Anda seputar expired domain, mari simak penjelasan seputar expired domain berikut ini:

1. Proses Sebuah Domain Hingga Akhirnya Berstatus Expired

Ini dimulai dari fase Grace Period, di mana pengelola web tidak melakukan perpanjangan domain ketika habis masa kontraknya dalam jangka waktu 45 hari.

Pada grace period ini, pemilik domain masih diberi kesempatan untuk melakukan perpanjangan domain dengan harga yang sama.

Jika domain tak kunjung diperpanjang, maka masuklah ke fase selanjutnya, yakni Redemption Period.

Pada periode ini, pemilik akun masih diberi kesempatan untuk membayar biaya perpanjangan domain, hanya saja dikenai biaya tambahan. Jangka waktu periode ini adalah 30 hari.

Jika pemilik domain tak juga melakukan pembayaran untuk perpanjangan, maka status domain tersebut menjadi Pending Delete. Adapun jangka waktunya yakni sekitar 5 hari.

Pada periode ini, pengelola web sudah tidak bisa lagi melakukan pembaharuan terhadap websitenya, sehingga domain tersebut sudah bisa masuk tahap lelang.

Available, merupakan periode selanjutnya, di mana domain dinyatakan tersedia untuk umum. Artinya, ia sudah bisa dibeli oleh siapa saja yang berminat dengan harga tertentu.

Dengan kata lain, status domain sudah bersifat expired dan menunggu pemilik selanjutnya untuk melakukan pembelian.

Baca : Domain murah .online Rp. 14.000

2. Domain Lelang VS Domain Availabe

Masih berkaitan dengan penjelasan di poin pertama, Anda sudah berpeluang membeli expired domain dengan cara lelang maupun ketika statusnya sudah available. Tapi di antara kedua cara ini, manakah yang lebih baik?

Sebenarnya ini tergantung selera.

Tapi Anda direkomendasikan untuk membeli expired domain yang masih berstatus Pending Delete, sehingga bisa dibeli dengan cara lelang. Alasannya berkaitan dengan masa hidup domain.

Di sisi lain, domain yang berstatus Available mungkin saja sudah tidak laku, tapi kita harus membelinya dengan harga normal.

3. Strategi Memilih Domain Lelang yang Berkualitas

Ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan ketika kita ingin membeli expired domain melalui cara lelang. Setidaknya, perhatikanlah poin-poin berikut ini:

  • Tidak perlu datang langsung ke halaman lelang suatu register. Jika itu Anda lakukan, mungkin Anda hanya akan buang-buang waktu saja, sebab di sana tidak tersedia data yang terperinci seputar profil domain lelang.

    Sebagai gantinya, Anda bisa berkunjung ke situs khusus yang memang menyediakan informasi lengkap seputar domain lelang. Pada situs tersebut biasanya memuat data dan filter domain sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan.
  • Adapun kriteria domain lelang yang ideal di antaranya memuat nama domain branded.

    Domain jenis ini rata-rata memiliki bekas pemilik yakni bekas instansi atau perusahaan, sehingga ia bisa diperalat sebagai sumber backlink yang ideal.

    Kriteria selanjutnya yakni umur domain.

    Idealnya, domain lelang yang bagus berusia lebih dari dua tahun.

    Sebaliknya, Anda tidak perlu memilih expired domain yang usianya kurang dari satu tahun. Alasannya, domain tersebut kemungkinan besar tidak diperpanjang oleh pemilik lama karena ada sesuatu yang salah dari website tersebut.

Baca Juga : SSL murah untuk Expired Domain

  • Hal selanjutnya yang mesti Anda perhatikan ketika ingin membeli expired domain dengan cara lelang adalah dengan mengamati indeks di Google.

    Prioritaskanlah untuk memilih domain yang menyisakan indeks di Google, meski hanya satu atau dua halaman saja.

    Dengan munculnya data indeks, bisa dipastikan domain tersebut tidak mengalami deindex.

    Selain itu, penting pula memeriksa apakah domain yang ingin dibeli melanggar larangan adsense dan facebook atau tidak.

    Pastikan pula bahwa expired domain yang disasar tidak memiliki spam links.
  • Sebaiknya Anda tidak mencari domain lelang yang memiliki sumber backlink ke situs-situs besar seperti portal berita internasional.

    Alangkah lebih baik jika domain yang Anda beli itu memiliki sumber backlink yang bersih alias berstatus clean backlink.

4. Keuntungan Mendapatkan Expired Domain Berkualitas

Segala sesuatu memiliki tujuan. Lantas apakah tujuan memiliki expired domain yang berkualitas?

Di antara keuntungan yang bisa Anda dapatkan yakni mendapatkan backlink yang berkualitas tinggi.

Keuntungan lainnya, Anda berpeluang mendapatkan keyword pada nama domain, di mana kata kunci tersebut bisa mendukung website utama Anda.

Demikianlah informasi seputar Langkah Aman Berburu Expired Domain Berkualitas.

Untuk mendapatkan informasi lengkap seputar hosting dan domain murah, serta tips lengkap seputar pembelian expired domain, jangan ragu untuk mengakses website resmi DomaiNesia.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.