Ini Dia Kunci Sukses Bill Gates, Si Bos Microsoft

11 Kunci Sukses Bill Gates

Kunci sukses Bill Gates – Siapa yang tidak kenal Bill Gates? Mungkin ada, tapi siapa yang tidak pernah menggunakan produk Microsoft? Sepertinya hampir semua orang pernah menggunakan produk Microsoft. Bos Microsoft, Bill Gates adalah seorang ahli bisnis dan teknologi, dia berhasil membawa perusahaannya menjadi raja teknologi hampir di seluruh dunia.

kunci sukses bill gates

Beberapa waktu lalu, saya membaca buku The Story of Bill Gates, buku yang berisi tentang perjalanan Bill Gates dalam memulai bisnis. Bisnisnya ternyata dimulai dari sebuah garasi, Bill Gates adalah seorang yang tergila-gila dengan komputer dan pernah berjanji bahwa dirinya akan menjadi konglomerat dunia, hal itu kini terjadi.

Berikut ini adalah hal-hal yang dilakukan Bill Gates bersama Microsoft :

1. Memilih sumber daya manusia yang terbaik

Microsoft selalu mempekerjakan karyawan terbaik. Hal ini dikarenakan Bill Gates beranggapan bahwa ide-ide dan inovasi dalam menghadapi perkembangan tekonologi muncul dari orang-orang terbaik pula. Tidak hanya itu, Bill Gates juga memberikan yang terbaik untuk karyawannya, selain untuk balas jasa hal ini dilakukan untuk meningkatkan semangat para karyawannya.

2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia

Selain merekrut karyawan terbaik dan memberikan hadiah yang luar biasa, Bill gates mendorong karyawannya untuk terus meningkatkan kecerdasan intelektualnya. Menurutnya, hal ini juga akan menambah kuat Microsoft dalam menghadapi perkembangan zaman.

3. Lakukan pengembangan produk

Pengembangan produk selalu dilakukan Microsoft, karena menurut Gates jika ingin menjadi pemimpin dalam sebuah bisnis tentu harus melakukan pengembangan produk agar tidak statis. Hadirkan terobosan baru hingga muncul produk yang mutakhir dan punya nilai manfaat lebih besar lagi. Kalau tidak seperti ini, mungkin Microsoft akan terlindas oleh kompetitor.

4. Memiliki jiwa kepemimpinan

Memiliki jiwa kepemimpinan sudah menjadi keharusan bagii setiap pimpinan perusahaan. Karena perusahaan akan diarahkan oleh sang pemimpin melalui kebijakan yang akan diambil.

5. Menghadapi kompetitor

Dunia teknologi sangat kompetitif. Microsoft sebagai salai satu perusahaan terbesar di dunia tentu bukan tidak memiliki kompetitor, banyak sekali kompetitor yang mempunyai strategi bisnis yang mumpuni, tapi Microsoft tetap punya amunisi untuk menghadapi itu semua, ini menjadi Microsoft selalu selangkah lebih maju dari kompetitornya.

6. Belajar dari kesalahan dan kegagalan

Kegagalan adalah hal yang pasti terjadi dalam dunia bisnis, namun yang terpenting adalah bagaimana cara bangkit dari kegagalan tersebut. Kegagalan jika tidak disikapi dengan baik maka akan menjadi pemicu kegagalan-kegagalan berikutnya, namun jika kita bisa mengambil pejaran dari kegagalan tersebut, maka kita akan lebih cepat berkembang. Ini jadi kunci sukses Bill Gates.

7. Visioner sejati

Visi merupakan suatu hal yang tidak bisa dilapaskan dari seorang pemimpin seperti Bill Gates. Dari kecil, Gates telah mempunya visi yang tidak dimiliki anak seusianya. Saat itu mungkin dianggap terlalu jauh, namun Gates membuktikan dengan usahanya sampai menjadi seperti sekarang ini.

8. Menggarap semua lahan

Bill Gates mendorong karyawannya untuk dapat mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus, hal ini menurutnya akan memperkecil peluang pesain untuk menggesernya dari posisi pertama bisnis yang dilakoninya.

9. Membangun unit kecil

Mempertehankan perusahaan sebagai unit kecil layaknya perushaan kecil meski telah menjadi perusahaan besar, akan membuat perusahaan mampu mempertahankan kesederhanaan. Hal ini juga akan menjadikan motivasi tersendiri bagi karyawan untuk selalu melakukan hal terbaik.

10. Fokus

Kecintaan pada komputer dan kemampuan untuk tetap fokus terhadap hal yang telah ditetapkan sejak awal, membuat Gates tetap fokus dengan apa yang ingin diraihnya. Tidak sedikit pun Gates mengendorkan misinya, menurutnya dengan tetap fokus, apa yang ingin kit araih bisa kita dapatkan secepatnya.

11. Beramal

Ini yang membuat saya kagum, dengan perusahaan yang berkembang pesat, Bill Gates tidak lupa untuk beramal membantu umat manusia. Mungkin kita akan lebih familiar dengan kata sedekah, sudah banyak kisah sukses yang diakibatkan oleh sedekah.

Itu adalah kunci sukses Bill Gates sebagai pemimpin Microsoft. Kita bisa belajar dari Gates bagaimana ia meraih sukses dan kita bisa terapkan dalam bidang bisnis masing-masing.

==

Sumber :

Sari, Suindah. 2013. The Story of Bill Gates, based on true story. Buku Pintar : Yogyakarta

29 total views, 0 views today

No Comments

Leave a Comment