KUDO : Online Shop Baru Berkonsep Unik

KUDO (Kios Untuk Dagang Online)

Di tulisan sebelumnya, saya berjanji akan membuat tulisan yang mengulas tentang Kudo, sebuah online shop baru yang hadir dengan konsep unik. Pertama kali saya mengetahui Kudo, itu dari beberapa rekan yang meng-upload fotonya di depan gedung bertuliskan nama itu. Saat itu saya sama sekali belum menganal, entah kenapa yang terlintas malah sebuah klinik kesehatan. Hihi

Kelas blogger yang diadakan di Bandung (18/12) kemarin, bisa terlaksana berkat dukungan dari Kudo. Setelah mendengarkan pemaparan dari Mas Hendra diacara tersebut, dari situ saya mulai tahu. Kudo adalah kependekan dari Kios Untuk Dagang Online.  Sebuah perusahaan yang terbilang masih cukup muda yang berfokus pada jual beli online.

Kudo bukanlah sebuah marketplace yang siapa saja bisa menjual produk di dalamnya. Produk-produk yang ada di Kudo merupakan produk dari supplier yang sudah terverivikasi/terpercaya di situs Bukalapak.com, karena saat ini Kudo bekerja sama dengan marketplace tersebut. Hal ini, dilakukan untuk mengurangi tingkat ketidakprofesionalan dalam transaksi jual beli online, maka dari itu Kudo hanya mengambil barang dari para supplier yang direkomendasikan oleh Bukalapak sesuai dengan track record yang mereka miliki.

Nantinya, produk-produk tersebut akan dijual oleh para agen, yang disebut Agen Kudo. Agen telah dibekali sebuah tab smartphone yang berisi aplikasi yang berfungsi untuk proses transaksi. Aplikasi ini tidak beredar bebas, hanya ada di tab sang Agen. Tab ini berisi seluruh produk yang dijual oleh Kudo, mulai dari pulsa hingga perabotan rumah tangga.

tablet kudo

Tab Smartphone Agen (foto : masdede.com)

Proses transaksi Kudo

Mari kita gambarkan bagaimana proses transaksinya, begini :

Pertama, Agen akan menawarkan produk-produk yang dibutuhkan oleh konsumen, misalkan konsumen ingin membeli sebuah termos, Agen akan menampilkan semua produk termos yang ada di tab atau si konsumen bisa langsung mencari sendiri melalui tab si Agen.

Kedua, setelah memilih barang yang diinginkan, konsumen tinggal membayar dengan uang cash kepada Agen. Konsumen bisa memilih harga yang paling murah dari barang yang sama, karena bisa jadi ada beberapa supplier termos.

Ketiga, ketika uang sudah diterima Agen, sang Agen akan mengirimkan notifikasi berupa barang yang dipesan dan alamat konsumen kepada pihak Kudo.

Keempat, Kudo akan menerima notifikasi dari Agen berupa data-data tadi. Data ini akan diteruskan kepada marchant/supplier agar barang segera dikirim ke alamat konsumen yang tertera pada data. Tunggu sekitar 3 hari, barang yang dibeli konsumen akan sampai di depan rumah. Jika barang tak kunjung sampai, bisa lapor ke customer care Kudo yang selalu standy.

kudo

Beberapa kategori barang yang dijual

Metode semacam ini dipilih karena Kudo mempunyai tujuan “Now everyone can shop online!”, sekarang semua orang bisa berbelanja online. Sangat bermanfaat bagi sebagian orang yang kurang mengerti dengan proses belanja online, karena semuanya akan dipandu oleh Agen.

Masalah yang sering muncul dalam proses belanja online ini adalah ketidakpercayaan konsumen terhadap online shop, Kudo hadir untuk mengurangi itu semua. Konsumen bisa memilih barang sesuai keinginan dan tidak perlu repot-repot transfer via rekening bank, karena pembayaran dilakukan secara cash. Menurut Mas Hendra sekitar 20% orang Indonesia belum mempunyai bank account, sehingga cukup sulit jika untuk berbelanja online.

Lalu apa untungnya jadi Agen? Sang Agen akan mendapatkan penghasilan dari barang yang berhasil mereka jual. Misalkan konsumen membeli sebuah panci seharga Rp. 100.000, setelah Agen menerima uangnya, dia diharuskan mengirim data berupa barang dan alamat sekaligus mentransfer biaya pembelian, nah uang yang harus di transfer oleh Agen ke pihak Kudo tidaklah Rp. 100.000, melainkan Rp. 90.000, sehingga Agen mempunyai keuntungan Rp. 10.000. Nilai keuntungan yang didapat Agen sangat variatif tergantung barang yang dijual. Semakin seringnya berjualan dan semakin banyaknya orang membeli tentu akan membuat Agen mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Tinggal pilih, mau belanja di Kudo atau mau jadi Agen? 😉

 

KUDOPLEX

Jl. Yado 1 No.7, Radio Dalam,
Jakarta Selatan, 12140
+62 21 2751 3980
Jam Layanan:
Senin-Jumat 09.00 – 18.00 WIB
http://www.kudo.co.id

#KelasBlogger #KudoBox

JIKA BERMANFAAT, SILAKAN SHARE TULISAN INI YA (KLIK ICON)

4 Comments

  • jasa pembuatan toko online 30/01/2016 at 09:04

    Keren dan sangat menarik artikel nya, terus berkarya teman

    Reply
  • utop 26/09/2016 at 20:55

    pakai aplikasinya gratis atau beli nih?
    kalo gratis, bolehlah dicoba

    Reply
    • Jarhie 26/09/2016 at 22:40

      Kalo aplikasinya bisa didownload di play store 🙂

      Reply
  • Jual beli online terpercaya 06/10/2017 at 09:51

    Howdy! I just wish to offer you a huge thumbs
    up for your great information you’ve got here on this post.
    I’ll be coming back to your website for more soon.

    Reply

Leave a Comment