Keseruan Hari Bumi di The Lodge Maribaya

Hari Bumi di The Lodge Maribaya

Hari Bumi yang diperingati pada tanggal 22 April adalah momentum dimana kita diingatkan kembali bagaimana pentingnya merawat dan mencintai bumi ini, tidak membuat kerusakan dan pencemaran lingkungan yang bisa berakibat buruk bagi anak cucu kita nanti.

Dalam memperingati hari bumi ini, The Lodge Maribaya melaksanakan kegiatan yang diharapkan bisa berkontribusi dalam pelestarian lingkungan, khususnya di lingkungan Taman Hutan Raya (TAHURA) Ir. H. Djuanda, nama kegiatannya adalah Green Up Clean Up.

the lodge maribaya

Peserta Green Up Clean Up sedang mengangkat sampah di area TAHURA foto : http://www.uwienbudi.com

Green Up Clean Up menitikberatkan pada dua kegiatan, yaitu pembersihan sampah TAHURA dan penanaman pohon. Usut punya usut, ternyata sampah yang berada di TAHURA ini sudah menumpuk selama 10 tahun dan belum pernah diangkat, tak terbayang bagaimana kondisinya sekarang.

Program bersih-bersih ini dilaksanakan dengan cara gotong royong, melibatkan pemerintahan desa, TAHURA dan warga sekitar. Semua biaya kegiatan ditanggung oleh The Lodge Foundation dan diharapkan bisa menjadi percontohan untuk daerah TAHURA lainnya bahkan bisa menjadi contoh untuk daerah Indonesia secara umum.

the lodge maribaya

Peserta Green Up Clean Up sedang mengangkat sampah di area TAHURA foto : http://www.uwienbudi.com

Salah satu faktor utama mengapa banyak sekali sampah di kawasan TAHURA adalah kurangnya kesadaran masyarakat tentang bahaya membuang sampah sembarangan dan tidak adanya pengangkutan sampah oleh pemerintah daerah sekitar, karena faktor biaya, SDM dan lainnya.

KONTRIBUSI THE LODGE MARIBAYA

Hadirnya The Lodge Maribaya menjadi harapan baru untuk warga Cibodas, selain dari sisi bisnis, The Lodge Maribaya juga mempunyai program pemberdayaan masyarakat. Salah satu buktinya adalah program Green Up Clean Up yang dilaksanakan untuk memperingati hari bumi.

Selain itu, warga asli Cibodas juga banyak yang direkrut menjadi karyawan di The Lodge Maribaya, sehingga tidak ada lagi imej bahwa warga desa itu hanya bertani dan berkebun, melainkan mereka juga bisa membangun karir seperti orang-orang di kota.

[adinserter block=”1″]

Hal yang lebih luar biasa lagi adalah, adanya bank sampah di beberapa RW yang ada di Cibodas. Bank Sampah ini sumbangan dari The Lodge Maribaya untuk warga sekitar. Dari sini, mulailah warga diajari bagaimana cara memilah sampah, organik non organik, kemudian bagaimana sampah ini bisa mempunyai nilai ekonomi yang baik.

Menurut penanggung jawab bank sampah ini, satu bank sampah bisa menghasilkan uang sekitar 2 juta per minggu. Kemudian uangnya akan ditabung dan bisa diambil ketika mendekati lebaran. Sangat bermanfaat.

SEKILAS TENTANG THE LODGE MARIBAYA

The Lodge Maribaya adalah destinasi wisata yang di dalamnya terdapat camping ground, team building area, aktivitas outdoor seperti trekking hutan pinus dan panahan yang dilengkapi dengan bukit pinus yang sangat cantik. Dengan ini, menjadi The Lodge Maribaya pantas untuk menjadi destinasi liburan Anda dan keluarga, atau bahkan liburan kantor.

FASILITAS THE LODGE MARIBAYA

Ada beberapa fasilitas yang Anda bisa nikmati di The Lodge Maribaya

Camping

the lodge maribaya

Foto : https://www.instagram.com/thelodgemaribaya/

Saat ini ada 25 buah tenda camping yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif penginapan setelah sekian lama jenuh dengan suasana perkotaan. Jika Anda menginap di tenda ini, Anda akan mendapatkan full aktivitas, seperti panahan, trekking ke hutan pinus dll.

Outbond Activity

Jika Anda ingin melakukan kegiatan outdoor untuk acara kantor atau komunitas, di The Lodge Maribaya menyediakan beberapa pilihan kegiatan outbond yang bisa Anda pilih, dari mulai team building, fun games, trekking ke hutan pinus, paint ball hingga offroad landrover

Spot foto

Terletak di lokasi strategis, The Lodge Maribaya dikelilingi oleh tebing pinus yang sangat indah dan rapi, sehingga banyak spot foto yang bisa Anda manfaatkan, terutama bagi Anda yang senang eksis di media social.

  • Sky Tree (foto diatas pohon)
the lodge maribaya

Foto : https://www.instagram.com/thelodgemaribaya/

Spot foto satu ini berbentuk seperti rumah pohon tanpa atap, sehingga kita bisa duduk, berdiri, atau kalau dalam Bahasa sunda itu ada yang disebut uncang-uncang kaki. Bagi Anda yang fobia ketinggian, tenang saja, karena rumah pohon ini tidak terlalu tinggi dan kita akan dipasangi pengaman sehingga tidak akan jatuh.

  • Bamboo Sky (foto diatas menara bamboo)
the lodge maribaya

Foto : https://www.instagram.com/thelodgemaribaya/

Hampir mirip dengan Sky Tree, namun bedanya kali ini adalah sebuah Menara yang terbuat dari bambu tersusun rapi dan kita berfoto diatasnya.

  • Zip Bike (foto sepeda gantung)
the lodge maribaya

Foto : https://www.instagram.com/thelodgemaribaya/

Sepeda gantung, ini cukup memacu adrenalin, karena Anda akan mengayuh sepeda diatas seutas sling baja, walaupun semua dijamin aman, tetap saja bisa membuat jantung Anda berdebar-debar, tapi saran saya, jika Anda mengunjungi The Lodge Maribaya, Anda HARUS mencobanya.

  • Mountain Swing (ayuna besar dengan latar belakang pegunungan)
the lodge maribaya

Foto : https://www.instagram.com/thelodgemaribaya/

Ini juga cukup memompa adrenalin, karena jarang ayunan dan tanah cukup jauh. Bagi Anda yang merasa pemberani, coba naik yang satu ini, semoga lutut Anda tidak gemetar.

Kesimpulan, The Lodge Maribaya adalah sebuah perusahaan yang berorientasi bisnis sekaligus memberdayakan masyarakat, ini patut menjadi contoh untuk para pengusaha lain agar bisa memberdayakan warga pribumi supaya lebih produktif. Satu kata untuk The Lodge, KEREN!

JIKA BERMANFAAT, SILAKAN SHARE TULISAN INI YA (KLIK ICON)

No Comments

Leave a Comment