Kerajinan Patung Batu dari Trowulan yang Mendunia

Bagi teman-teman yang sering berkunjung ke Bali, tentu tidak heran lagi dengan banyaknya patung dan arca yang tersebar hampir seluruh pelosok Bali, hal itu disebabkan karena masyarakat Bali yang masih memegang teguh kearifan budayanya dan melestarikan keseniannya. Tapi tahukan temen-teman bahwa sebetulnya patung-patung yang ada di Bali berasal dari Trowulan Mojokerto.

Trowulan adalah sebuah daerah yang mempunyai kurang lebih 300 pengrajin arca atau kerajinan patung batu. Arca yang dibuat di Trowulan adalah arca-arca yang berkaitan dengan Kerajaan Majapahit, sehingga bentuk dan ornamennya akan bernuansa Hindu-Budha. Hal ini juga yang menjadikan konsumen kerajinan arca ini banyak berasal dari Bali. Arca atau patung batu yang ada dibali rata-rata berasal dari Muntilan dan Trowulan.

Selain Bali, patung yang berasal dari Trowulan ternyata sudah sampai kancah luar negeri. Patung Trowulan menyebar di Eropa dan beberapa museum ternama disana. Namun, peminat patung dari dalam negeri sendiri bisa dibilang sangat kurang, hanya daerah Bali dan sekitarnya, mungkin karena mayoritas masyarakat Indonesia merupakan muslim, walaupun sebenarnya kerajinan patung ini bukan masalah agama melainkan kesenian yang turun temurun dari zaman dahulu.

Menurut penuturan Nanang –salah seorang pengrajin patung asal Trowulan, hasil karyanya selalu mendapat apresiasi dari warga asing yang menyukai kerajinan patung ini, warga asing lebih familiar dengan Trowulan dari pada warga Negara Indonesia sendiri. Bahkan dirinya pernah ditawari untuk berpindah kewarganeraan oleh Negara tertangga dengan embel-embel uang sekian milyar, untuk mengajarkan kerajinan patung kepada masyarakat Negara tersebut. Namun Nanang tidak menerima tawaran itu karena dia cinta Indonesia dan akan terus melestarikan kesenian ini di tanah air. Jangan sampai kekayaan kesenian yang kita miliki di klaim lagi oleh Negara tetangga lagi, karena biasanya ketika suatu kesenian Indonesia mendapat klaim dari Negara tetangga, disitu pemerintah dan warga Negara baru akan meributkan hal tersebut, padahal sebelum diklaim mereka hampir tidak peduli dengan kesenian yang dimaksud.

kerajinan patung batu

Lalu bagaimana peran pemerintah dalam membantu masyarakat Trowulan? Menurut Nanang, terkadang pemerintah tidak memberi apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Trowulan, analoginya jika masyarakat Trowulan sakit gigi, pemerintah memberi bantuan obat sakit perut. Pemeirntah memberi bantuan berupa alat, padahal untuk masalah alat, para pengrajin di Trowulan sudah memilikinya, yang belum mereka miliki adalah sarana untuk berpromosi atau bantuan pemerintah untuk mempromosikan kerajinan mereka ke seluruh warga Indonesia.

Contoh kecilnya adalah Dinas Pendidikan yang bisa membagikan patung-patung hasil kerajinan dari Trowulan ini ke seluruh sekolah di Indonesia, sehingga ketika mata pelajaran sejarah dan membahas tentang kerajaan Majapahit, guru bisa dengan mudah menunjukkan patung-patung yang ada pada masa itu menggunakan patung dari Trowulan. Sehingga, para siswa mendapatkan medan pengalaman yang berbeda, mereka bisa membedakan karakter, bentuk dan motif yang ada di dalam patung tersebut. Dengan itu, proses belajar mengajar akan terasa lebih efektif.

Setelah diperhatikan, ternyata masyarakat Indonesia masih kurang pengetahuan terhadap patung-patung tersebut, siapa saja karakter yang ada dalam patung, bagaimana ceritanya, apa pesan yang disampaikan dalam patung tersebut, hal ini menjadikan daya tarik kepada patung tidak begitu tinggi, saya yakin ketika masyarakat Indonesia sudah mengetahui seluk beluknya maka daya tarik pun akan timbul.

Di Trowulan, banyak sekali pengrajin patung yang karya tidak perlu diragukan lagi hasil karyanya. Selain patung patung bergaya Majapahit, kita juga bisa memesan sesuai kebutuhan kita, misalkan teman-teman butuh patung binatang untuk hiasan rumah, atau figure-figur idola. Ayo lestarikan kerajinan khas Indonesia yang satu ini. Bagi teman-teman yang ingin mempunyai patung dari Trowulan, baik yang bernuansa Majapahit ataupun ingin memesan sesuai kebutuhan. Bisa mengubungi :

Kerajinan Patung Batu Trowulan, Mojokerto
Komunitas Gulo Kelopo
Mas Nanang
HP : 085648976909
Facebook : Aremajapahit 

650 total views, 0 views today

10 Comments

Leave a Comment