Kelas Blogger di Bandung dan Bingungnya Minta Izin

Kelas Blogger  – Sekitar tiga minggu lalu (1/12) di grup facebook BloggerBDG diumumkan bahwa akan ada acara Kelas Blogger tanggal 18 Desember 2015 yang diadakan di Bandung. Sesuai tradisi yang berlaku, bagi kami yang hendak mendaftar diwajibkan menulis di kolom komentar karena jumlah seat-nya terbatas hanya untuk 40 orang. Siapa cepat dia dapat.

Tanpa pikir panjang, saya langsung menuliskan ‘daftar’ di kolom komentar, dan Alhamdulillah dapat seat di nomor absen ke-10. Begitupun dengan rekan-rekan BloggerBDG lainnya, disini akan diuji seberapa lihai jempol rekan-rekan Blogger.

Setelah nama saya berhasil masuk list peserta, saya mulai ngahuleng (melamun) memikirkan alasan apa yang pas agar dapat izin dari kantor untuk mengikuti acara Kelas Blogger. Maklum namanya juga karyawan baru, jadi masih malu-malu apalagi untuk minta izin, karena belum satu bulan saya bekerja disitu.

Keesokan harinya, sambil mengerjakan tugas-tugas kantor saya tetap mimikirkan bagaimana agar bisa mendapatkan izin untuk mengikuti Kelas Blogger. Hampir satu minggu berlalu,  tidak kunjung mendapat ide untuk izin, akhirnya saya putuskan akan tetap hadir walaupun tidak mendapat izin nantinya, yang penting sebelumnya saya sudah menjelaskan.

Beberapa hari sebelum tanggal 18 Desember, saya bertemu Kang Ali, walaupun satu kantor dengan beliau, tapi saya jarang ketemu karena memang beda divisi. Ngobrol-ngobrol dengan Kang Ali dan akhirnya beliau akan mencoba bicara dengan atasan saya, semoga dengan itu saya bisa diizinkan mengikuti acara Kelas Blogger. Alhasil, saya dapat izin, yes!

Kelas Blogger di Kudo Bandung

Kelas Blogger di Bandung kali ini diadakan di Kantor Perwakilan Kudo Bandung. Kudo adalah online shop baru yang mempunyai konsep unik dalam proses jual belinya. Bagaimana uniknya? Nanti akan saya jelaskan ditulisan berikutnya.

kelas blogger

Mas Udin sedang menyampaikan materi tentang Reportase Ala Blogger ( foto : twitter @nchiehanie1 )

Pemateri pada acara kali ini adalah Syaifuddin Sayuti (Mas Udin) dengan materi Menulis Reportase Ala Blogger, Kang Arul dengan materi Menulis Untuk Blog dan Hendra dari pihak Kudo. Mas Udin berbagi kepada kami cara menulis reportase. Ternyata pada dasarnya dalam pembuatan sebuah reportase itu sama saja, sama-sama menggunakan rumus 5 W + 1 H seperti wartawan, yang membedakan karya jurnalistik dengan tulisan blogger adalah pada sisi sudut pandang dan gaya penuturan. Bahasa blogger akan lebih lentur tidak sekaku bahasa jurnalistik.

kelas blogger

Suasana Kelas Blogger ( foto : twitter @cahyantochan )

Materi terakhir disampaikan oleh Kang Arul, beliau berbagi tentang tips-tips menulis di blog. Bagaimana seharusnya jika seorang blogger diundang dalam sebuah acara atau diminta me-review sebuah produk. Kang Arul juga berbagi pengalaman seputar dunia kepenulisan dan blogging, hal ini membuat saya merasa termotivasi untuk selalu konsisten dalam menulis dan tidak lagi jadi blogger remahan rengginang. Hahay

Tidak lupa, pihak Kudo pun memberikan penjelasan tentang Kudo kepada para peserta, sejarah berdirinya hingga proses transaksinya yang unik, ini akan saya tulis dalam artikel yang lain. Semoga akan ada Kelas Blogger berikutnya.

#KelasBlogger #KudoBox

17,098 total views, 0 views today

No Comments

Leave a Comment