Kamera Lubang Jarum : Sederhana nan Artistik

Dahulu, kegiatan memotret hanya bisa dilakukan oleh kalangan tertentu saja, kamera yang mahal menjadi salah satu faktor penyebabnya. Selain kamera yang mahal, peralatan pendukung seperti film dan sejenisnya pun mahal dan untuk mencetak sebuah foto memerlukan proses yang cukup panjang.

Hari ini, memotret sudah menjadi hal yang sudah biasa dan bisa dilakukan oleh siapapun, karena hampir seluruh merk smartphone membubuhkan kamera pada setiap produknya, mulai dari 2 MP (megapixel) hingga ada yang mencapai puluhan megapixel.

kamera lubang jarum

Hasil Kamera Lubang Jarum

Gambar yang dulunya hitam putih, kini menjadi berwarna. Kamera yang dulunya menggunakan film, kini disimpan dalam sebuah benda kecil bernama memory card. Ukuran kamera yang cukup besar bahkan menyerupai kaleng kerupuk kini telah berubah menjadi sebuah benda kecil yang handy (mudah dibawa oleh tangan). Gambar yang dihasilkan pun mempunyai resolusi tinggi dan jernis pastinya dibanding kamera zaman dulu.

Tapi pernahkan teman-temen mendengar tentang Kamera Lubang Jarum? Saya yakin sebagian pernah dengar bahkan pernah menjadi pelaku. Hehe. Atau mungkin ada yang masih asing dengan istilah ini.

Sebagai mahasiswa desain yang kuliah di Institut Seni, saya sangat senang sekali karena mempunyai pengalaman mempelajari tentang kamera lubang jarum, mulai dari membuat kameranya kemudian memotret sampai mencetak hasilnya dengan tangan sendiri, benar-benar dari awal dan dari nol. Karena ada istilah yang mengatakan bahwa ‘belum bisa disebut fotografer apabila belum merasakan mencetak sendiri foto hasil jepretannya dengan cara manual’ atau kita sering menyebutnya dengan ‘mencuci’ foto.

Kamera lubang jarum bisa dibuat dari barang-barang sederhana, seperti kaleng bekas minuman ataupun dus kemasan hingga kertas duplex yang harganya terjangkau. Bentuknya pun bisa bermacam-macam, dari kotak, silinder, tergantung kreatifitas yang kita miliki. Namun sederhananya berbentuk kotak, itu paling mudah untuk dibuat dengan waktu singkat.

Kenapa disebut ‘lubang jarum’? Karena pada setiap kamera yang kita buat, harus memiliki lubang seukuran lubang jarum didepannya. Lubang ini berfungsi untuk jalan masuknya cahaya, kalau kita bandingkan dengan kamera digital, lubang ini merupakan lensa yang berfungsi merekam gambar.

Walaupun dengan peralatan sederhana, tapi gambar yang dihasilkan oleh kamera ini sangat artistik loh, berikut ini merupakan hasil jepretan saya menggunakan kamera lubang jarum.

No Comments

Leave a Comment