JNE dan J&T Express Mana yang Lebih Bagus?

Pengalaman Menggunakan JNE dan J&T Express

Kalau ada yang bertanya mana yang lebih bagus antara JNE dan J&T Express, jangan buru-buru menyimpulkan, mari kita bahas persoalan ini melalui tulisan sederhana yang saya buat sesuai pengalaman ketika menggunakan kedua jasa pengiriman tersebut.

Semakin berkembangnya internet, bisnis di dunia juga ikut kena imbasnya, salah satunya adalah dengan bermuculannya toko online. Termasuk saya yang akhirnya pada tahun 2012 memutuskan untuk membuat sebuah online shop yang bergerak di bidang jasa kreatif, salah satu bagian terpenting dalam bisnis online adalah hadirnya jasa pengiriman, sehingga semua pesanan bisa dikirimkan hingga ke pelosok nusantara dan dunia.

Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan jasa pengiriman J&T Express, karena usianya baru beberapa tahun, beda dengan POS atau JNE dan TIKI, hampir semua orang pernah dengar dan pernah menggunakan jasa pengiriman tersebut, dari kesemua jasa pengiriman, sebut saja JNE yang menurut saya paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Waroeng Siluet, sebuah jasa pembuatan siluet yang saya buat pada tahun 2012, dan sudah mengirim ratusan mungkin sekarang mencapai angka ribuan produk yang telah dikirim ke seluruh Indonesia. Saat itu seingat saya masih JNE dan TIKI yang menjadi primadona untuk jasa pengiriman, saya pernah beberapa kali menggunakan TIKI dan akhirnya pindah menggunakan jasa JNE, lebih simpelan JNE sih kalau menurut saya.

Ribuan barang sudah saya kirim selama tahun 2012-2016 menggunakan JNE, sampai akhirnya pada tahun 2017 saya mengenal J&T Express dan mencoba kirim barang melalui dia.

Setidaknya ada beberapa hal yang saya akan sharing dan mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih jasa pengiriman.

Perbandingan JNE dan J&T Express

Sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya, perlu Anda ketahui bahwa semua tulisan yang Anda baca ini merupakan opini saya, tidak ada maksud menjatuhkan pihak manapun.

1. Waktu Operasional JNE & J&T Express

JNE dan J&T Express mempunya waktu operasional yang hampir mirip. Waktu operasional JNE tidak sama antara outlet yang satu dan yang lainnya, sebagai contoh, waktu awal Waroeng Siluet banyak pesanan, outlet JNE paling dekat saat itu adalah di samping BORMA Dago, karena saya tinggal di daerah Dago, saya hanya bisa mengirimkan paket selama hari senin – jumat, sabtu kadang-kadang karena buka sampai setengah hari, dan minggu tutup.

Singkat cerita saat itu saya harus mengirimkan paket hari minggu, padahal outlet JNE langganan saya tutup, saya coba menyusuri jalan Dago siapa tau ada outlet lain yang buka, sampailah saya di Jalan Dipatiukur, dan ternyata memang ada yang buka hari minggu, saya pikir semuanya tutup hari minggu.

Saat ini saya sudah pindah rumah, dan JNE yang paling dekat adalah JNE Palasari, itupun cuma sampai hari sabtu, minggu dia tutup. Kesimpulan poin ini adalah JNE mempunyai waktu operasional yang berbeda, entah apa sebabnya, mungkin karena outlet JNE ini bersifat franchise jadi waktu operasionalnya gimana yang punya.

Lain lagi dengan J&T Express, J&T buka setiap hari bahkan hari libur nasional dan hari-hari besar keagamaan seperti lebaran pun ia tetep buka, dan ini merata di semua drop point J&T.

2. Layanan atau Service

Perlu diakui bahwa dalam sisi layanan yang tersedia, JNE punya lebih banyak jenis service dibanding J&T Express. Sebut saja seperti OKE (Ongkos Kirim Ekonomis), REG (Reguler) dan YES (Yakin Esok Sampai), selain itu ada service lainnya seperti JESIKA (Jemput ASI Seketika) atau PELIKAN (Pengiriman Lintas Kawasan) dan masih banyak lagi.

Kalau J&T Express, setahu saya hanya pengiriman reguler saja, tapi ada gratis ongkos kirim bagi beberapa marketplace, jadi kalau Anda pesan barang di marketplace tertentu akan bebas ongkos kirim jika memilih J&T sebagai jasa pengirimannya.

3. Kecepatan

Entah kenapa, semua barang yang saya kirim lebih cepat sampai menggunakan J&T Express daripada JNE. Saya berikan contoh, waktu itu saya kirim barang jam 6 sore di J&T Express dengan tujuan Bekasi, dan sampai esok harinya sebelum jam 12 siang. Beda waktu saya kirim pakai JNE di jam yang sama dan tujuan yang sama, akan sampai dua hari setelah itu, karena pengiriman jam segitu akan dihitung sebagai pengiriman hari berikutnya.

4. Website

Baik JNE dan J&T Express keduanya sudah mempunyai website yang bisa dimanfaatkan untuk cek tarif, cek status pengiriman, dan info lainnya. Perbedaannya adalah ada beberapa daerah yang belum ter-input dalam sistem web J&T Express. Jadi waktu itu ada pesanan dari kecamatan Dompu Kab. Dompu, untuk estimasi biaya kirim, saya cek di website dan aplikasi J&T Ekspress, dan hasilnya seperti dibawah ini

jne dan j&T ekspress mana yang lebih bagus

Screenshoot dari website jet.co.id

 

Hasilnya ‘not found’, padahal saat itu customer saya menunggu karena akan melakukan transfer untuk melunasi pembayaran. Akhirnya saya cek di website JNE, begini hasilnya

jne dan j&T ekspress mana yang lebih bagus

Screenshoot dari website jne.co.id

Kejadian ini terulang sampai dua kali, daerah satu lagi saya lupa namanya. Setelah saya datang ke drop point J&T, petugasnya agak kebingungan mencari nama kecamatan itu walaupun akhirnya ada, tapi untuk pebisnis online ini kurang nyaman, seharusna semua data tersedia di website dan aplikasi, sehingga bisa dengan mudah memberikan jumlah biaya yang harus dibayar kepada customer.

5. Aplikasi Smartphone

Tahun lalu saya diundang oleh JNE saat peluncuran aplikasi myJNE bersama Blogger Bandung, aplikasi tersebut mempunyai kemampuan seperti website officialnya, bisa cek tarif dan melacak pengiriman dll, akan tetapi aplikasi tersebut hanya terdapat di Play Store alias cuma untuk pengguna Android, padahal smartphone yang saya gunakan ber-OS iOS. Sampai artikel ini ditulis, aplikasi official myJNE masih tersedia di Play Stote dan belum ada di App Store.

Berbeda dengan J&T Express, aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android ataupun iOS. Tapi, saat saya coba install di hape Lenovo A1000 dengan OS Android Lollipop 5.0, aplikasi J&T Express tidak compatible, mungkin butuh versi yang lebih tinggi lagi OS-nya. Jadi saya hanya bisa install di hape iOS saja.

jne & j&t ekspress aplikasi

Screenshoot dari Lenovo A1000 dengan OS Android Lollipop 5.0

JNE di hape Android, J&T Express di hape iOS.

6. Ongos Kirim

Dalam biaya kirim, saya bisa katakan lebih mahal J&T dibanding JNE. Kita ambil contoh, untuk tarif pengiriman dari Bandung ke Pancoran, Jakarta Selatan, J&T Express mematok tarif Rp. 11.000,- sedangkan JNE hanya Rp. 10.000,- (service reguler).

7. Pick up (Jemput Paket)

Waktu awal saya menggunakan jasa J&T, ada namanya Kang Adul, dia adalah seorang kurir atau J&T menyebutnya sprinter, terjadilah percakapan seperti berikut :

Adul : “Kang ini ngirimnya rutin?”
Saya : “Alhamdulillah, seminggu bisa sampe 2-3 kali kirim kang”
Adul : “Wah kalo gitu di-pick up aja atuh kang”
Saya : “Caranya gimana?”
Adul : “Tinggal kontak saya aja, nanti biar saya yang jemput”
Saya : “Minimal berapa pcs kalo mau dijemput?”
Adul : “Satu juga bisa kang”
Saya : “Boleh tuh, berapa bayarnya kang?”
Adul : “GRATIS kang”

Akhirnya kami bertukar nomor WA, dan kiriman berikutnya Kang Adul yang datang ke rumah untuk pick up, walaupun hanya satu pcs.

Kalau tidak salah JNE juga punya layanan yang sama, bisa pick up, tapi saya belum tau cara dan persyaratannya seperti apa dan biayanya berapa, belum ada juga petugas JNE yang menawari saya seperti Kang Adul.

Kesimpulan

Saya tidak akan memberikan kesimpulan, tapi biar Anda yang menyimpulkan sendiri setelah saya tuliskan pengalaman saya menggunakan JNE dan J&T Express. Sekali lagi, semua hal yang saya tulis merupakan opini saya berdasarkan pengalaman, mungkin berbeda dengan Anda. Yang punya pengalaman seputar penggunaan jasa pengiriman, silahkan share di kolom komentar ya.

86,047 total views, 0 views today

60 Comments

  • tio 22/01/2018 at 21:16

    mas itu aplikasi JET bukan J&T, beda mas…

    Reply
    • Jarhie 23/01/2018 at 14:32

      J&T situs resminya memang jet.co.id 🙂

      Reply
      • Lika 27/01/2018 at 09:12

        Seyummu kecut membawa luka, mang

        Reply
  • bud 25/01/2018 at 14:29

    Liat logo di narangnya itu kang… Menurit saya saya itu JET bukan J&T

    Reply
  • bud 25/01/2018 at 14:29

    Liat logo di barangnya itu kang… Menurut saya saya itu JET bukan J&T.

    Reply
  • Aryo Gurning 31/01/2018 at 11:26

    Beda pengalaman Kang.
    Saya malah lebih cepet JNE. Barang saya kirim Jumat barengan, JNE samepe Sabtu, J&T sampe Senin. Mungkin hanya seputaran Jabodetabek.. hehe.
    Harga memang lebih mahal J&T, tapi mereka memang komit dengan pick up service walau hanya 1 paket ke customer individu.
    oh ya Kang, setahu saya J&T dan JNE memberikan diskon.
    JNE: nilai pengiriman per bulan 5 juta, discount 5%
    J&T: nilai pengiriman per bulan 7 juta, discount 5%

    koreksi Kang: memang bener, website J&T adalah http://www.jet.co.id, sementara JET Express adalah http://www.jetexpress.co.id.
    Tapi screenshoot yang akang perlihatkan itu mobile apps Jet Express hehe..

    Hatur nuhun kang. Sukses.

    Reply
  • Edi Psw 03/02/2018 at 19:13

    Sangat membantu, saya mau ngirim paketan ke ponorogo nih

    Reply
  • Kahasiana 11/02/2018 at 05:51

    Pengalaman selama ini mah lebih cepet J&T yah kang, si mamah kan suka kirim paket ke aku dari sumatera ke jawa bisa nyampe 2 hari tp ongkirnya 150rb sementara J&T nyampe 2 hari ongkirnya cuma 100rb. Save banget kan?. Nah terus kl J&T biasanya tracking lebih update dari JNE. Enakan pake J&T sih drpd JNE.

    Reply
    • Jarhie 13/02/2018 at 11:25

      Iya banyak yang bilang lebih cepet J&T 🙂

      Reply
      • rachman herjadhi 17/04/2018 at 23:05

        enggak juga…saya kirim barang pake jntsering hilangnya……
        lebih save di pos atau jne…………….
        itu pengalaman saya. saya kirim barang hampir 200pcs/ bulan.

        Reply
    • Arif 11/03/2018 at 15:12

      Belanja di Shopee kurang teliti, lagian gak ngeh ada pilihan buat jasa kurirnya. biasa pake JNE, nah sekarang gak taunya pake J&T express, udah kebayar lagi. dag dig dug deh sekarang, kbakaran jenggot nyari alamat J&T terdekat.

      Reply
  • Dita 15/02/2018 at 17:59

    J&T toppp banget cepet dan selalu sampe ke alamat rumah saya kalo pake jne mas mas kurir nya selalu telp atau sms lagi rumah nya yg mana atau kalo engga paket saya suka di titip di bapa RT

    Reply
  • Eka 18/02/2018 at 09:40

    Saya kirim paket dr Depok tanggal 13 Februari 2018 sampai hari ini 18 Februari 2018 pk. 09.30 wib belum sampai ke penerima di Malang. Ini pengalaman pertama yang bikin kapok menggunakan JnT.

    Reply
    • Mita 03/06/2018 at 06:22

      Kapok pake jnt. Barang saya lama banget sampe kerumah

      Reply
      • Jarhie 22/06/2018 at 18:40

        Iya kak, setiap daerah punya pengalaman berbeda ^_^

        Reply
  • cuplis 23/02/2018 at 01:37

    ada harga ada kualitas

    Reply
  • Rizky Ardian 23/02/2018 at 08:09

    Sebenernya kalo lebih cepet atau engga itu ya perbandingan barang aja gan.
    JNE sehari mungkin bisa ngirim 100.000 paket
    J&T sehari ngirim 20.000 paket
    J&T kan istilahnya ekspedisi baru, sedangkan JNE udah 20tahunan lebih, yang membuat proses pengiriman lama biasanya saat sortir barang..

    Reply
  • dyan 09/03/2018 at 10:07

    Itu Aplikasi nya bukan punya J&T Express, tapi Jet Express, beda loh..

    Situs J&T Express http://jet.co.id/
    Situs Jet Express http://www.jetexpress.co.id/

    Reply
  • Lia fd 15/03/2018 at 17:16

    Kang tinggal dmn? Saya juga dari daerah palasai hehe

    Reply
  • Firman 20/03/2018 at 11:34

    Menurut saya JNE kadang lebih lambat, karena dia sudah overload. Mungkin J&T bisa jadi pilihan alternatif hehe..
    Info buat yang perlu Apps untuk cek resi/tracking paket JNE & J&T bs download disini (gratis) https://play.google.com/store/apps/developer?id=PD+Tech

    Reply
  • Si penerima pesanan 21/03/2018 at 22:10

    Saya rasa jne ya…lbh cpt…krna pengalaman saya lwt kurier jne lbh cpt…krm mau dr mana pokok nya pulau jawa ke sumatra ttp 3 hari lain jnt yg sampai ke tujuan memakan waktu 4 sampai 5 hari…uda pengalaman bos…jne lbh cpt…3 hari jrg meleset khusus layanan reg…dan skrg krman saya blm jg sampai lwt jnt ini uda hr ke 3,mungkin bsk atau lusa…so yg lwt kne uda sampai td yg di krm hr senin smlm

    Reply
  • Astri 05/04/2018 at 19:32

    Kalo menurut saya sih memang ada plus-minus nya untuk setiap ekspedisi jasa pengiriman baik jne maupun jnt. Mungkin salah satu kendala “barang yang lebih cepat sampai” ,ada di wilayah itu sendiri. Kalau wilayahnya memang terbilang ‘perkotaan’ mgkn akan lebih cepat dan yang terbilang ‘pinggiran kota’ mgkn juga agak terlambat untuk pengiriman paket. Terus juga dari mulai konter cabang2 nya pun bisa dilihat dari wilayah kita sendiri. Kalau banyak cabang biasanya wilayah kita termasuk cepat. Saya sih lebih suka jnt, lebih efisien karena hari minggu pun paket saya suka sudah sampai kalau jne kan operasionalnya libur dihari libur. Pernah kejadian 2x paket saya ga sampe2 sampe 2 bulan lewat jne, sudah beberapa kali nelp cs nya selalu mengatakan hal yang sama tanpa tindakan, akhirnya paket saya tertumpuk di konter yg saya juga gatau itu dimana. Klo jnt waktu itu sempat bingung membaca status trackingnya,saya telp cs nya pagi2 buta, ternyata memang msh transit paket2nya. Dan service plus dr jnt sendiri menyediakan hotline 24 jam, dimana klo kita telp tanpa biaya pulsa, saya juga mencoba dgn plsa Rp. 0 ,ternyata tersambung dan itu opini saya, jne pun msih ttp oke kok..

    Reply
  • sri 06/04/2018 at 09:43

    Saya pesan barang, barang saya di kirim tgl 4 saya pakai jasa J&T
    Sampai sekarang barang nya gk sampek.

    Sedang kan jasa JNE
    Saya kiri soreh
    Besok siangnya dah nyampek.

    Pengalaman pertama menggunakan J&T sangat menecewakan

    Reply
  • rachman herjadhi 17/04/2018 at 23:02

    JNT ABAL2….BANYAK YANG HILANG BARANG.
    LEBIH SAVE. POST NEXTDAY ATAU JNE

    Reply
  • Rika 21/04/2018 at 10:35

    Dua2 nya amanah ya, tapi J&t lebih baik&cepat dalam pengirimannya .. alhamdulillah selalu sampe depan pintu rumah kalo kurir jne suka nelpon lagi ga ketemu alamatnya

    Reply
  • Hendri Adi 22/04/2018 at 20:43

    JNR dan J&T mana yg lebih bagus? Klo mau tau lihat saja keluhan disetiap komentar diaplikasi anroid ataupun ios antara JNE atau J&T, mana paketan paling blangsatan dan bikin orang kezel.

    Reply
  • SI INDIVIDUAL 03/05/2018 at 18:38

    Saya order dari lazada dan ternyata sellernya pake jasa JNE . tgl 30 april 2018 barang masuk di JNE,tp mengendap di kiaracondong hingga hari ini (3 mei 2018) .
    JNE cepet darimananya ya ?
    Udah pake reg ttep aja gak 3 hari .
    Hadeuh .

    Reply
  • Fadli 20/05/2018 at 06:21

    lbih cepet mananya sbnrnya menysuaikan dgn tmpt gudang2 kurirnya it sndiri dgn tmpt tujuan. Jd smua sm saja.
    sperti sya mnggunakan jasa j&t 3x pasti smpenya mis pesan snin siang smpenya pst hr rabu(2 hr kmudian).
    Saya berabad2 pk jasa jne klo utk wilayah jadetabek smpenya msal pesan snin siang hri slasa slalu smp (ga pernah mlewati 1 hri klo jne d krnakan gudang pusatnya memang dket sm rmh sya). Bda dgn j&t gudng pusatnya di daerah bogor it ckup jauh dr tmpt saya.

    Ohh iya ad pnambahan 1 lg. Knpa sya bs simpulkan j&t lbih lama karena pihak j&t mengirim melalui bebrpa rute. Misal saya psan brang d didaerah bekasi mlalui jasa j&t pas saya tracking trnyata rute yg dipakai it dr bekasi dkirim dl ke jakarta utk transit. Stlah transit tdak lgsg d kirim ke bogor td lama jg d kirimnya krna byak prosedur pemwriksaan di jkrtanya. Bda dgn jne klo jne pas d tracking it dr bekasi lgsg ke bogor kota tjuan tanpa ad transit2 ke jkrta segala..

    Ini mnurut pngalaman dan pnelitian saya lhooo.

    Reply
    • Jarhie 22/06/2018 at 18:42

      Iya mas setiap orang punya pengalaman berbeda-beda ^_^

      Reply
  • Adya razan 21/05/2018 at 12:09

    Jne lebih baik menurut saya

    Reply
    • Jarhie 22/06/2018 at 18:42

      Iya banyak yang berpendapat sepert itu mas ^_^

      Reply
  • Wawan 28/05/2018 at 01:50

    Apakah J&T Mengirim walaupunnke desa pedalaman?

    Reply
    • Jarhie 22/06/2018 at 18:41

      Saya sih belum pernah coba kak. tapi kayaknya bisa menjangkau semua ^_^

      Reply
  • Jessy 12/06/2018 at 11:58

    JnT parah, barang di gudang tujuan, sdh 3 hari tidak ada pergerakan sama sekali, alasannya overload, mau diambil sendiri nda boleh, sumpaahh kapok

    Reply
    • Jarhie 22/06/2018 at 18:38

      Ooh. sayang sekali ya mba

      Reply
  • Aa 18/06/2018 at 11:29

    J&t,walau libur lebaran,barang tetap diantar.
    Order online tgl 13. Tgl 16 dah sampe rumah.
    Orde online dikirim pake JNE tgl 11, sampai detik ini belum sampai, di JNE nya status nya “hari libur “. Tgl 13 status di JNE nya “with delivery courier”.

    Reply
    • Jarhie 22/06/2018 at 18:37

      Iya kelebihan J&T itu gak ada liburnya ^_^

      Reply
  • Agus 20/06/2018 at 20:50

    Sama Bro saya pakai jne tgl 17 juni masuk ke jne pedati sampai 4 hari belum sampai juga

    Reply
    • Jarhie 22/06/2018 at 18:37

      Iya mas berarti sama pengalamannya ^_^

      Reply
  • IMAM 22/06/2018 at 19:52

    j & t PARAH KANG… BARANG SAYA RUSAK SEMUA..
    PENGIRIMANNYA JUGA LAMBAT

    Reply
    • Jarhie 23/06/2018 at 07:29

      Oh gitu, semoga gak terjadi lagi ya

      Reply
  • Rohman nexttime 30/06/2018 at 18:33

    Kebetulan saya spinter j&t sehari minimal pengiriman itu harus 30 paket,,kadang sehari bisa kirim 50-100 paket tergantung banyaknya barang..
    Cuma kami waktu sipmen(kirim paket) itu di bagi 2 waktu..pagi sama sore..biasanya sipmen pagi itu lebih banyak bisa dapet 30-50 paket..
    klo soal cepet apa engganya tergantung daerah juga memang bnyak costumer yg bilang j&t lebih cepat..
    Yg saya tau sih kebanyakan kurir jne yg pernah saya temui ingin pindah ke j&t.

    Reply
    • Jarhie 03/07/2018 at 10:26

      Wah mantep nih langsung dari orangnya ^_^ makasih mas

      Reply
  • amirul 13/07/2018 at 10:59

    pengalaman saya pakai j&t itu pernah 2 kali dan itu parah bngt, saya bilang parah karena barang saya 15 hari baru sampai, yg kedua 5 hari baru sampai dan itu pun harus di ambil sendiri tanpa di antar, mungkin klo di antar bisa sampai 15 hari juga, di sini saya ga mengada ada memang begitu lah realitanya demi allah cukup saya aja yg kecewa

    Reply
  • Alfian 19/07/2018 at 12:03

    19 July 2018 at 09:30

    Selama ini sy pakai JNE, pengirimannya sangat cepat 2 hari dari JKT sdh smpai ke Mamuju SULBAR & baru kali ini utk pertama kali sy pakai JNT sampai sy tulis komentar ini barang sy belum sampai padahal sdh 4 hari dari JKT ke Mamuju SULBAR.
    Jadi judul di atas sangat berlawanan dari kenyataannya. Jujur sj sy mencoba pakai JNT karena pernyataan di atas tapi sy dapat hanya kecewa.
    Tolong tingkatkan lagi pelayanannya karena klw seperti ini sy akan ragu pakai jasa JNT lagi.
    No. Resi sy JS1128948427 siapa tahu bisa dibantu agar tdk lebih lama. Terima kasih.

    Reply
  • Alfian 19/07/2018 at 12:08

    Selama ini sy pakai JNE, pengirimannya sangat cepat 2 hari dari JKT sdh smpai ke Mamuju SULBAR & baru kali ini utk pertama kali sy pakai J&T sampai sy tulis komentar ini barang sy belum sampai padahal sdh 4 hari dari JKT ke Mamuju SULBAR.
    Jadi pernyataan di atas sangat berlawanan dari kenyataannya.
    Tolong tingkatkan lagi pelayanannya karena klw seperti ini sy akan ragu pakai jasa J&T lagi.

    Reply
  • dion 24/07/2018 at 10:36

    As a buyer saya lebih suka pakai JNE untuk dalam kota karena pakai reg sekalipun pesan hari ini, besok pasti sudah sampai.

    Reply
    • Jarhie 05/08/2018 at 09:15

      Oh iya setuju, kalau dalam kota memang lebih cepat

      Reply
  • Muclizh Wong Jowo 28/07/2018 at 17:55

    Sudah 2x pakai J&T sangat mengecewakan… Dalam tulisannya 2-3 Hari sampai… Pengalaman pertama 5 Hari baru sampai… Yang sekarang ini sampai hari ke 3 belum juga sampai… d J&T banyak peraturan untuk pengiriman… pernah di tolak 1x(karena mengirimkan Dokumen Penting)…

    Padahal pakai JNE REG 2-3 hari beneran sampai (malah kadang 1 hari sudah sampai)…

    Reply
    • Jarhie 05/08/2018 at 09:14

      Makasih sharingnya Mas Muclizh 🙂

      Reply
  • Zulia 04/08/2018 at 00:28

    Sya mau tanya klo dri jakarta ke probolinggo butuh berapa hari ya klo pkek jnt?

    Reply
  • Fauzan 06/08/2018 at 10:27

    ke rumah saya mah malah lama J&T a, padahal Bandung tengah. sok disimpen di gudang lebih ti 1 hari

    Reply
    • Jarhie 09/08/2018 at 16:02

      Iya berarti lebih oke kalau pake JNE ya?

      Reply
  • Zaid 08/08/2018 at 00:46

    Saya pernah mengalami pesanan saya blm sampai juga selama 7hari menggunakan jasa jne padahal masih satu provinsi. Gila engga tuh jne ampun dah ampun

    Reply
    • Jarhie 09/08/2018 at 16:00

      Waduh lama juga ya? Mungkin alamatnya susah dijangkau Mas ^_^

      Reply
  • Ahmad 09/08/2018 at 04:40

    Pakai j & t MENGECEWAKAN mending make JNE aja atau pos sekalian.

    Reply
    • Jarhie 09/08/2018 at 15:59

      Iya, setiap orang punya pengalaman yang beda-beda ^_^

      Reply

Leave a Comment