JNE dan J&T Express Mana yang Lebih Bagus?

Pengalaman Menggunakan JNE dan J&T Express

Kalau ada yang bertanya mana yang lebih bagus antara JNE dan J&T Express, jangan buru-buru menyimpulkan, mari kita bahas persoalan ini melalui tulisan sederhana yang saya buat sesuai pengalaman ketika menggunakan kedua jasa pengiriman tersebut.

Semakin berkembangnya internet, bisnis di dunia juga ikut kena imbasnya, salah satunya adalah dengan bermuculannya toko online. Termasuk saya yang akhirnya pada tahun 2012 memutuskan untuk membuat sebuah online shop yang bergerak di bidang jasa kreatif, salah satu bagian terpenting dalam bisnis online adalah hadirnya jasa pengiriman, sehingga semua pesanan bisa dikirimkan hingga ke pelosok nusantara dan dunia.

Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan jasa pengiriman J&T Express, karena usianya baru beberapa tahun, beda dengan POS atau JNE dan TIKI, hampir semua orang pernah dengar dan pernah menggunakan jasa pengiriman tersebut, dari kesemua jasa pengiriman, sebut saja JNE yang menurut saya paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Waroeng Siluet, sebuah jasa pembuatan siluet yang saya buat pada tahun 2012, dan sudah mengirim ratusan mungkin sekarang mencapai angka ribuan produk yang telah dikirim ke seluruh Indonesia. Saat itu seingat saya masih JNE dan TIKI yang menjadi primadona untuk jasa pengiriman, saya pernah beberapa kali menggunakan TIKI dan akhirnya pindah menggunakan jasa JNE, lebih simpelan JNE sih kalau menurut saya.

Ribuan barang sudah saya kirim selama tahun 2012-2016 menggunakan JNE, sampai akhirnya pada tahun 2017 saya mengenal J&T Express dan mencoba kirim barang melalui dia.

Setidaknya ada beberapa hal yang saya akan sharing dan mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih jasa pengiriman.

Perbandingan JNE dan J&T Express

Sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya, perlu Anda ketahui bahwa semua tulisan yang Anda baca ini merupakan opini saya, tidak ada maksud menjatuhkan pihak manapun.

1. Waktu Operasional JNE & J&T Express

JNE dan J&T Express mempunya waktu operasional yang hampir mirip. Waktu operasional JNE tidak sama antara outlet yang satu dan yang lainnya, sebagai contoh, waktu awal Waroeng Siluet banyak pesanan, outlet JNE paling dekat saat itu adalah di samping BORMA Dago, karena saya tinggal di daerah Dago, saya hanya bisa mengirimkan paket selama hari senin – jumat, sabtu kadang-kadang karena buka sampai setengah hari, dan minggu tutup.

Singkat cerita saat itu saya harus mengirimkan paket hari minggu, padahal outlet JNE langganan saya tutup, saya coba menyusuri jalan Dago siapa tau ada outlet lain yang buka, sampailah saya di Jalan Dipatiukur, dan ternyata memang ada yang buka hari minggu, saya pikir semuanya tutup hari minggu.

Saat ini saya sudah pindah rumah, dan JNE yang paling dekat adalah JNE Palasari, itupun cuma sampai hari sabtu, minggu dia tutup. Kesimpulan poin ini adalah JNE mempunyai waktu operasional yang berbeda, entah apa sebabnya, mungkin karena outlet JNE ini bersifat franchise jadi waktu operasionalnya gimana yang punya.

Lain lagi dengan J&T Express, J&T buka setiap hari bahkan hari libur nasional dan hari-hari besar keagamaan seperti lebaran pun ia tetep buka, dan ini merata di semua drop point J&T.

2. Layanan atau Service

Perlu diakui bahwa dalam sisi layanan yang tersedia, JNE punya lebih banyak jenis service dibanding J&T Express. Sebut saja seperti OKE (Ongkos Kirim Ekonomis), REG (Reguler) dan YES (Yakin Esok Sampai), selain itu ada service lainnya seperti JESIKA (Jemput ASI Seketika) atau PELIKAN (Pengiriman Lintas Kawasan) dan masih banyak lagi.

Kalau J&T Express, setahu saya hanya pengiriman reguler saja, tapi ada gratis ongkos kirim bagi beberapa marketplace, jadi kalau Anda pesan barang di marketplace tertentu akan bebas ongkos kirim jika memilih J&T sebagai jasa pengirimannya.

3. Kecepatan

Entah kenapa, semua barang yang saya kirim lebih cepat sampai menggunakan J&T Express daripada JNE. Saya berikan contoh, waktu itu saya kirim barang jam 6 sore di J&T Express dengan tujuan Bekasi, dan sampai esok harinya sebelum jam 12 siang. Beda waktu saya kirim pakai JNE di jam yang sama dan tujuan yang sama, akan sampai dua hari setelah itu, karena pengiriman jam segitu akan dihitung sebagai pengiriman hari berikutnya.

4. Website

Baik JNE dan J&T Express keduanya sudah mempunyai website yang bisa dimanfaatkan untuk cek tarif, cek status pengiriman, dan info lainnya. Perbedaannya adalah ada beberapa daerah yang belum ter-input dalam sistem web J&T Express. Jadi waktu itu ada pesanan dari kecamatan Dompu Kab. Dompu, untuk estimasi biaya kirim, saya cek di website dan aplikasi J&T Ekspress, dan hasilnya seperti dibawah ini

jne dan j&T ekspress mana yang lebih bagus

Screenshoot dari website jet.co.id

 

Hasilnya ‘not found’, padahal saat itu customer saya menunggu karena akan melakukan transfer untuk melunasi pembayaran. Akhirnya saya cek di website JNE, begini hasilnya

jne dan j&T ekspress mana yang lebih bagus

Screenshoot dari website jne.co.id

Kejadian ini terulang sampai dua kali, daerah satu lagi saya lupa namanya. Setelah saya datang ke drop point J&T, petugasnya agak kebingungan mencari nama kecamatan itu walaupun akhirnya ada, tapi untuk pebisnis online ini kurang nyaman, seharusna semua data tersedia di website dan aplikasi, sehingga bisa dengan mudah memberikan jumlah biaya yang harus dibayar kepada customer.

5. Aplikasi Smartphone

Tahun lalu saya diundang oleh JNE saat peluncuran aplikasi myJNE bersama Blogger Bandung, aplikasi tersebut mempunyai kemampuan seperti website officialnya, bisa cek tarif dan melacak pengiriman dll, akan tetapi aplikasi tersebut hanya terdapat di Play Store alias cuma untuk pengguna Android, padahal smartphone yang saya gunakan ber-OS iOS. Sampai artikel ini ditulis, aplikasi official myJNE masih tersedia di Play Stote dan belum ada di App Store.

Berbeda dengan J&T Express, aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android ataupun iOS. Tapi, saat saya coba install di hape Lenovo A1000 dengan OS Android Lollipop 5.0, aplikasi J&T Express tidak compatible, mungkin butuh versi yang lebih tinggi lagi OS-nya. Jadi saya hanya bisa install di hape iOS saja.

jne & j&t ekspress aplikasi

Screenshoot dari Lenovo A1000 dengan OS Android Lollipop 5.0

JNE di hape Android, J&T Express di hape iOS.

6. Ongos Kirim

Dalam biaya kirim, saya bisa katakan lebih mahal J&T dibanding JNE. Kita ambil contoh, untuk tarif pengiriman dari Bandung ke Pancoran, Jakarta Selatan, J&T Express mematok tarif Rp. 11.000,- sedangkan JNE hanya Rp. 10.000,- (service reguler).

7. Pick up (Jemput Paket)

Waktu awal saya menggunakan jasa J&T, ada namanya Kang Adul, dia adalah seorang kurir atau J&T menyebutnya sprinter, terjadilah percakapan seperti berikut :

Adul : “Kang ini ngirimnya rutin?”
Saya : “Alhamdulillah, seminggu bisa sampe 2-3 kali kirim kang”
Adul : “Wah kalo gitu di-pick up aja atuh kang”
Saya : “Caranya gimana?”
Adul : “Tinggal kontak saya aja, nanti biar saya yang jemput”
Saya : “Minimal berapa pcs kalo mau dijemput?”
Adul : “Satu juga bisa kang”
Saya : “Boleh tuh, berapa bayarnya kang?”
Adul : “GRATIS kang”

Akhirnya kami bertukar nomor WA, dan kiriman berikutnya Kang Adul yang datang ke rumah untuk pick up, walaupun hanya satu pcs.

Kalau tidak salah JNE juga punya layanan yang sama, bisa pick up, tapi saya belum tau cara dan persyaratannya seperti apa dan biayanya berapa, belum ada juga petugas JNE yang menawari saya seperti Kang Adul.

Kesimpulan

Saya tidak akan memberikan kesimpulan, tapi biar Anda yang menyimpulkan sendiri setelah saya tuliskan pengalaman saya menggunakan JNE dan J&T Express. Sekali lagi, semua hal yang saya tulis merupakan opini saya berdasarkan pengalaman, mungkin berbeda dengan Anda. Yang punya pengalaman seputar penggunaan jasa pengiriman, silahkan share di kolom komentar ya.

JIKA BERMANFAAT, SILAKAN SHARE TULISAN INI YA (KLIK ICON)

2 Comments

  • Mr Amri 07/08/2017 at 02:57

    Kesimpulannya J&T lebih unggul kah? btw JNT itu baru kan? saya kira jiplakanya JNE karena tarif nyaris sama semuanya..

    Reply
    • Jarhie 07/08/2017 at 03:30

      Tergantung, kalau dari tarif lebih unggul JNE, kalau dari service lebih unggul J&T karena ada service pickup gratis hehehe

      Reply

Leave a Comment