HARBOLNAS dan Segala Keriuhannya

HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional)

Harbolnas – Dua hari terakhir ini, banyak situs belanja online yang sibuk promosi diskon besar-besaran, malah ada yang mencapai 90%, semua itu dilakukan dalam rangka memperingati HARBOLNAS tanggal 12 Desember, Hari Belanja Online Nasional. Harbolnas pertama kali dihelat pada tahun 2012 dengan tujuh situs belanja online, Lazada, Zalora, BerryBenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka dan Luxola sebagai pertisipan awal. Pada tahun berikutnya, Harbolnas diikuti oleh 22 situs belanja online, tahun 2014 jumlahnya semakin membesar menjadi 78 situs. Tahun 2015 ini, tidak kurang dari 130 situs belanja online ikut berpartisipasi.

harbolnas

Tak heran karena belanja online kini sudah seperti hal biasa, faktor kemudahan menjadi salah satu pertimbangan para konsumennya. Kita tidak perlu lagi panas-panasan keluar rumah untuk membeli sesuatu, hari ini tinggal buka situs belanja online, pilih barang, bayar kemudian keesokan harinya barang akan sampai didepan rumah. Semudah itu.

Keriuhan Harbolnas sampai di kantor tempat saya bekerja. Beberapa orang karyawan perempuan terlihat sibuk di depan komputer, disamping menyelesaikan tugas kantor, mereka juga memilih barang yang diinginkan di situs belanja online, seperti sepatu, baju dan kebutuhan sejenis. Berbeda dengan rekan saya yang lain, karyawan laki-laki lebih memilih berbelanja barang-barang seperti televisi, smartphone, bahkan ada yang cari rumah, katanya ‘siapa tau ada yang diskon juga’.

Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) mempunyai tujuan mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan belanja online dengan nyaman. Saya pernah sekali kali berbelanja online di salah satu situs ternama, waktu itu saya membeli sepatu. Sebetulnya saya ingin mencoba bagaimana rasanya berbelanja online, karena pada saat itu saya mendapatkan voucher belanja dari provider seluler, saya memanfaatkan voucher tersebut sehingga barang yang saya beli mendapatkan potongan harga. Kurang lebih dalam kurun waktu satu minggu barang yang saya pesan baru sampai. Agak kecewa karena barangnya sedikit berbeda dari gambar di website. Tapi tak apa, wong saya juga belinya murah karena pakai voucher.

Puncak perayaan Harbolnas akan terjadi pada tanggal 12 Desember, di tanggal ini banyak sekali situs belanja yang memberikan diskon yang kadang tidak masuk akal. Bagi yang suka berbelanja tentu akan memanfaatkan perayaan ini, bagi yang belum pernah belanja online, mungkin akan mulai mencoba berbelanja, mumpung diskon.

Saran saya, tetap bijak dalam memilih diskon, perhatikan kualitas barang dan track record situs belanja yang hendak kita sambangi. Jangan lupa tanya teman terdekat tentang pengalaman belanja online, kita bisa mengambil pelajaran dari mereka, sehingga jika kita hendak melakukan proses belanja online, tidak akan tertipu oleh diskon-diskon yang menggiurkan padahal kualitas barang jauh dibawah standar.

Selamat berbelanja.

 

 

 

JIKA BERMANFAAT, SILAKAN SHARE TULISAN INI YA (KLIK ICON)

2 Comments

  • Joko Ariyanto 12/12/2015 at 03:35

    Buat blog begini dimana gan?

    Reply
    • Jarhie 12/12/2015 at 03:39

      Saya buat sendiri gan. gampang kok. Banyak tutorialnya di internet 🙂

      Reply

Leave a Comment