Dulu Cadas Jontor, Sekarang Tebing Keraton

Beberapa waktu lalu dunia maya heboh dengan adanya tempat wisata baru yang berlokasi di Bandung, ya Tebing Keraton. Sebuah tebing dengan beberapa batuan menjadikan daya tarik tersendiri bagi netizen. Banyak yang berbondong-bondong pergi kesana, bukan hanya dari Bandung, banyak pula pengunjung dari luar kota seperti Jakarta dan sekitarnya. Ada juga salah satu penyanyi yang menjadikan Tebing Keraton sebagai tempat pembuatan video clip single terbarunya.

tebing keraton

Saya cukup lama tinggal di daerah yang berdekatan dengan Tebing Keraton, bahkan beberapa teman sekolah saya berasal dari kampung-kampung dimana Tebing Keraton itu berada. Sebelum tempat itu terkenal, sebetulnya saya sudah pernah mengunjungi tempat itu, warga sekitar menyebutnya dengan Cadas Jontor, saya kurang mengerti kenapa sekarang diberi nama Tebing Keraton. Setelah saya bertanya kepada salah seorang teman yang memang tinggal di kampung, menurut kepercayaan warga sekitar, tebing itu merupakan gerbang sebuah kerajaan gaib, sehingga diberi nama Keraton. Saya selalu diwanti-wanti oleh teman agar tidak berbicara sembarangan ketika mengunjungi tempat tersebut. Tapi itu kembali kepada keyakinan kita masing-masing, saya menghormati kepercayaan masyarakat sekitar.

Ketika tempat itu mulai dikenal dengan Tebing Keraton, saya pun mencoba mengunjunginya lagi. Bagi para wisatawan biasanya akan dikenakan tarif Rp. 5.000,- untuk parkir dan Rp. 11.000,- untuk tiket masuk lokasi. Berhubung saya dan teman merupakan warga sekitar juga jadi tidak dikenakan biaya parkir ataupun masuk.

tebing keraton

Kini tempat itu penuh sesak, banyak pengunjung yang datang hanya sekedar ingin mengambil gambar dan berpose diatas tebing tersebut. Saya juga tidak mau kalah untuk bergaya diatas batu dengan pemandangan hutan raya Djuanda dibawahnya. Tulisan ini baru saya tulis sekarang, padahal saya mengunjungi tebing keraton tahun lalu. Mungkin kalau sekarang saya kesana lagi, banyak sekali perubahan yang akan saya lihat.

tebing keraton

66 total views, 0 views today

2 Comments

Leave a Comment