Dibalik Viralnya Quote Pake Iman

Viralnya Quote Pake Iman

Bagi desainer, hal yang membahagiakan adalah ketika karya desain buatannya mendapat apresiasi dari orang lain. Sebaliknya, hal yang menyedihkan dialami  saat karya desain tersebut ‘dibajak’ oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Contohnya desain yang satu ini :

quote pake iman

Mungkin beberapa hari kebelakang teman-teman pernah melihat desain ini, entah itu di Facebook, Twitter, Instagram, atau mungkin display picture BBM atau WhatsApp sahabat. Tapi apakah desainnya persis seperti gambar diatas atau hanya bagian kata-kata tengahnya saja?

Desain tersebut saya buat beberapa hari yang lalu, kemudian diunggah oleh akun sosial media milik Syaamil Quran, tempat dimana saya bekerja. Awalnya saya hanya desainer tok, mengerjakan order desain yang setiap hari datang memenuhi log book  di atas meja. Alhamdulillah sekarang saya mendapat amanah baru menjadi Creative Content & Campaign Director, sebuah tanggungjawab yang tidak hanya memerlukan skill tapi harus rada mikir dalam setiap eksekusinya.

Setelah melalui beberapa proses, maka terciptalah Quote Pake Iman tersebut. Tanpa saya duga, ternyata desain sederhana itu mendapat respon baik dari para netizen, dalam waktu kurang dari tiga jam, desain tersebut mendapat lebih dari 100 shares dan 200 lebih engagements secara organik tanpa iklan dan tanpa caption yang aneh-aneh, angkanya terus bertambah sampai detik dimana saya menulis artikel ini. Selain itu, desain ini pun sudah diunggah ulang oleh akun-akun yang jumlah followersnya mencapai angka jutaan.

Ada saja orang yang nyinyir, contohnya ‘aah desainnya biasa aja’ dan ‘itu cuman kebetulan’, karena nyatanya kita tidak bisa membuat semua orang suka kepada kita, yang penting lakukan yang terbaik dan semaksimal mungkin.

Mungkin desain quote pake iman tersebut memang biasa saja, tidak ada yang istimewa, tapi alhamdulillahnya banyak orang yang suka. Kalau menyebut ‘ini hanya kebetulan’ mungkin ini kebetulan, kebetulan temanya pas dengan sesuatu yang sedang booming, tapi faktanya, dalam proses pembuatan desain ini memerlukan pengamatan dan eksekusi yang tidak sembarangan.

Dari semua curhatan diatas, satu hal yang membuat saya sedih, ternyata banyak akun/orang yang mengunggah desain tersebut dengan menghilangkan identitas ‘Syaamil Quran’ dengan cara meng-crop bagian tengahnya saja, mungkin oknum-oknum tersebut belum paham bagaimana caranya mengapresiasi dengan cara yang baik.

Baca juga : Watermark Sebuah Karya Itu Penting dan Ini Manfaatnya

Terima kasih untuk teman-teman yang mengunggah desain tersebut dengan desain yang ‘asli’, semoga menjadi amal kebaikan, karena desain yang teman-teman sebarkan itu berisi hal bermanfaat bagi orang banyak. Untuk desain saya yang lainnya, bisa follow instagram @jarhie dan @Syaamil_Quran.

1,029 total views, 0 views today

2 Comments

  • Azzam 07/08/2018 at 08:22

    Gua juga desainer gan !! Saya belajar banyak dari konten ini oya yang bagian terakhir orang banyak yang copas hasil desain memang sangat kebangetan 🙂

    Reply
    • Jarhie 09/08/2018 at 16:01

      Kalo karya kita banyak yang copas, selagi masih dipergunakan di jalan yang baik mah, doain aja semoga jadi pahala jariyah buat kita ^_^

      Reply

Leave a Comment