Curug Cimahi : Rainbow Waterfall Pertama di Indonesia

Letak geografis Bandung yang dikelilingi oleh gunung, menjadikan Bandung mempunyai banyak tempat wisata yang masih sejuk dan asri. Salah satunya adalah Curug Cimahi. Kata curug dalam bahasa indonesia berarti air terjun, Cimahi berarti cukup air. Nama Curug Cimahi berasal dari sebuah sungai yang mengalir diatasnya, yaitu sungai cimahi. Sungai cimahi ini berhulu di Situ Lembang dan mengalir sampai Cimahi.

CURUG CIMAHI : RAINBOW WATERFALL PERTAMA DI INDONESIA

Curug Cimahi merupakan air terjun tertinggi di Kab. Bandung Barat dan berada diareal seluas lebih dari 25 Ha. Lokasi yang berada 1050 Mdpl menjadikan kawasan ini memiliki suhu udara berkisar 18 – 22 derajat celcius.

Lokasi Curug Cimahi

Waktu yang diperlukan untuk menuju tempat ini kurang lebih 60 menit dari Kota Bandung dan 30 menit dari pusat Kota Cimahi. Pintu masuk objek wisata ini berada di Jl. Kolonel Masturi Kec. Cisarua Kab. Bandung Barat.

Jika kita ingin berada tepat dibawah air terjunnya, dari pintu masuk kita harus menuruni ratusan anak tangga yang menuju kebawah. Tidak perlu khawatir, karena pihak pengelola wisata ini sudah membuatkan anak tangga yang cukup bagus dengan pagar pengaman dan beberapa shelter yang bisa dijadikan tempat beristirahat. Sepanjang kita menuruni anak tangga, kita sudah bisa menikmati pemandangan air terjunnya, suara derasnya curugpun sudah bisa kita dengar. Jangan kaget kalau nanti akan ada monyet-monyet yang berkeliaran, monyet ini adalah penghuni kawasan ini dan sudah jinak, tapi tetap harus berhati-hati.

Fasilitas Curug Cimahi

Fasilitas disekitar curug sudah sangat memadai, jadi tidak peru khawatir. Ada bangku-bangku untuk beristirahat, mushola untuk melaksanakan shalat bagi yang muslim, dan jika kita lapar, kita tinggal membeli makanan saja, karena disana sudah ada beberapa warung milik warga. Faslitas lainnya yang kita bisa nikmati adalah View Deck, fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola untuk tempat beristirahat ataupun sekedar mengambil gambar sambil melihat pemandangan yang indah.

CURUG CIMAHI : RAINBOW WATERFALL PERTAMA DI INDONESIA

Berbeda dengan curug lainnya, Curug Cimahi tidak hanya bisa dinikmati siang hari, akan tetapi malam haripun curug ini masih bisa untuk dikagumi keindahannya. Pada waktu sore menjelang malam, kita bisa menikmati pemandangan air terjun yang disinari oleh cahaya yang berasal dari dinding belakang air terjun, lampu dirancang sedemikian rupa sehingga bisa mengeluarkan warna warni pelangi, karena alasan ini pula Curug Cimahi mempunyai julukan Rainbow Waterfall.

Menurut Wismo Tri Kancono –Staff KKPH bandung, air terjun pelangi ini terinspirasi dari air terjun yang berada di Colorado, di Indonesia tuturnya belum ada air terjun semacam itu, maka Curug Cimahi diberi lampu sehingga mengeluarkan warna-warni pelangi dan sepertinya ini yang pertama kali di Indonesia.

Tiket Masuk Curug Cimahi

Terakhir, jangan lupa untuk menyiapkan uang Rp. 15.000,- untuk memasuki dan bisa menikmati keindahan Curug Cimahi.

CURUG CIMAHI : RAINBOW WATERFALL PERTAMA DI INDONESIA

JIKA BERMANFAAT, SILAKAN SHARE TULISAN INI YA (KLIK ICON)

No Comments

Leave a Comment