Cari Informasi Kesehatan yang Kredibel? SehatQ.com Aja

Beberapa tahun belakangan ini, pemerintah terus berupaya membenahi sistem pelayanan kesehatan yang ada di Indonesia, karena kita semua tahu hal ini masih menjadi PR yang belum juga selesai.

Paling tidak ada beberapa hal yang menjadi kendala selama ini.

1. Negara Kepulauan

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri lebih dari 17.000 pulau dari Sabang sampai Merauke, hal ini mengakibatkan sulitnya distribusi kesehatan ke daerah yang masih terpencil.

Masyarakat yang tinggal di daerah-daerah terpencil tidak memiliki akses untuk berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman, alhasil banyak masalah kesehatan yang terjadi disana.

2. Bonus Demografi

Jumlah populasi Indonesia merupakan jumlah ke-4 paling besar di dunia, populasi ini didominasi oleh usia muda dan masyarakat ekonomi kelas menengah.

Sayangnya bonus demografi ini tidak diimbangi dengan pelayanan kesehatan yang baik, akibatnya banyak anak muda yang seharusnya menjadi garda depan perubahan bangsa malah tidak terlindungi dan terjangkit penyakit berat.

Pola hidup yang asal-asalan juga memperburuk situasi ini, banyak anak muda yang saat ini sudah terkena penyakit jantung dan penyakit berat lainnya.

Lalu Bagaimana Solusinya?

Ada beberapa hal yang bisa kita usahakan, paling tidak bisa mengurangi jumlah orang yang belum memiliki akses pelayanan kesehatan dengan baik.

1. Perluas Konektivitas

Saat ini, konektivitas menjadi kendala utama sistem kesehatan digital terutama untuk daerah terpencil di Indonesia.

Idealnya sistem kesehatan berbasis digital ini bisa dirasakan oleh semua warga negara, baik yang di kota maupun mereka yang berada di daerah terpencil.

Hal ini disebabkan karena satelit Palapa belum bisa menjangkau area timur dengan baik dan ini pasti akan terus diperluas oleh pemerintah.

Bila konektivitas sudah merata di seluruh wilayah Indonesia, maka bisa dipastikan masyarakat bisa mendapatkan akses kesehatan dengan baik.

2. Regulasi yang jelas

Tidak meratanya pelayanan kesehatan juga bisa diakibatkan oleh regulasi yang tidak jelas. Lempar sana lempar sini, sehingga masyarakat bingung harus kemana dan bagaimana.

Regulasi rumit yang sering kita jumpai bisa diselesaikan kalau adanya sistem dan SOP yang jelas.

3. Manfaatkan Teknologi

Tak perlu dipungkiri bahwa saat ini adalah eranya teknologi, segala sesuatu harus bisa mengikuti perkembangan zaman.

Bisnis dari model konvensional sekarang sudah beralih ke digital.

Bayar-bayar kini tidak perlu lagi bawa uang cash karena saat ini sudah banyak sistem pembayaran yang cashless, ada e-money dan layanan keuangan digital lainnya.

Di bidang kesehatan, kita harus bersyukur punya SehatQ.com, sebuah platform kesehatan yang memungkinkan masyarakat mendapat informasi terbaik seputar masalah kesehatan sehari-hari.

SehatQ.com Hadir Sebagai Solusi Masalah Kesehatan

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa SehatQ.com adalah sebuah platform yang menyediakan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel.

Selain itu, di SehatQ.com para penggunananya bisa bertukar informasi dan saling mendukung dalam perjalanan kesehatannya, sekaligus bisa menghubungkan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan.

Sehingga siapapun bisa mendapatkan informasi kesehatan tanpa repot, tinggal buka website atau akses aplikasinya melalui smartphone.

Kemudahan Mencari Informasi Kesehatan di SehatQ.com

Sekali lagi SehatQ.com hadir sebagai solusi yang membantu keluarga Indonesia untuk memperoleh informasi seputar kesehatan, baik mereka yang tinggal di kota maupun mereka yang tinggal di desa, semuanya bisa mendapatkan informasi yang sama.

Berikut adalah beberapa layanan yang ada di SehatQ.com dan menurut saya ini sangat bermanfaat untuk masyarakat kita.

1. Direktori Obat

Di SehatQ.com Anda bisa mendapatkan informasi detail tentang sebuah obat, karena terkadang saat mengkonsumsi obat kita tidak tahu persis apa kandungannya dan apa efek samping yang akan kita alami.

Tapi setelah hadirnya SehatQ.com, hal tersebut tidak akan terjadi lagi, karena disini kita bisa mendapatkan informasinya secara lengkap.

Informasi apa saja yang akan kita peroleh?

  • Golongan obat : kita akan mengetahui obat tersebut termasuk ke dalam golongan obat apa, golongan obat keras atau tidak keras, dan apakah harus berdasarkan resep dokter atau tidak.
  • Harga eceran tertinggi : kita akan mengetahui berapa harga obat tersebut jika kita membelinya di apotek atau toko obat lainnya.
  • Kemasan : berisi informasi tentang jumlah obat dalam satu box
  • Produsen : perusahaan yang membuat obat tersebut
  • Deskripsi obat : di poin ini kita akan mendapatkan penjelasan obat tersebut diperuntukkan untuk siapa dan mampu menyembuhkan penyakit apa
  • Indikasi (manfaat) obat : berisi manfaat dari obat tersebut terhadap tubuh kita
  • Komposisi obat : berisi bahan apa saja yang terkandung dalam obat tersebut
  • Dosis : seberapa banyak obat tersebut harus dikonsumsi agar efeknya optimal
  • Aturan pakai obat : kita tidak akan bingung obat ini harus diminum kapan, sesudah makan atau sebelum makan
  • Efek samping : kita akan mengetahui efek samping setelah mengkonsumsi sebuah obat, sehingga kita tidak kaget kalau tiba-tiba pusing atau mual, karena kita sudah mengetahuinya sejak awal
  • Kontraindikasi : berisi larangan-larangan terkait obat tersebut.

Bagaimana? Super lengkap kan?

2. Artikel Kesehatan

Kelebihan SehatQ.com yang kedua adalah adanya direktori artikel kesehatan yang kredibel.

Sehingga kita tidak perlu takut lagi membaca sebuah tulisan terkait informasi kesehatan, karena artikel yang ada di SehatQ.com sudah terjamin kredibilitasnya dan referensinya.

Sebagai contoh, beberapa hari yang lalu istri saya mengalami flek dan saat ini dia sedang hamil anak pertama kami, karena ini hal yang baru untuk saya dan istri, saya bingung harus cari info kemana, karena saya takut tulisan yang istri saya baca sumbernya tidak jelas.

Akhirnya saya coba cari di SehatQ.com dengan mengetikkan “flek saat hamil”, kemudian muncul semua informasi yang berkaitan dengan flek, lalu saya sarankan istri saya untuk membacanya agar dia tau penyebab dan cara mengatasinya seperti apa.

Setelah membaca artikelnya sampai selesai, akhirnya dia tenang karena tau harus berbuat apa.

Terima kasih SehatQ.com.

3. Direktori Dokter

Kelebihan ketiga adalah adanya fasilitas Direktori Dokter.

Apa saja yang bisa kita dapatkan disini?

  • Dokter terdekat : Anda bisa mengetahui Dokter terdekat dari tempat tinggal Anda, sehingga jika ingin bertemu dan konsultasi Anda tidak perlu repot lagi mencari jadwal dokter dan beliau praktek dimana.
  • Kategori Dokter : Anda bisa memilih Dokter sesuai kebutuhan Anda, jika anak Anda sakit, Anda bisa pilih Dokter Spesialis Anak.
  • Lokasi praktik : Anda bisa memfilter Dokter sesuai dengan lokasi praktiknya. Jika saat ini Anda tinggal di Bandung, maka Anda bisa memilih Bandung dan akan muncul Dokter-dokter yang membuka praktik di Bandung, begitupun dengan daerah lainnya.
  • Jadwal praktik : Anda juga bisa memfilter berdasarkan jadwal praktik, jika Anda seorang karyawan dan hanya dapat izin hari selasa misal, Anda bisa pilih hari selasa dan akan muncul dokter yang praktik di hari tersebut, Anda tinggal pilih saja.
  • Jenis kelamin : Jika Anda seorang muslimah dan ingin diperiksa oleh dokter wanita, maka Anda bisa memanfaatkan fitur ini, Anda bisa memilih dokter laki-laki atau wanita yang ingin Anda temui.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan Booking Dokter, caranya mudah, Anda tinggal pilih dokter yang Anda ingin temui, kemudian pilih tanggal dan jam praktiknya, kemudian tinggal datang ke tempat beliau, selesai.

Cepat dan mudah!

4. Direktori Rumah Sakit

Kelebihan keempat adalah adanya direktori Rumah Sakit.

Saat terjadi hal-hal yang mendadak, contohnya jika tiba-tiba anak Anda sakit, Anda tinggal buka aplikasi SehatQ dan pilih direktori Rumah Sakit, maka aplikasi SehatQ akan memberikan daftar Rumah Sakit yang lokasinya dekat dengan Anda, sehingga Anda bisa segera membaca anak Anda kesana dan segera mendapatkan pertolongan medis.

5. Direktori Penyakit

Kelebihan kelima adalah adanya direktori penyakit.

Disini Anda bisa mendapatkan informasi detail seputar penyakit atau masalah kesehatan keluarga Anda lainnya.

Ini terjadi lagi pada saya dan lagi-lagi saya terbantu oleh SehatQ.com.

Istri saya sedang hamil dan masalah umum ibu hamil adalah Stretch Marks, sebuah garis beruntai yang sering muncul di perut, payudara, pinggul dan paha wanita yang sedang hamil dan istri saya mengalaminya.

Untuk membuatnya tenang, saya sarankan dia untuk membaca tentang Stretch Marks di direktori penyakit yang ada di SehatQ.com.

Akhirnya dia paham apa itu Stretch Marks, bagaimana gejalanya dan bagaimana cara mengobatinya.

Sekarang, sakit apa yang Anda sedang alami? Coba pergi ke SehatQ.com pilih direktori penyakit dan cari nama penyakit Anda, maka Anda akan menemukan informasi yang lengkap.

6. Chat Dokter

Kelebihan selanjutnya adalah adanya fitur Chat Dokter.

Anda bisa dengan mudah konsultasi dengan tim Dokter dari SehatQ.com, caranya pun cukup mudah, kalau belum punya akun, maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu

Begini cara daftarnya, saya contohkan menggunakan aplikasi di handphone, supaya lebih mudah.

Pertama, unduh aplikasi SehatQ di Playstore dan AppStore.

Kemudian ikutilah langkah berikut ini.

Pengalaman Menggunakan Aplikasi SehatQ

Saya menikah di usia yang cukup muda, 25 tahun dan namanya pasangan muda pasti minim pengalaman dan pengetahuan, terutama masalah kesehatan yang nantinya mungkin bisa terjadi di keluarga.

Di bulan ke-6 pernikahan, Alhamdulillah Tuhan menitipkan momongan di rahim istri saya, dan itu artinya sebentar lagi saya akan menjadi seorang ayah.

Selama masa kehamilan, saya was-was dan gelisah, karena kurangnya ilmu tentang kesehatan ibu hamil, makanan apa yang baiknya dikonsumsi, hal apa saja yang harus dihindari dan masih banyak pertanyaan di benak saya.

Tapi akhirnya saya menemukan SehatQ.com yang direkomendasikan oleh salah seorang teman di kantor, akhirnya saya coba unduh aplikasinya dan cari tahu bagaimana platform ini bisa membantu saya.

Akhirnya saya banyak membaca artikel-artikel yang ada aplikasi SehatQ, berikut beberapa artikel yang sempat saya baca dan akhirnya saya tidak was-was lagi karena tahu informasi ini lebih dulu.

Saat istri sering merasa mual, saya terbantu oleh artikel mual saat hamil ini.

Saat was-was hal apa saja yang berbahaya bagi kehamilan istri saya, saya terbatu oleh artikel 7 masalah trimester pertama ini.

Dan masih banyak lagi, hampir semua permasalahan yang saya khawatirkan ada semua jawabannya di SehatQ.

Kesimpulan

Layanan kesehatan yang baik idealnya bisa dirasakan oleh setiap warga negara Indonesia, baik mereka yang hidup di kota maupun di desa, seandainya tidak memanfaatkan perkembangan teknologi pasti masyarakat yang tinggal di daerah terpencil kesulitan untuk mengakses informasi seputar dunia kesehatan.

Bersyukur dengan hadirnya SehatQ.com yang mampu menjadi solusi di tengah persoalan kesehatan di Indonesia yang belum baik.

SehatQ.com hadir memberikan layanan dan informasi lengkap untuk masyarakat Indonesia dan bisa diakses kapanpun karena berbasis website dan aplikasi smartphone.

Sehingga masyarakat indonesia tidak perlu bingung lagi mencari informasi seputar kesehatan karena semuanya sudah ada di SehatQ.com.

Terakhir saya hanya ingin mengucapkan “Terima kasih SehatQ.com, telah menjadi asisten kesehatan keluarga Indonesia”

PT. SehatQ Harsana Emedika

Jl. MH Thamrin no. 51, Jakarta 10350 – Indonesia
Phone: 021-392-1001
Instgaram : @sehatq_id
Twitter : @sehatq
Facebook : SehatQIndonesia