Cara Meningkatkan Alexa Rank Sebuah Website dengan Cepat

Awal-awal ngeblog saya sering sekali menemukan tulisan tentang cara meningkatkan Alexa rank sebuah website dengan cepat yang tersebar di internet, saat itu saya tidak peduli karena memang belum mengerti apa itu Alexa rank. Lambat laun saya mulai cari info tentang ranking Alexa dan kenapa banyak orang yang berlomba-lomba ingin mempunyai ranking tinggi di Alexa.

Bagi yang belum tau, Alexa adalah sebuah situs yang bisa memberikan informasi tentang kualitas dan seberapa populernya website/blog kita. Ketika blog kita dinilai mempunyai kualitas yang bagus dan tingkat kepopuleran yang lumayan, secara otomatis blog kita akan mendapat ranking tinggi.

Saat ini, ranking pertama Alexa ditempati oleh Google, situs yang hampir digunakan oleh seluruh orang untuk mencari informasi,  ranking kedua dimiliki oleh Facebook dan ranking ketiga diraih oleh YouTube, dari sini mungkin teman-teman paham bagaimana cara Alexa menilai dan memberikan ranking pada website/blog kita.

Kenapa Alexa Rank itu Penting?

Konon katanya, Alexa rank juga menjadi salah satu pertimbangan ketika sebuah brand ingin memberikan job seperti review atau job lainnya. Tentu kita sering mendengar banyak blogger yang sering mendapat job dari sebuah brand atau klien lainnya, bisa jadi selain kemampuan menulisnya yang oke, brand juga memperhatikan Alexa rank yang dimiliki oleh si blogger. Walaupun mungkin tidak semua seperti itu.

Seandainya kita adalah brand yang ingin mempromosikan produk/jasa melalui seorang blogger, tentu kita menginginkan promosi itu dilakukan oleh seorang blogger yang mempunyai blog cukup populer, banyak pengunjung dan kualitas tulisan yang bagus. Kita tidak perlu repot, tinggal cek saja Alexa rank-nya. Ingat, tidak semua brand seperti itu ya. Hal ini menjadikan banyak orang mencari cara meningkatkan Alexa rank sebuah website dengan cepat, termasuk saya. Hehe

Ranking Alexa Blog jarhie.com

cara meningkatkan Alexa rank sebuah website dengan cepat

Ranking Alexa jarhie.com (19 Januari 2016)

Saya bangun blog ini bulan september tahun lalu, saat itu alexa rank saya ada di posisi ke 15 juta (15.526.648), bagaikan bumi dan langit kalau dibandingkan dengan Facebook yang menempati ranking 1. Pelan-pelan saya update blog terus menerus dan tidak terasa pada saat saya menulis artikel ini, ranking blog saya ada di posisi 900 ribuan (962.532). Bagi blogger-blogger keren diluar sana, mungkin angka 900 riburan tidak berarti apa-apa, karena mereka sudah banyak yang menempati ranking 500 ribuan kebawah. Tapi bagi saya ini prestasi, berjuang dari 15 juta sampai 900 ribu, saya akan terus perbaiki agar ranking saya tidak berbeda jauh dengan blogger-blogger keren itu. Bagi teman-teman yang ingin mengecek Alexa rank blognya, tinggal pergi saya ke website alexa.com dan masukkan nama blog di kolom yang tersedia, kalau tidak salah ada di pojok kanan atas.

Lalu, apa yang saya lakukan untuk ‘diet’ Alexa? Banyak cara meningkatkan Alexa rank sebuah website dengan cepat, namun saya hanya melakukan beberapa hal mudah, kalau dirasa saran ini membantu, mungkin teman-teman bisa mengikuti apa yang sudah saya lakukan.

Cara Meningkatkan Alexa Rank Sebuah Website dengan Cepat ala Jarhie

Cara meningkatkan Alexa rank sebuah website dengan cepat yang saya buat ini mungkin akan berbeda dengan langkah-langkah yang dilakukan orang lain. Semua kembali kepada teman-teman, mau pilih yang mana.

1. Claim website/blog kita

Hal yang pertama kali harus dilakukan ketika ingin mendapatkan ranking Alexa adalah meng-claim blog yang kita miliki. Supaya tidak bingung, teman-teman bisa buka link claim blog di alexa ini. Ikuti saja langkah-langkah yang diberikan, setelah selesai maka blog kita akan mempunyai rangking di Alexa walaupun mungkin akan sangat gemuk (jutaan).

2. Install toolbar Alexa di Browser

Saya kurang mengerti korelasi antara menginstall toolbar Alexa dengan ranking yang akan kita peroleh, mungkin ini akan berpengaruh, tapi saya belum terlalu paham. Cara lainnya adalah memasang widget Alexa di blog kita, nah kalau yang ini saya sedikit mengerti logikanya, dengan memasang widget Alexa di blog, akan membuat Alexabot mengetahui update blog yang kita lakukan. Sampai sekarang saya tidak tau bagaimana cara memasang widget Alexa di blog ini, makanya saya cuma pasang Alexa toolbar di browser.

3. Promosikan Blog

Salah satu cara meningkatkan Alexa rank sebuah website dengan cepat bisa dilakukan dengan berpromosi. Banyak cara untuk mempromosikan blog kita, hal yang paling mudah adalah dengan men-share-nya di media sosial. Dengan kita share di media sosial, tentu akan mendatangkan pengunjung dan hal itu akan membuat Alexa beranggapan bahwa blog kita terkenal dan banyak dicari orang.

4. Update Blog

Ini adalah cara yang paling saya anjurkan, karena dari keempat cara ini, yang paling terasa efeknya adalah update blog. Perlu teman-teman ketahui, saya sedang belajar konsisten dalam menulis dengan mengatur waktu tayang setiap tulisan, saya update tulisan setiap dua hari sekali. Saya berikan contoh efek yang benar-benar saya rasakan, saya menulis artikel Tutorial Belajar CorelDRAW #1 pada tanggal 15 Januari, kemudian saya menulis artikel Tutorial Belajar CorelDRAW #2 pada tanggal 17 Januari, jarak dua hari itu Alexa rank saya naik sampai 200 ribu, misalkan awalnya 1.400.000 naik menjadi 1.200.000, dan itu selalu naik setiap kali saya update tulisan baru.

Kesimpulan

Bagi saya, cara meningkatkan Alexa rank sebuah website dengan cepat yang terpenting adalah update blog. Ketika blog tidak di update maka ranking Alexa akan kembali menurun. Selamat mencoba, jika ingin sharing pengalaman tentang cara meningkatkan Alexa rank sebuah website dengan cepat, bisa lewat kolom komentar ya.

270 total views, 0 views today

3 Comments

Leave a Comment