Cara Membuat Toko Online dengan WordPress (GRATIS)

Cara membuat toko online 

Dengan membaca artikel cara membuat toko online ini, saya jamin Anda akan bisa membuat toko online Anda sendiri dalam waktu yang singkat.

Karena apa yang saya tulisakan disini merupakan pengalaman pribadi dan mudah untuk diikuti, langkah-langkahnya simpel, Anda hanya perlu membaca dari awal sampai akhir, dan sedikit-sedikit mengikutinya.

Beginilah cara membuat toko online :

  1. Pilih domain atau nama toko online Anda
  2. Pilih hosting terbaik
  3. Install WordPress
  4. Install theme toko online responsive
  5. Install plugin pendukung
  6. Publish

Saya akan jelaskan satu persatu, namun sebelum itu, saya ingin Anda melihat hasil survey berikut ini, yang dikluarkan oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tahun 2017.

Ini faktanya…

cara membuat toko online dengan wordpress - survey pengguna internet di indonesia 600

Hasil survey dari APJII tahun 2017

Angka yang sangat luar biasa bukan? Lebih dari setengah populasi di Indonesia adalah pengguna internet. Jadi inilah waktu yang tepat untuk memulai bisnis online Anda, dengan pasar yang luar biasa besarnya dengan cara-cara sederhana.

Para ahli menyebutkan bahwa, jika bisnis Anda tidak bisa diakses dengan telepon genggam, maka bisnis Anda akan mati, nampaknya pernyataan itu benar, karena makin kesini tren belanja kita sudah mulai berubah.

Yang dulunya senang kalau ke pasar atau pusat perbelanjaan, kini semuanya sudah berubah, karena semua orang bisa berbelanja hanya melalui smartphone-nya, tanpa harus berpanas-panasan, tinggal pilih – bayar – selesai.

Kenapa Anda harus punya toko online sendiri?

Anda harus mengetahui dulu alasan kenapa Anda harus punya toko online sendiri, mengapa tidak berjualan saja di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak atau Shopee.

Ini alasannya…

cara membuat toko online dengan wordpress - marketplace vs toko online 600

Banyak fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh marketplace, padahal itu sangat bermanfaat untuk bisnis online Anda. salah satu contohnya adalah Facebook Pixel Tracking.

Apa itu Facebok Pixel Tracking?

Facebook Pixel Tracking adalah sebuah fitur yang dimiliki oleh Facebook yang mempunyai kemampuan, mendeteksi siapa saja yang sudah mampir ke situs kita, dia bisa memilah mana yang sudah beli, mana yang hanya lihat-lihat dan mana yang tidak jadi beli.

Kesemua itu nantinya kita gunakan untuk follow up dengan menggunakan Facebook Ads (saya akan bahas nanti).

Baca juga : Cara Membuat Iklan di Facebook

Kini saatnya kita masuk ke bagian inti, yaitu langlah-langkah atau cara membuat toko online.

 

Cara Membuat Toko Online (Step by Step)

1. Pilih domain atau nama toko online Anda

Domain adalah sebuah nama yang nantinya akan kita gunakan sebagai alamat toko online kita. Contohnya : waroengsiluet.com, atau piknikholic.com, atau apapun sesuai keinginan anda, kalau Anda sudah mempunyai brand, saya sarankan untuk menggunakan nama brand saja, misalkan namabrand.com

Layaknya sebuah rumah, toko online kita pun harus punya alamat agar orang-orang bisa mengunjungi kita.

Domain ini sistemnya sewa, per tahun biasanya, harganya juga variatif, mulai dari Rp. 150.000 per tahun sampai ada yang lebih mahal dari itu.

Tapi, tidak usah khawatir, saya akan bocorkan dimana Anda bisa mendapatkan domain secara gratis, baca terus sampai akhir, saya akan beri tau Anda saat menjelaskan step kedua yaitu memilih hosting terbaik.

cara membuat toko online dengan wordpress - tips memilih nama domain 600

 

Tips Memilih Nama Domain

  • Mudah diingat, carilah nama-nama yang mudah diingat oleh calon customer Anda, atau jika Anda sudah mempunyai brand sendiri, maka gunakanlah nama itu.
  • Jangan terlalu panjang, lebih pendek biasanya lebih mudah diingat dan orang tidak malas kalau harus mengetikkannya di browser.
  • Pilih ekstensi yang top level domain (TLD), karena domain ini ada berbagai macam ekstensi yang bisa Anda gunakan, .com, .net, .org, .co.id, .id dan masih banyak lagi. Gunakanlah .com, .net, .id, atau .co.id.

 

 2. Pilih hosting terbaik

Jika Anda sudah menentukan nama domain yang cocok untuk bisnis Anda, langkah selanjutnya adalah memilih hosting yang kuat dan stabil.

Hosting itu semacam ruang penyimpanan, kalau domain itu diibaratkan alamat rumah, nah hosting adalah rumahnya. Tempat menyimpan segala sesuatu milik kita atau tempat menyimpan produk-produk kita.

Sama seperti domain, hosting pun sistemnya sewa.

Seperti janji saya di poin sebelumnya, saya akan bocorkan bagaimana cara mendapatkan domain gratis untuk toko online Anda. Caranya adalah dengan order hosting di Niagahoster.

SAYA MAU DOMAIN GRATIS

Niagahoster adalah salah satu penyedia jasa hosting terbaik menurut saya, ada beberapa alasan yang mungkin Anda bisa pertimbangkan.

cara membuat toko online dengan wordpress - cara membeli order hosting

 

Cara Order Hosting

  • Buka link bit.ly/NS-HostingDomainMurah atau KLIK DISINI
  • Pilih paket yang Anda perlukan, harganya sangat terjangkau hanya 40 ribuan per bulan.
  • Tentukan jangka waktu berapa lama Anda akan gunakan hosting itu, saya sarankan 1 tahun supaya lebih murah
  • Tentukan jangka waktu berapa lama Anda akan gunakan hosting itu, saya sarankan 1 tahun supaya lebih murah
  • Cek inbox email Anda, dan lakukan pembayaran sesuai instruksi yang telah dikirimkan

 

Kelebihan Niagahoster :

  • Server stabil. Kenapa hal ini perlu kita perhatikan, karena saya yakin Anda tidak ingin tiba-tiba website Anda tidak bisa diakses karen servernya tidak kuat menerima kunjungan banyak orang. Bayangkan kalau hal itu terjadi di toko online Anda, maka dari itu diperlukan server yang stabil seperti server yang dimiliki Niagahoster.
  • Full support 24 jam. Jika terjadi masalah pada toko online Anda, jangan khawatir karena mereka siap sedia 24 jam setiap hari untuk melayani Anda, untuk menyelesaikan masalah pada toko online Anda.
  • GRATIS DOMAIN. Nah ini yang jarang, mereka memberikan domain gratis untuk Anda, tentunya yang top level domain.
  • GRATIS SSL. Selain domain yang gratis, Anda juga akan mendapatkan SSL gratis. SSL adalah sistem keamanan untuk sebuah website, sehingga tidak mudah untuk dibobol oleh hacker dll.

 

3. Install WordPress

WordPress adalah salah satu dari CMS (Content Management System) yang banyak digunakan untuk membuat sebuah website, blog dan toko online. 

Menurut saya membuat toko online dengan WordPress ini lebih mudah dari pada cara membuat toko online dengan blogspot atau cara membuat toko online dengan html, itu lebih rumit lagi, WordPress paling mudah.

Setelah Anda menyelesaikan pembelian hosting, langkah selanjutnya adalah meng-install WordPress. 

cara membuat toko online dengan wordpress - cara install wordpress

 

Cara meng-install WordPress 

  • Login ke akun cPanel Anda. Biasanya bisa diakses dengan mengetikkan domainanda.com/cpanel, jika nama domain Anda waroengsiluet.com, maka alamat login cPanel Anda adalah waroengsiluet.com/cpanel.
  • Masukkan user dan password. Silahkan cek inbox dari Niagahoster dengan subjek [Niagahoster] Selamat, Hosting Pelajar for domainanda.com Telah Aktif. Kemudian scroll ke bawah ke bagian Detail Login FTP (Upload File Website), disitulah detail login cPanel Anda.
  • Setelah berhasil masuk ke cPanel, cari SOFTACULOUS APP INSTALLER, kemudian pilih WordPress
  • Pilih INSTALL NOW
  • Isi data sebagai berikut 
    Site Setting
    Site Name : isi dengan nama website atau nama toko online Anda
    Site Description : isi dengan deskripsi website Anda, jika ini toko online, bisa diisi dengan tagline 

    Admin Account
    Admin Username : isi dengan username yang nantinya akan Anda gunakan sebagai user login
    Admin Password : isi dengan password untuk masuk ke website Anda nantinya
  • Pilih theme/tema website, pilih yang mana saja karena nanti kita akan ubah dengan theme khusus toko online. Setelah itu, klik INSTALL
  • SELAMAT! Situs Anda telah selesai. Alamat situs Anda : http://domainanda.com
    Untuk login ke dalam dashboarnya : http://domainanda.com/wp-admin

 

4. Install Theme Toko Online yang Responsive

Ada banyak theme/template toko online yang tersebar di internet, baik yang gratis maupun berbayar, buatan dalam negeri dan luar negeri.

Jika Anda ingin yang gratisan, Anda bisa install theme WooCommerce, tapi akan banyak hal yang harus Anda setting, mulai dari bahasa, mata uang, alur order, tampilan produk dan masih banyak lagi.

Kalau tidak mau ribet, Anda bisa pakai theme dan sistem toko online buatan anak bangsa, namanya Smart Toko.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh Smart Toko

Silahkan Anda pertimbangkan :

Pakai WooCommerce (Gratis)

  • Anda harus melakukan banyak penyesuaian karena theme ini buatan orang luar
  • Mata uang yang tersedia adalah dollar, jarang yang mempunyai mata urang rupiah dalam sistemnya
  • Tidak bisa akses secara full karena gratisan pasti ada fitur-fitur yang dikunci

Atau Anda pakai Smart Toko, hanya dengan 310 rb, Anda sudah dapat semua fitur lengkap untuk toko online Anda, tidak perlu setting terlalu banyak, sudah pakai bahasa Indonesia, mata uang sudah pakai rupiah, dan masih banyak lagi.

5. Install Plugin Pendukung

Untuk mengoptimalkan performa toko online Anda, ada baiknya ada meng-install beberapa plugin yang sudah terbukti bisa memaksimalkan toko online Anda.

Berikut beberapa plugin rekomendasi saya :

  • Yoast SEO, berfungsi untuk mengoptimalkan SEO situs Anda, sehingga para customer bisa dengan mudah menemukan toko online Anda di Google.
  • WP Cache, berfungsi untuk membersihkan file-file yang tidak berguna di hosting, sehingga performa toko online Anda akan lebih prima.
  • Smush Image, berfungsi untuk mengoptimalkan gambar produk yang Anda upload sehingga tidak memberatkan situs ketika di load.

Butuh bantuan?

Kalau ada hal yang belum Anda mengerti, silahkan kontak saya di email contact@jarhie.com, Insya Allah saya akan bantu, jangan sungkan untuk menghubungi saya ya :).

Jarhie adalah seorang Blogpreneur & Internet Marketer yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun di dunia internet marketing, selain itu Jarhie adalah founder dari Komunitas SBO dan Sekolah Blogger

No Comments

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.