Cara Membuat Toko Online di Instagram ala Jarhie

Online shop atau toko online belakangan ini telah menjadi sebuah pasar raksasa. Kita bisa mencari apapun kebutuhan kita melalui smartphone yang kita miliki dengan mengetikkan kata kunci yang kita inginkan. Mulai dari kebutuhan pribadi seperti pakaian dan makanan hingga rumah pun kini bisa kita cari melalui toko online.

Dengan adanya peluang usaha disektor ini, banyak sekali bermunculan toko-toko online, baik di Facebook, Twitter dan Instagram. Tidak jarang pula kita mendapatkan broadcast message BBM yang berisi tentang penawaran produk, iya kan?

cara membuat toko online

Mungkin sebagian dari kita masih bingung bagaimana cara membuat toko online yang hasilnya menjanjikan. Pada kesempatan ini, mari kita bahas tentang tata cara membuat toko online di Instagram. Kenapa memilih Instagram? Karena menurut saya, Instagram itu simple dan cocok dijadikan semacam katalog.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat toko online di Instagram :

Buat Akun Instagram

Saya yakin tidak ada kesulitan pada tahap ini, hampir semua orang kini mempunyai akun Instagram untuk mengabadikan momen berharga mereka, bahkan bisa lebih dari satu.

Mulai dari Menjadi Reseller

Bagi yang masih bingung akan menjual produk apa, maka saya sarankan agar menjadi seorang reseller. Keuntungan reseller adalah kita tidak perlu menyediakan stok barang yang kita jual, semuanya sudah ada ditoko yang kita jadikan sebagai tempat pengambilan barang.

Misalkan kita ingin menjadi reseller sebuah sepatu. Maka carilah toko yang mempunyai produk sepatu berkualitas bagus dengan harga murah, biasanya untuk reseller akan diberikan harga khusus dan lebih murah. Ambil saja misalkan harga dari toko aslinya itu Rp. 120.000,- maka kita sebagai reseller bisa menjualnya Rp.140.000,- berarti dari satu produk kita akan mendapatkan keuntungan Rp.20.000,- dengan modal promosi saja. Tanpa kita harus mengeluarkan modal berupa uang.

Maka carilah produk yang sering dicari oleh banyak orang, carilah toko yang bisa dipercaya dan profesional.

Posting Foto Berkualitas

Kebanyakan toko online memasang foto untuk promosinya menggunakan foto ‘seadanya’, sebaiknya kita lakukan dulu proses editing sehingga foto akan terlihat lebih bagus dan elegan. Ingat! Jangan jurang, foto tetap harus sesuai produk aslinya.

Gunakan Hashtag

Hashtag (#) mempunyai peran penting dalam permainan Instagram, karena hashtag akan berfungsi sebagai kategori ataupun keyword yang memungkinkan untuk dicari oleh paracustomer. Dalam penggunaan hashtag, gunakanlah yang sekiranya mudah untuk dicari olehcustomer, misalkan kita menjual sepatu, maka kita bisa membubuhkan hashtag seperti #sepatumurah #sepatubagus #sepatucowo #sepatukulit dan hashtag sejenis yang relevan.

Pelayanan yang Prima

Pelayanan merupakan bagian yang tidak kalah penting dalam proses jual beli, jadilah penjual yang ramah kepada customer, logikanya jika toko A memiliki harga yang murah tapi pelayanan yang buruk, sedangkan di toko B harganya mahal akan tetapi memiliki pelayanan yang bagus, maka rata-rata pembeli akan memilih berbelanja di toko B karena pelayanannya.

 

Semoga artikel Cara Membuat Toko Online di Instagram ala Jarhie ini bermanfaat.

30 total views, 0 views today

1 Comment

Leave a Comment