Cara Membuat Iklan di Facebook Super Manjur

Cara Membuat Iklan di Facebook

Banyak yang bertanya bagaimana cara membuat iklan di Facebook yang menghasilkan? Caranya mudah, karena saya sudah menangani beberapa fanspage untuk mengiklankan produk mereka, jadi setidaknya saya sudah sedikit paham tentang seluk beluk iklan di Facebook.

Sekilas tentang Facebook Ads (Iklan Facebook) sudah saya tulis di artikel sebelumnya yang berjudul Cara Mendapatkan 1000 Database Email dalam Sebulan, silahkan klik jika ingin mengetahuinya secara detail. Bagaimana Facebook menjadi raksasa dalam dunia periklanan digital saat ini.

Untuk Anda pelaku usaha, terutama online, sudah saatnya Anda memanfaatkan fitur iklan di Facebook, karena seusai pengalaman, hal ini sangat manjur bahkan bisa memberikan omzet berkali-kali lipat dari biaya iklan yang dikeluarkan.

Kelebihan Iklan di Facebook

Kenapa dari tadi saya anjurkan Anda untuk segera memulai membuat iklan di Facebook, mulai memasarkan produk yang Anda jual, karena beriklan di Facebook tidak sama seperti kita beriklan di media cetak atau televisi. Mari kita permudah dengan sebuah analogi, jika Anda ingin mengiklankan sebuah barang, sebut saja jasa pembuatan website, kemudian Anda memasang iklan di koran, secara kasar sudah bisa dipastika bahwa jumlah orang yang akan membaca iklan Anda sama dengan jumlah koran yang dicetak saat itu.

Contoh lainnya, saat Anda mengiklankan sebuah produk baju muslim di televisi atau radio, Anda tidak bisa mendeteksi berapa orang yang melihat iklan Anda dan daerah mana saja yang banyak melihat iklan Anda, umur berapa yang suka dengan iklan Anda.

Lain halnya jika kita membuat iklan di Facebook, kita akan mendapatkan beberapa hal sebagai berikut :

1. Mengetahui Jangkauan Iklan

Kelebihan saat memasang iklan di Facebook adalah kita bisa mengetahui jangkauan dari iklan yang kita buat, iklan kita sudah sampai ke berapa orang, sedah berapa orang yang berinteraksi dengan iklan kita, baik itu like, share maupun comment. Semuanya ada datanya dan kita bisa pantau.

2. Mengatur Target

Ketika kita beriklan di media cetak maupun televisi, kita tidak bisa menentukan jenis kelamin, usia dan daerah mana saya yang ingin kita sasar, tapi dengan Facebook Ads, semuanya bisa, kita bisa tentukan target audiens kita dari sisi umur, jenis kelamin, daerah bahkan pekerjaannya, sehingga iklan kita akan lebih maksimal ketika kita tau siapa yang kita tuju dan sudah tentu cocok dengan barang atau jasa yang kita jual.

3. Murah

Berapa biaya yang harus Anda keluarkan saat beriklan di media cetak atau saat Anda memasang iklan di sebuah stasiun TV nasional, hitungannya per detik, dan biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit dalam setiap detiknya. Berbeda dengan Facebook, kita bisa menentukan biayanya sendiri, per hari nya mau berapa dan sampai kapan iklan ini akan ditayangkan, bahkan kita bisa memasang iklan mulai dari Rp. 10.000,- per hari, kayaknya lebih mahal harga bakso ya. Hihihi

4. Varian Iklan

Iklan di koran hanya bisa menggunakan gambar, tidak bisapakai video. Iklan di TV kebanyakan menggunakan video jarang sekali pakai gambar. Di Facebook Ads, Anda bisa menggunakan semua media, teks, gambar, video, audio, bahkan link yang bisa Anda atur semuanya. Ada juga tipe iklan yang bisa mengiklankan sebuah album di galeri yang kita miliki.

Masih banyak lagi benefit saat kita beriklan di Facebook, untuk saat ini saya cukupkan dulu, mari kita lanjut ke pembahasan berikutnya tentang cara membuat iklan di Facebook.

Bagaimana Cara Membuat Iklan di Facebook?

Oke, mari kita masuk ke pembahasan inti tentang langkah-langkah membuat iklan d Facebook. Caranya mudah silahkan ikuti tahap berikut ini

Buat FanPage Facebook

Hari ini, Facebook tidak membolehkan Anda mempunyai nama dengan embel-embel brand di akun pribadi. Facebook akan menyarankan Anda untuk membuat sebuah FanPage yang lebih powerfull untuk bisnis Anda.

Buatlah FanPage sesuai dengan bisnis atau brand bisnis Anda, misalkan “Jasa Pembuatan Siluet Wajah” atau brand yang sudah Anda miliki, seperti nama toko online dan sejenisnya. Karena iklan akan berjalan hanya pada FanPage, Facebook Ads tidak akan berjalan pada akun pribadi.

Cara membuat FanPage pun mudah, silahkan menuju tanda panah yang menghadap ke bawah di pojok kanan atas seperti apa yang ada pada gambar di bawah ini, selanjutnya pilih Create a Page, setelah itu ikuti langkah-langkah, gampang kok, kalau bingung boleh googling ya.

cara membuat iklan di facebook

Mulai Buat Iklan

Anggap saja Anda telah selesai membuat FanPage, langkah selanjutnya ada mulai membuat iklan untuk FanPage tersebut. Langkah pertamany hampir sama, klik panah yang menghadap ke bawah di pojok kanan atas, kemudian pilih Create Ads

cara membuat iklan di facebook a

 

Setelah itu, Anda akan diarahkan menuju dashboard Ads Manager, dari sinilah iklan itu dibuat, seperti yang saya bilang sebelumnya, Facebook menyediakan beberapa jenis iklan sesuai kebutuhan kita, gambar di bawah ini merupakan jenis-jenis iklan yang disediakan oleh Facebook, kita tinggal sesuaikan dengan kebutuhan, iklan apa yang sekiranya pas dengan tujuan kita.

 

cara membuat iklan di facebook b

Dashboard Ads Manager Facebook

Tentu saya tidak akan bahas semua jenis iklan yang ada diatas, kali ini kita akan coba bahas hanya yang iklan PPE (Post Per Engagement), kenapa? Karena iklan inilah yang paling sering saya gunakan di 12 FanPage yang saya kelola saat ini dan hasilnya pun Alhamdulillah efektif dan manjur.

Oke selanjutnya kita pilih jenis iklan Engagement, di kolom tengah baris kedua. Kemudian Anda akan diminta mengisi nama kampanye/campaign iklan yang akan Anda jalankan.

cara membuat iklan di facebook c

Buatlah nama iklan/campaign

Laku klik Continue, selanjutkan Anda akan diarahkan ke halaman targeting iklan, di halaman ini Anda bisa tentukan beberap hal berikut :

  • Ad Set Name : Nama Iklan
  • Location : Daerah yang ingin Anda target, bisa negara bisa kota
  • Age : Berapa rentang umur yang akan Anda target
  • Gender : Jenis kelamin target Anda
  • Lenguages : Bahasa yang digunakan oleh target Anda

cara membuat iklan di facebook d

Scroll lagi ke bawah, kemudian lanjutkan pengisian halaman ini sampai selesai

cara membuat iklan di facebook 3

  • Placements : Dimana saja iklan Anda akan tayang (Mobile Phone, Desktop dan Instagram atau Facebook)
  • Budget : Anggaran yang akan keluarkan setiap harinya, angka ini bisa dimulai dari Rp. 10.000,-
  • Schedule : Waktu penayangan iklan Anda, jika Anda ingin menentukan tanggal tayangnya, silahkan pilih “Set s start and end date”

Selanjutnya klik Continue. Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya dan klik Create New Ads

cara membuat iklan di facebook e

  • Pages : Pilih FanPage yang telah Anda buat tadi
  • Format : Jenis iklan yang akan Anda gunakan, gambar, video atau slide show

cara membuat iklan di facebook f

  • Images : Pilih gambar yang akan Anda gunakan sebagai iklan

cara membuat iklan di facebook g

  • Links/Text : Tulis teks iklan Anda seperti gambar diatas, dan anda bisa lihat previewnya pada bagian kanan, selanjutnya klik Confirm
  • Iklan Anda akan direview oleh Facebook, jika Facebook sudah oke, iklan Anda akan langsung tayang.

cara membuat iklan di facebook h

 

Sampai tahap ini Anda sudah berhasil membuat iklan di Facebook, tinggal tunggu hasil dari iklan Anda, jika kurang maksimal, silahkan ubah target iklan Anda supaya lebih pas.

Semoga artikel sederhana tentang cara membuat iklan di Facebook ini bisa sedikit membantu Anda dalam upaya peningkatan omzet bisnis yang sedang Anda jalankan. Jangan lupa untuk share artikel ini ya.

JIKA BERMANFAAT, SILAKAN SHARE TULISAN INI YA (KLIK ICON)

4 Comments

  • portal-ilmu.com 15/08/2017 at 02:03

    Pernah beberapa kali bikin iklan fb dan hasil likenya lumayan sampe ribuan untuk 1 artikel yang diiklankan, cuma masalahnya dari ribuan like hanya sedikit yang membuka blognya. Bahkan, pada komentar tanpa melihat artikelnya sama sekali. Disitu saya merasa baper. 🙁

    Reply
    • Jarhie 15/08/2017 at 04:00

      Bisa jadi salah sasaran, atau artikelnya kurang nendang Mas, boleh di-share link-nya mas?

      Reply
  • Santoso 14/10/2017 at 14:31

    Berarti itu belum posting dulu ya mas? begitu setting ads manager udah selesai, baru upload gambar/foto yang bakal kita iklanin?

    Kalo saya biasanya pakai ID post

    Reply
    • Jarhie 14/10/2017 at 19:29

      Ada dua cara :

      1. Posting dulu di FP. Terus masuk ke Ads Manager dan iklanin postingan tersebut.
      2. Langsung bikin postingan iklannya di dashboard ads manager

      Saya juga kadang pake ID post ^_^

      Reply

Leave a Comment