Cara Membuat Desain Baju dengan Mudah

Cara Membuat Desain Baju

Para prinsipnya tak ada yang berbeda antara cara membuat desain baju dan membuat desain lainnya, hanya berbeda media aplikasinya saja. Ada desain yang dicetak di atas kertas, plastik, kayu dan bahan lainnya termasuk bahan kaos.

Ada yang beranggapan bahwa mendesain itu butuh bakat, dan biasanya bakat itu bawaan lahir, namun untuk hal ini saya kurang setuju, karena semua bisa dipelajari, bahkan bagi orang yang tidak mempunyai bakat dibidang tertentu, asal tekun Insya Allah pasti bisa, begitu pun desain, kalau mau belajar pasti bisa.

Jadi bagi Anda yang merasa tidak mempunyai bakat desain tapi ingin sekali mempelajari desain, pesan saya “TERUS BELAJAR” nanti juga bisa dengan sendirinya, pesan lainnya adalah “NIKMATI PROSESNYA”, karena hasil tak akan mengkhianati prosesnya, kalau kita mau berproses, hasilnya akan mengikuti.

Bagi Anda yang ingin belajar desain secara otodidak, coba mampir dulu ke tulisan saya di bawah ini, semoga tercerahkan, karena ini juga yang saya lakukan dulu.

Baca : Belajar Desain Otodidak, Begini Caranya!

Saat anda memutuskan menjadi desainer, maka orang-orang akan beranggapan bahwa Anda telah menguasai segala hal yang berkaitan dengan desain. Contoh, basic saya adalah seorang desainer grafis, namun orang yang kurang paham malah sering minta bantuan untuk mendesain sesuatu yang sebetulnya di luar dari desain grafis, contohnya adalah desain sketsa bangunan, what!? Padahal itu kan butuh perhitungan yang kompleks dan belajarnya pun khusus, bukan jurusan desain grafis tapi teknik arsitektur. Tapi yasudahlah kita lupakan hal itu.

Oke balik lagi ke masalah cara membuat desain baju sederhana. Untuk mendesain sebuah baju atau kaos, pertama perlu diketahui bahwa biasanya desain baju itu simpel, sederhana tapi elegan, berbeda saat Anda mendesain sebuah media promo seperti flyer atau katalog, mungkin flyer dengan isi lebih rame lebih disukai klien, tapi itu tidak berlaku pada desain baju, justru semakin simpel semakin disukai pasar, biasanya gitu, kecuali buat sahabat-sahabat kita yang memang suka baju-baju yang rame.

Jenis-jenis cetakan pada baju atau kaos

Dulu, satu-satunya cara untuk memberi gambar atau desian pada kaos itu dengan cara di sablon, namun saat ini sudah ada teknologi printing, yang biasanya disebut dengan istilah print DTG atau Direct to Garment.

Pada teknologi sablon, gaya desain yang banyak digunakan adalah gaya-gaya vektor dan tidak ada gradasi warna, karena akan sulit membuat gradasi warna pada teknologi sablon, butuh pengaturan film yang kompleks.

Berbeda dengan printing, namanya juga printing, kita bisa bebas menggunakan gambar apapun yang kita mau, namun biasanya harga yang dipatok akan lebih mahal dibanding kaos yang menggunakan sablon biasa, saat sablon biasa harus dibuat banyak sekali produksi, dengan printing kita bisa buat satuan, tak heran kalau hargnya lebih mahal. Satu lagi yang membuat print DTG itu mahal adalah harga tinta yang berbeda jauh dengan harga tinta sablon manual.

Langkah-langkah membuat desain baju

1. Ketahui warna baju yang akan kita desain

cara membuat desain baju dengan mudah d

Anggap kita diminta untuk mendesain gambar pada sebuah kaos, langkah pertama adalah kita harus tau warna kaos yang akan kita jadikan sebagai medianya. Misalkan kita diminta mendesain untuk kaos warna hitam, tentu dalam desainnya nanti, kita bisa gunakan warna putih, begitupun sebaliknya kalau desain untuk kaos putih, hindari desain yang mengandung banyak warna putih, karena tidak akan jelas terlihat.

Mengetahui warna kaos itu intinya agar kita bisa mengetahui warna apa saja yang mungkin kita pakai dalam desainnya, supaya bisa memadu padankan warna, supaya terlihat kontras dan keren.

2. Mengetahui area desain

cara membuat desain baju dengan mudah

Desain pada baju atau kaos biasanya hanya terdapat di area depan, paling besar ukuran 30 x 40 cm.  Jadi saat anda membuat desainnya bisa disesuaikan ukuran dan penempatan desainnya.

3. Mulai dengan Typography Style

cara membuat desain baju dengan mudah

Desain karya Jarhie

Hal paling mudah dalam cara membuat desain baju adalah dengan menggunakan tulisan, ya hanya tulisan. Tugas beratnya hanya bagaimana kita memilih font atau mengkombinasikan beberapa font agar tetap terlihat eye catching dan pesan dari desainnya sampai ke mereka yang nantinya melihat kaos itu. Mungkin nanti saya akan tulis artikel khusus tentang teknik mengkombinasikan font atau huruf. Jadi pantengin terus blog ini ya.

4. Semakin simpel semakin keren

cara membuat desain baju dengan mudah

Desain karya Jarhie

Itu menurut saya ya, hehe.. buat saya semakin simpel itu semakin keren, semakin elegan dan semakin mahal. Saya pernah diminta beberapa kali untuk membuat desain sebuah kaos, dan kebanyakan saya hanya memainkan font saja, tapi yang order Alhamdulillah suka.

5. Aplikasi untuk Mendesain

Yang biasa saya pakai adalah Adobe Photoshop dan CorelDRAW, tapi jika Anda yang belum bisa menggunakan kedua software tersebut, sekarang sudah banyak situs-situs gratis yang bisa memudahkan Anda mendesain baju, berikut beberapa situs yang bisa Anda manfaatkan

  • www.customink.com
  • www.uberprints.com

Kesimpulan

Oke, prinsip desainnya sudah saya jelaskan, softwarenya pun sudah saya informasikan, tugas Anda saat ini adalah MENCOBANYA, kalau mau lebih ekstrem, silahkan cetak hasil desain Anda menggunakan print DTG, supaya ada kebanggaan aja. Harganya masih dibawah 100 ribu kalau tidak salah. Keren kan pakai baju hasil desain sendiri, bangganya luar biasa.

Selain itu, tugas selanjutnya adalah banyak melihat referensi, boleh di internet, majalah maupun dengan sengaja mengunjungi distro-distro di kota Anda, karena desain-desain kaos distro itu biasanya simpel tapi keren, Anda bisa belajar dari sana.

Baca juga : Aplikasi Edit Tulisan Terbaik untuk Smartphone

Bagi Anda yang ingin sharing dengan saya masalah desain, silahkan kirim email ke contact@jarhie.com ya, Insya Allah jika ada sesuatu yang bisa saya sharing pasti akan saya share, kalau tidak bisa, kita akan coba mencarinya sama-sama. Semoga artikel cara membuat desain baju ini bermanfaat, silahkan klik tombol share dibawah artikel ini, sehingga lebih banyak orang yang merasakan manfaatnya.

JIKA BERMANFAAT, SILAKAN SHARE TULISAN INI YA (KLIK ICON)

3 Comments

  • Sabun cuci muka Yang aman 10/08/2017 at 12:04

    terimakasih atas informasinya.. dan jangan lupa kunjungi link kami
    di https://goo.gl/sDkT7E

    Reply
  • Non Woven untuk Bisnis Fashion 27/09/2017 at 15:57

    Saya setuju sama yang nomor 4 : semakin simpel semakin keren. Soalnya membuat desain yang sederhana namun bernilai itu sangat susah. Tapi biasanya kalo saya lebih mementingkan bahan kaosnya sih daripada desainnya.

    Reply
  • Deanne 25/10/2017 at 21:05

    halo, saya mau tanya.. kalo kita desain kaos di costumink, terus mau ambil (simpan) gambar yang HD untuk nanti print kaosnya gimana caranya ya?

    Reply

Leave a Comment