Cara Membeli Domain untuk Blog dan Website Anda

Cara Membeli Domain

Kali ini saya akan bahas bagaimana cara membeli domain untuk blog dan website Anda.

Di dunia website, hosting dan domain bagaikan dua mata uang yang tak terpisahkan, ketika Anda ingin memiliki sebuah blog atau website, dua hal inilah yang harus Anda miliki terlebih dahulu.

Bagi Anda yang belum paham apa itu hosting dan bagaimana fungsi dan cara belinya, silahkan baca tulisan saya sebelumnya Cara Memilih Hosting yang Tepat.

Apa itu Domain?

Sebelum saya sharing tentang bagaimana cara membeli domain untuk blog dan wesbite, Ada baiknya Anda paham dulu pengertian domain.

Menurut Wikipedia, domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Gampangnya : domain itu nama yang berfungsi seperti alamat di internet. Ketika ada orang yang ingin berkunjung ke situs kita, tentu kita memerlukan alamat agar warganet mudah menemukan blog atau website kia.

Contohnya blog yang sedang Anda baca ini, domainnya adalah jarhie.com. Jadi ketika Anda ingin membaca tulisan saya lagi, tinggal ketik saja jarhie.com.

Tipe-tipe Domain

Ada beberapa tipe domain yang bisa Anda manfaatkan, Anda juga bisa pilih sesuai kebutuhan. Jumlahnya pun tidak sedikit, ada belasan lebih eksteni yang bisa Anda pilih.

Tapi kita akan bahas domain-domain yang termasuk pada Top Level Domain saja, atau sering disingkat menjadi TLD.

Domain .COM

Domain .com nampaknya domain yang paling sering kita temui, karena domain itu diperuntukan untuk umum dan komersial.

Domain ini banyak digunakan oleh blogger, toko online dan perusahaan.

Domain .NET

Hampir mirip-mirip dengan .com, .net juga merupakan domain yang lumayan terkenal, biasa digunakan oleh blogger dan beberapa perusahaan juga.

Domain .ORG

Domain .org biasanya dipakai oleh website organisasi atau hal-hal yang berbau kemanusiaan.

Tips Memilih Domain

Sebelum Anda memilih sebuah domain, ada beberapa hal yang mungkin bisa Anda pertimbangkan. Mengingat domain ini nantinya akan menjadi pintu gerbang untuk blog atau website Anda.

Berikut beberapa tips memilih nama domain untuk blog dan website Anda.

1. Domain mudah diketik

Carilah nama domain yang mudah diketik di browser, desktop maupun mobile, karena ini akan sangat membantu pertumbuhan website Anda. Semakin mudah diketik, semakin mudah pula orang jika hendak berkunjungi ke website Anda. Hidari ejaan-ejaan yang mempunyai kemiripan dengan kata lain.

2. Domain mudah diingat

Pastikan domain Anda mudah diingat, makin pendek biasanya makin mudah untuk diingat, sehingga hanya sekali berkunjung saja, visitor akan mengingat nama website Anda dalam benaknya.

3. Domain yang sesuai dengan target keyword

Begini… Jika Anda ingin membangun sebuah blog atau website dengan niche tertentu, misal kesehatan, olahraga, berita, otomotif dan lainnya, Anda bisa gunakan domain yang sesuai target keyword Anda.

Contoh :

beritaupdate.com (niche news)
allaboutsport.com (niche olahraga)

Jadi, sesuaikan nama domain dengan target keyword yang ingin Anda sasar.

4. Domain berdasarkan area

Anda juga bisa menggunakan nama domain dengan menambahkan area, jika memang website Anda khusus menyasar area tersebut, biasanya ini dilakukan oleh website-website berita, seperti infobandung.com dan semacamnya.

5. Cek domain di media sosial

Saat Anda memilih sebuah nama domain, tentu Anda berharap domain ini bisa langgeng di dunia maya (jangka panjang), saran saya, ketika Anda sudah memilih nama domain tertentu, segera cek di media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter kalau perlu. apakah nama yang Anda pakai sudah dipakai orang lain di media sosial.

Kalau ternyata sudah ada, saya sarankan untuk mengganti lagi nama domainnya, karena ini untuk jangka panjang.

6. Hindari angka pada domain

Sebisa mungkin hindari penggunaan angka pada domain yang Anda pilih, karena domain yang mengandung angka sangat jarang ditemukan kecuali brand-brand besar seperti mobil123.com.

Cara Membeli Domain

Setelah Anda memilih nama domain yang menurut Anda sudah pas, langkah selanjutnya adalah membeli/menyewanya di penyedia jasa domain.

Ada banyak tempat membeli domain, saya pernah membeli domain di berbagai provide dengan harga yang variatif.

Tapi saya akan coba membahas salah satunya, yaitu Niagahoster. Artikel ini sama sekali tidak disponsori oleh Niagahoster, saya hanya ingin berbagi kepada Anda, paling tidak inilah yang pernah saya lakukan.

Kalau Anda memilih Niagahoster, Anda bisa mendapatkan domain ini gratis ketika Anda order hosting disana.

Kalau di provide lain, biasanya dijual terpisah, hosting dengan harga sendiri, domain dengan harga sendiri, jadi ketika Anda ingin memiliki hosting dan domain, Anda harus membayar 2 item.

Tapi, kalau di Niagahoster Anda beli hosting saja dan diberi bonus berupa domain yang bebas Anda pilih.

Begini caranya…

  1. Buka website Niagahoster

Saya sarankan agar Anda membuat akun terlebih dahulu di Niagahoster, tombol registrasinya ada di pojok kanan atas, klik LOGIN, nanti tinggal klik DAFTAR.

2, Setelah daftar, selanjutnya adalah klik menu Beli Domain Murah, atau KLIK DISINI

3. Lalu ketikkan nama domain yang Anda inginkan di kolom cek domain, tentukan ekstensinya, mau .com, .net atau apa, kemudian klik Cek Domain

4. Pastikan domain yang Anda inginkan bertuliskan TERSEDIA, kalau ternyata tidak tersedia, Anda harus cari nama domain yang lain. Lalu klik Tambah ke cart.

cara membeli domain untuk blog dan website di niagahoster

5. Kemudian akan muncil DETAIL ORDER, Anda harus membayar harga domain + PPN 10%. Selanjutnya scroll ke bawah dan klik SELANJUTNYA

cara membeli domain untuk blog dan website - detail order

6. Kemudian Anda akan ditawari untuk order hostingnya sekalian, tapi kalau Anda hanya ingin membeli domainnya saja, tidak usah dihiraukan, tinggal scroll ke bawah dan klik ORDER TANPA HOSTING.

Tapi jika Anda juga ingin order beserta hostingnya, silahkan pilih paket yang Anda butuhkan.

cara membeli domain untuk blog dan website - hosting niagahoster

7. Selanjutnya akan muncul pop up menawarkan layanan Weebly Website Builder, Anda tidak usah hiraukan, klik SELANJUTNYA saja

cara membeli domain untuk blog dan website - weebly website builder

8. Kemudian Anda akan mendapatkan ringkasan order, langsung scroll ke bawah dan klik SELANJUTNYA.

9. Selanjutnya pilih metode pembayaran yang mudah bagi Anda, bisa pilih bank transfer. Kemudian klik CHECKOUT

10. Kemudian invoice akan dikirimkan ke email Anda, segera lunasi dan lakukan konfirmasi pembayaran. Setelah itu domain Anda akan aktif.

Terima kasih telah membaca sampai akhir, saya berharap artikel cara membeli domain untuk blog ini ini bisa membantu Anda yang ingin mempunyai sebuah blog dan website dan untuk Anda yang ingin memiliki domain sendiri.

348 total views, 2 views today

Perkenalkan saya Jarhie. Seorang blogger dan digital marketer. Email : contact@jarhie.com

No Comments

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.