Cara Cepat Menghafal Al Quran (dari Wirda Mansur)

Inilah Cara Cepat Menghafal Al Quran ala Wirda Mansur

Sebelum anda membaca lebih jauh artikel ini, izinkan saya menjelaskan kenapa saya berani-beraninya membuat artikel cara cepat menghafal Al Quran semacam ini.

Mungkin anda bertanya, “siapa elu berani-berani bikin artikel kaya gini?, emang udah hafal berapa juz?”, hal itu wajar dan saya terima, karena niat saya hanya ingin berbagi, jika anda sudah merasa mampu dan mempunyai metode yang paling baik untuk menghafal Al Quran, Alhamdulillah, berarti tulisan ini bukan untuk anda, melainkan untuk mereka yang mau belajar sama-sama seperti saya.

Tulisan ini berisi cara menghafal Al Quran yang efektif, setidaknya yang saya ketahui dan berdasarkan pengalaman pribadi.

Mari kita lanjutkan…

Anda mungkin tak asing lagi dengan nama Wirda Mansur. Ya, dari namanya sudah terlihat bahwa dia adalah seorang putri dari salah satu ustadz kenamaan di negeri ini, yaitu Ust. Yusuf Mansur.

Sekitar dua tahun lalu, Wirda sempat menjadi perbincangan karena putri ustadz kondang ini mempunyai paras yang cantik dan segudang prestasi yang membanggakan.

Sebut saja menjadi duta Al Quran di luar negeri, dan menjadi pengajar Al Quran di Amerika Serikat, padahal usianya baru belasan tahun.

Ditambah lagi, dia aktif di media sosial, sehingga tak heran jika banyak remaja seusianya menjadikan dia idola dan panutan.

Tapi kita tidak akan membahas sosok Wirda disini, melainkan bagaimana cara dia dalam menghafal Al Quran, tentu kita penasaran, kok bisa di usia yang masih remaja, bisa hafal sampai 30 juz Al Quran, bagaimana langkah-langkahnya, nah kita akan bahas sebentar lagi.

Cara Cepat Menghafal Al Quran dan Tidak Mudah Lupa

1. Mengulang 20-60 kali

Terdengar klasik, tapi mujarab sampai sekarang.

Kalau ditanya, “kenapa harus ngulang?”, jawabannya adalah, karena dengan mengulang-ngulang ayat yang ingin kita hafal, kita akan semakin mudah mengingat ayat tersebut.

Semakin banyak mengulang semakin bagus tentunya. Kemampuan setiap orang berbeda-beda, ada yang hanya membutuhkan 20 kali pengulangan ia sudah hafal, ada juga yang membutuhkan lebih dari 60 kali atau bahkan lebih, baru ia bisa hafal ayat tersebut.

Yang harus anda persiapkan adalah Al Quran

Al Quran, tentu kita membutuhkan sebuah Al Quran untuk menjadi pegangan kita dalam proses menghafal. Banyak sekali varian dan jenis Al Quran yang kini bisa anda dapatkan.

Namun, ada satu Al Quran yang menurut saya paling relevan dan BISA MEMBANTU ANDA ketika proses menghafal, terutama untuk metode pengulangan ini, namanya adalah Al Quran Tikrar. Bagi saya Al Quran ini unik karena di dalamnya terdapat kolom-kolom yang bisa anda isi.

cara cepat menghafal al quran yang efektif

Kolom-kolom seperti apa yang dimaksud? Saya beri contoh.

Misal, anda sedang berusaha menghafal sebuah ayat, anggap saja QS. Ali Imran ayat 1. berdasarkan cara yang dianjurkan oleh Wirda di artikel ini, anda diharuskan mengulang ayat tersebut sebanyak 20 sampai 60 kali, iya kan?

Nah, Al Quran Tikrar ini menyediakan kolom untuk mencatat jumlah pengulangan sebuah ayat yang sedang anda hafal.

Ada 8 kotak, satu kotaknya bisa Anda isi dengan 5 garis seperti pemungutan suara, atau dengan tanda bintang. Jika semua kotak ini penuh, 1 kotak isinya 5 garis (5 kali pengulangan), berarti jika 8 kotak terisi full, anda sudah mengulang ayat tersebut sebanyak 40 kali, 8 kotak dikali 5, 8 x 5 = 40.

Al Quran ini memudahkan anda dalam proses mengingat jumlah pengulangan. Saya sudah merasakannya sendiri dan alhamdulillah efektif dan memudahkan. Saya tidak perlu lagi mengingat-ingat “ayat ini sudah saya ulang berapa kali ya?” karena ada catatannya di Al Quran Tikrar.

Waktu itu saya beli disini >>> Al Quran Hafalan Tikrar (Langsung connect ke WhatsApp). Semoga anda juga bisa TERMUDAHKAN.

Oke, selama proses pengulangan, usahakan jangan menutup Al Quran, dengan alasan apapun, karena dengan mengulang sambil melihat ayatnya, secara otomatis ayat tersebut akan terekam baik dalam otak kita. Dengan harapan, saat anda menutup mata, ayat itu bisa tergambar dalam pikiran anda.

Mari kita lanjut ke cara berikutnya.

2. Cara Mudah Menghafal Al Quran Menggunakan Audio

Setelah kita menghafal dengan cara mengulang-ulang sebuah ayat, langkah selanjutnya adalah dibantu menggunakan audio, ini juga bisa dijadikan sebagai cara menghafal Al Quran untuk anak bahkan orang dewasa.

Cara Cepat Menghafal Al Quran

Sebelum itu kita harus bersyukur karena Allah SWT telah memberikan kita telinga sehingga kita bisa mendengar dengan baik, dan ternyata telinga juga mempunyai kemampuan yang luar biasa apalagi jika digunakan untuk mendengarkan ayat suci Al Quran, tidak mustahil lama-lama saya dan anda bisa dengan mudah mengingatnya.

Secara tidak sadar, anda bisa menghafal sebuah lagu tanpa harus membaca teksnya dulu, iya kan? Hal itu disebabkan karena telinga kita memang sensitif.

Tanpa membaca teks terlebih dahulu, sebuah lagu anda bisa hafal, kenapa? karena anda SERING MENDENGARKANNYA. Katika ada waktu santai di rumah, sela-sela kerja, atau saat keadaan hati sedang tidak menentu, biasanya anda mendengarkan lagu kesukaan anda.

Hal itu juga yang harus kita biasakan dalam proses menghafal Al Quran.

Sebagai contoh, anda sedang menghafalkan QS. An-Naba, maka cari audio surat tersebut lalu masukkan ke playlist hape anda, saat ada kesempatan coba dengarkan sampai berulang-ulang, lakukan hal ini selama beberapa hari, kira-kira apa yang terjadi? Insya Allah anda akan hafal beberapa ayat yang sering anda dengar tadi DENGAN OTOMATIS.

Untuk menambah semangat dalam menghafal, anda bisa cari syekh-syekh yang mempunyai suara dan bacaan yang cocok dengan anda.

Karena setiap syekh punya ciri khas masing-masing, coba anda dengarkan satu persatu, lalu pilih bacaan syekh yang bisa anda ikuti. Ada beberapa syekh yang mungkin bisa anda jadikan referensi :

  1. Syekh Sa’ad Al Ghomidi
  2. Syekh Misyari Rasyid
  3. Syekh As-Sudais
  4. Syekh Asy Syuraim
  5. Syekh Aburrahman Bin Jamal

Ingat Muzammil Hasballah? Nah beliau sedikit banyaknya mengikuti bacaan Syekh Abdurrahman bin Jamal Al-Ausi.

Baca juga : Muzammil Hasballah Terkenal Karena Al Quran

Hal yang tidak boleh dilewatkan

Seorang guru mengatakan, menghafal Al Quran itu bukan untuk kebanggan diri dihadapan manusia (sombong) tapi saat kita hendak menghafal Al Quran, pastikan kita mempunyai 3 pondasi ini terlebih dahulu.

Niat yang lurus

Niatnya harus betul semata-mata karena Allah SWT, tidak karena manusia, tidak karena ingin dipuji dan disanjung. Karena segala sesuatu tergantung pada niatnya.

Doa yang tulus

Dalam proses menghafal, berdoalah kepada Allah agar selalu diberikan kekuatan, keistiqomahan dan semangat dalam menghafal ayat-ayat-Nya.

Usaha yang serius

Usaha yang serius, jauhi hal-hal yang sekiranya membuat konsentrasi dan fokus kita terganggu dalam proses menghafal Al Quran

Semoga tips sederhana tentang Cara Cepat Menghafal Al Quran ini bermanfaat, jika berkenan, silakan SHARE tulisan ini supaya lebih banyak orang lagi yang sedikit mendapat pencerahan.

945 total views, 0 views today

Hosting Unlimited Indonesia

1 Comment

Leave a Comment