Cara Agar Postingan Instagram Masuk Explore (Update 2022)

Sejak masuknya media sosial di tengah-tengah kita, seperti Facebook, Instagram, Twitter hingga TikTok, banyak pelaku bisnis yang mulai mengubah strategi bisnisnya supaya tetap relevan dan bisa menjangkau market secara maksimal.

Masalahnya, banyak yang masih kebingungan bagaimana cara mengoptimasi masing-masing platform tersebut, sehingga hasil yang didapat kurang begitu memuaskan.

Apakah Anda mengalami hal yang sama?

Kalau iya, sebentar lagi Anda akan belajar bagaimana cara mengoptimalkan salah satu media sosial paling populer yaitu Instagram.

Di panduan ini, kita akan fokus membahas tentang halaman explore atau yang biasa disebut Instagram Explore.

Apa itu Instagram explore, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana cara agar postingan Instagram masuk explore.

Mari kita mulai.

Apa itu Halaman Instagram Explore?

Instagram Explore adalah tempat dimana Instagram memberikan rekomendasi konten yang mungkin Anda sukai.

Setiap user akan mempunyai konten yang berbeda di halaman explore-nya, hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan kita saat ‘main’ Instagram.

Konten yang kita sukai, orang yang kita follow, dan faktor lainnya akan mempengaruhi tampilan halaman explore di akun kita masing-masing.

contoh halaman instagram explore
Contoh tampilan halaman Instagram Explore

Gambar di atas adalah tampilan Instagram Explore di akun saya, Instagram banyak merekomendasikan konten yang berkaitan dengan film, karena memang saya suka film dan follow akun-akun yang membahas tentang film.

Maka dari itu, Instagram memberikan konten serupa yang mungkin saya sukai juga.

Kalau Anda suka olahraga, follow akun-akun yang membahas tentang olahraga kemudian sering like di akun pemain/atletnya, kemungkinan Instagram akan menampilkan konten serupa di halaman Instagram explore Anda.

Kurang lebih begitu logika sederhananya.

Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa jika konten kita sering muncul di halaman explore, maka konten tersebut bisa menjangkau lebih banyak orang yang kemungkinan besar suka dengan konten kita.

Keuntungan Bisa Masuk ke Instagram Explore

Jika postingan Anda berhasil masuk ke Instagram Explore, keuntungan yang pasti Anda dapatkan adalah lebih banyak orang yang akan melihat konten Anda.

Selain itu, ada benefit lain yang akan Anda dapatkan saat konten Anda berhasil nangkring di halaman explore:

1. Meningkatkan engagement

Rumusnya, semakin banyak orang yang melihat postingan Anda, tentu makin besar pula peluang Anda mendapatkan like, comment dan share dari orang lain.

Tapi semuanya kembali pada kualitas konten sajikan, jadi usahakan selalu hadirkan konten-konten yang sekiranya akan bermanfaat untuk audiens Anda.

2. Bertambahnya followers

Semakin banyak orang yang melihat konten Anda, maka sekian persen dari mereka pasti mampir ke profile Anda, dan jika mereka terarik, mereka pasti follow.

Anggap saja ada 1000 orang yang melihat konten Anda di Instagram Explore, kemudian 10% nya mampir ke profile Anda, diantara mereka pasti ada yang pencet tombol follow.

3. Lebih banyak konversi

Saat konten Anda masuk ke Instagram Explore, maka banyak orang yang akan melihat konten Anda, kemudian mereka mampir ke profile Anda, kalau tertarik mereka akan follow, setelah follow, jika Anda jualan dan punya call-to-action yang jelas, maka mereka akan beli.

Selanjutnya, kita akan bahas bagaimana caranya agar postinga kita masuk Instagram Explore.

4 Sinyal Agar Postingan Bisa Masuk Instagram Explore

Melansir dari Search Engine Journal, setidaknya ada 4 sinyal yang bisa kita optimalkan agar konten kita bisa masuk Instagram explore.

1. Informasi postingan konten

Saat Anda membuat sebuah konten, pastikan konten tersebut mempunyai info yang rinci, sehingga memudahkan Instagram untuk mengidentifikasi konten yang Anda posting.

Yang bisa Anda lakukan adalah menambahkan hashtag yang relevan, caption yang jelas dan yang paling penting adalah isi kontennya itu sendiri.

2. Kebiasaan pengguna Instagram

Poin kedua ini merupakan hal tersulit dalam proses optimasi konten di Instagram.

Karena kita tidak bisa mengendalikan mereka untuk like atau follow ke akun-akun tertentu.

Untuk menyiasati hal itu, Anda bisa mulai dengan mengidentifikasi siapa target market Anda, kemudian Anda juga harus cek kira-kira akun apa yang mereka follow.

Tujuannya agar Anda bisa membuat konten yang hampir mirip dengan akun yang mereka follow, sehingga postingan Anda bisa direkomendasikan oleh Instagram melalui Instagram Explore.

3. Interaksi antara kita dan audiens

Salah satu konten yang sering muncul di halaman Instagram explore kita adalah konten yang sebelumnya kita pernah berinteraksi.

Misal, jika Anda pernah like di postingan saya, maka kemungkina besar Anda akan menemukan konten saya juga di Instagram Explore.

Itu artinya, jika Anda ingin konten Anda tampil di halaman explore orang lain, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berinteraksi dengan orang tersebut, entah itu like, comment dan sebagainya.

Ketika orang tersebut membalas interaksi Anda, seperti membalas like atau menulis komentar, maka kemungkinan besar postingan Anda berikutnya akan muncul di Instagram Explore mereka.

4. Relevansi niche dan konten

Instagram akan lebih mudah merekomendasikan akun dengan niche yang jelas.

Seperti akun saya @jarhie, saya buat dengan niche digital marketing khususnya membahas tentang copywriting.

Sehingga algoritma Instagram tidak bingung saat mampir ke profile saya, karena mereka dengan mudah mengidentifikasi niche yang saya gunakan, dan akan merekomendasikan ke orang-orang yang suka dengan niche tersebut.

Kalau niche Anda otomotif, tapi tiba-tiba Anda posting konten olahraga, maka algoritma Instagram akan bingung, sebetulnya niche Anda otomotif atau olahraga.

Karena bingung, mereka tidak akan merekomendasikan Anda di halaman explore.

Sehingga pemilihan niche haruslah dipikirkan dengan baik.

Itulah 4 cara agar postingan Instagram masuk explore, sehingga jangakauan lebih luas dan pertumbuhan followersnya pun bisa signifikan.

Default image
Fajar Hidayat
Fajar Hidayat adalah seorang Blogger sekaligus Internet Marketer yang sudah berpengalaman lebih dari 7 tahun dan pendiri dari Sekolah Blogger

Leave a Reply

6 − three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.