Belajar Desain Otodidak? Begini Caranya

Cara Belajar Desain Otodidak

belajar desain otodidak

Kini banyak orang yang ingin belajar desain otodidak, karena desain sangat diperlukan dalam setiap kesempatan. Desain adalah rancangan atau garis besar akan suatu hal, sebuah sketsa atau gagasan sebelum membuat sesuatu. Contohnya dalam pembangunan sebuah gedung tentu ada rancangan awal berupa sktesa gambar yang dibuat oleh arsitek. Begitu juga dalam pembuatan sebuah media promosi atau iklan, selalu ada sketsa dan story board sebelum media promosi itu di produksi.

Hal tersebut berguna untuk meminimalisir kesalahan saat produksi, pada sktesa kita bisa melakukan koreksi jika terjadi kesalahan. Pada tulisan ini, saya ingin berbagi kepada teman-teman bagaimana caranya belajar desain otodidak, tanpa harus sekolah. Sebetulnya untuk menguasai sebuah software desain tentu memerlukan waktu dan ketekunan, semuanya tidak ada yang instan. Saya ingin berbagi langkah-langkah awal yang bisa dilakukan sekalipun tidak memiliki basic ilmu desain.

Niat teguh ingin belajar desain

Pernah dengar hadits yang berbunyi “segala sesuatu itu tergantung pada niat”? Ya, hal itu berlaku juga jika kita ingin belajar desain, kita harus mempunyai niat yang sungguh-sungguh dalam menjalankannya, karena kalau niatnya tidak bulat, hasil yang dihasilkan pun tidak akan maksimal.

Mulai dari software yang mudah

Mulailah dengan memilih software desain yang mudah, software yang mudah untuk desain, saya sarankan mulai dari CorelDraw dan Photoshop terlebih dahulu. Software ini adalah software yang digunakan untuk pemula yang ingin belajar desain hingga profesional yang sudah mahir. CorelDRAW biasa digunakan untuk merancang sebuah visual 2 dimensi, seperti poster, katalog, pamphlet, brosur, dan spanduk. Lain halnya dengan Photoshop, software ini sangat efektif digunakan untuk mengedit foto, walaupun sebenarnya bisa juga digunakan untuk membuat media promosi seperti poster dan lainnya.

Photoshop mempunyai beberapa kelebihan dibanding CorelDraw, di Photoshop kita bisa membuat visual 2 dimensi, mengedit foto, memperbaiki warna foto, sedangkan CorelDRAW tidak bisa melakuan hal seperti itu, para desainer biasanya menggabungkan kemampuan 2 software tersebut dalam mengeksekusi sebuah desain, hasilnya akan lebih maksimal.

Setiap software desain mempunyai kemampuan berbeda sesuai kebutuhannya masing-masing. Software itu antara lain :

  • CorelDRAW dan Adobe Ilustrator : Membuat gambar-gambar vector / 2 dimensi.
  • Adobe Photoshop : Edit foto
  • Adobe InDesign : Layout buku, majalah dan sejenisnya
  • Adobe Premiere : Edit video

Saya pernah dengar dari salah seorang teman di Jakarta, software CorelDRAW sudah tidak dipergunakan lagi di instansi-instansi di Jakarta, semuanya sudah menggunakan produk Adobe. Tapi di Bandung masih banyak digunakan. Masih banyak software desain yang tidak saya sebutkan, semuanya mempunyai kemampuan masing-masing. Apapun software desainnya, jika kita menggunakannya secara maksimal, tentu hasilnya tidak akan mengecewakan.

Cari tutorial di YouTube

Sekarang kita bisa mencari apapun di internet termasuk tutorial desain di Youtube, saya sempat beberapa kali meng-upload tutorial desain di YouTube dan menurut saya di YouTube sudah cukup lengkap, semua tutorial ada, tinggal kita memilah mana yang mudah diikuti. Jika ingin melihat tutorial yang sudah saya buat, bisa klik link berikut :

  • Tutorial CorelDRAW – Belajar desain mudah membuat stempel
  • Tutorial Photoshop – Belajar desain pas foto

Mulai membuat objek yang mudah

Mulailah membuat project yang mudah terlebih dahulu, jangan terburu-buru ingin membuat suatu yang sulit, karena jika kita memulai dengan objek-objek yang mudah, kita akan belajar desain otodidak secara bertahap dari dasarnya, segala sesuatu harus kuat dari dasarnya, seperti sebuah bangunan harus mempunyai pondasi yang kuat, begitupun dalam belajar desain, kita harus menguasai dasar-dasar desainnya terlebih dahulu, sehingga tidak kerepotan jika nanti mengerjakan desain yang sulit.

Bergabung dengan komunitas

Gabunglah ke komunitas-komunitas desain, jika sulit menemukannya secara offline, maka carilah di facebook, banyak sekali grup desain, kita bisa belajar dari sesama anggota komunitas, biasanya mereka akan memberikan saran yang bermanfaat bagi kita. Tanyakan saja apa yang ingin kita ketahui.

Bertanya kepada ahli

Jika mempunyai teman yang mengerti tentang ilmu desian, jangan ragu-ragu untuk bertanya pada dia, karena belajar desain di YouTube akan berbeda rasanya jika kita melihat teman mendemokan langsung di hadapan kita, di YouTube kita tidak bisa bertanya langsung jika ada seuatu hal yang kurang kita mengerti, kalau orangnya ada di depan kita, kita bebas menanyakan apapun.

Sabar dan tetap semangat

belajar desain otodidak

Tetap sabar dan semangat itu kunci berhasilnya belajar desian otodidak, buatlah target harian atau mingguan, misalkan minggu pertama kita harus bisa membuat A, minggu kedua membuat B, terus saja lakukan hal seperti itu, kalau bahasa agamanya itu istiqomah. Lambat laun kita akan semakin menguasai teknik dan ilmu-ilmu desain yang sedang kita pelajari.

Baca juga : Download Quotes Gratis

JIKA BERMANFAAT, SILAKAN SHARE TULISAN INI YA (KLIK ICON)

5 Comments

  • ahmad 06/01/2016 at 16:33

    hmm gitu ya..

    Reply
    • Jarhie 06/01/2016 at 23:11

      Iya gitu, tapi ini bukan buat kang ahmad, ini mah buat yang masih belajar. wkwkw kang ahmad mah udah jago haha

      Reply
  • prima plastik 27/12/2016 at 08:45

    bagus sekali tutorial nya slm knl. Prima plastik spesialist map raport , map ijazah , map sertifikat dan cover agenda. Info : http://primaplastik.com/map-raport-map-ijazah/ atau di http://www.mapraport.co.id

    Reply
  • febri 09/02/2017 at 04:52

    Kalo untuk Design Fashion bisa tidak ?? saya ingin belajar design fashion buat sampingan. terima kasih

    Reply
    • Jarhie 09/02/2017 at 10:27

      Untuk desain fashion saya belum pernah coba sih Mba, mungkin bisa dicoba juga

      Reply

Leave a Comment