#AyoHijrah ke Perbankan Syariah, Bank Muamalat Indonesia adalah Pilihan Terbaik

Kali Pertama Berkenalan dengan Bank Muamalat

Cerita ini berawal dari kejadian 3 tahun lalu, ketika saya mengunggah foto wisuda saya ke halaman sosial media, kemudian banyak sekali yang mengucapkan selamat atas kelulusan yang telah saya raih, dan salah satu komentarnya datang dari rekan satu komunitas, yaitu Komunitas Blogger.

Setelah menuliskan komentar tersebut, dia berkirim pesan melalui WhatsApp yang berisi informasi kalau kantornya kini tengah membutuhkan desainer grafis, dan menyarankan saya untuk mengirimkan lamaran pekerjaan ke kantornya.

Dia pun menjelaskan bahwa kantornya ini bergerak di bidang percetakan dan penerbitan, namanya PT. Sygma Examedia Arkanleema. Selain mencetak berbagai macam buku, perusahaan ini juga ternyata mencetak Mushaf Al-Qur’an dan buku cerita Nabi untuk anak-anak.

“Alhamdulillah pas nih” dalam hati saya bersyukur, baru saja wisuda, besoknya langsung ada yang menawari pekerjaan.

Tanpa pikir panjang, karena menurut saya ini kesempatan yang langka, Bismillah saya buat lamaran, melampirkan portofolio desain, dan mengirimkannya melalui email yang telah diinformasikan sebelumnya.

Beberapa hari setelah itu handphone saya berdering, kemudian saya angkat dan ternyata dari perusahaan PT. Sygma Examedia Arkanleema, saya diminta untuk datang dan melakukan interview dengan bagian terkait.

Wawancara berjalan beberapa menit, kemudian saya diminta untuk mendesain sebuah poster acara, mungkin sekaligus tes untuk saya, yang nanti akan dinilai dari sisi kreatifitas, dan ketepatan waktu, dan faktor-faktor lain yang perusahaan butuhkan.

Singkat cerita, hari berharga itu pun selesai, Alhamdulillah.

Hari berikutnya saya diminta untuk datang lagi, saat itu saya tidak tahu kenapa saya dipanggil lagi, husnudzon saja mungkin saya diterima di perusahaan tersebut. Hehe ke-PD-an.

Dan Alhamdulillah memang saya diterima di perusahaan tersebut dan bisa mulai kerja esok harinya. Anugerah yang besar bagi saya, karena baru beberapa hari wisuda saya sudah mendapat pekerjaan, dan yang lebih membuat saya bersyukur adalah saya bisa bekerja di tempat dimana Al-Qur’an diproduksi.

Tapi sebelum itu, ketika saya dinyatakan diterima, bagian human resources bertanya

“Punya rekening Muamalat?”

“Belum punya Bu, emangnya kenapa Bu?” Saya tanya balik.

“Kita disini payroll-nya pake Bank Muamalat, jadi nanti harus punya ya. Besok pas masuk kerja, izin aja bentar buat buka rekening, Insya Allah dikasih izin” Jelasnya.

“Siap Insya Allah. Oh iya Bu, kalau disini Bank Muamalat paling deket dimana ya Bu?” Saya bertanya lagi.

“Kalo dari kantor sih paling deket yang di Jl. Ahmad Yani, tapi rumah kamu kan daerah Turangga ya? Kalo dari Turangga mah lebih baik ke yang di Jl. Buah Batu Jar, coba aja ke yang Buah Batu” Lanjutnya.

Setelah obroalan selesai, saya bergegas pulang, untuk mempersiapkan diri karena besok adalah hari pertama kerja bagi saya.

Di tengah perjalanan saya berpikir “Kenapa harus bank Muamalat ya” maklum, saat itu saya belum familiar dengan Bank Muamalat.

Sesampainya di rumah, saya browsing mencari tahu apa itu Bank Muamalat dan apa saja produk yang dikeluarkannya, karena saya masih penasaran kenapa kantor meminta saya membuka rekening di Bank Muamalat.

Dari sekain pencarian, akhirnya saya mendapatkan kesimpulan bahwa Bank Muamalat Indonesia adalah bank syariah pertama di Indonesia, yang semua produknya Insya Allah sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariat Islam.

Dan sekarang saya tahu kenapa kantor mengharuskan saya memiliki rekening di Bank Muamalat, karena kantor saya saat ini menjunjung tinggi syariat Islam, seperti yang sudah saya jelaskan di awal, perusahaan yang saya tempati adalah perusahaan yang memproduksi Mushaf Al-Qur’an, jadi segala jenis transaksi di dalamnya juga harus sesuai dengan hukum-hukum syariah.

Untuk menyempurnakan ikhatiar tersebut, dari sisi perbankan pun diusahakan memakai sistem perbankan syariah dan Bank Muamalat lah yang paling tepat mengambil peran ini.

Kenapa Harus Bank Muamalat?

Inilah alasan kenapa kita harus hijrah ke Bank Muamalat Indonesia, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda

  • Bank Muamalat adalah bank pertama murni syariah di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1992.
  • Bank Muamalat tidak menginduk dari bank lain, sehingga terjaga kemurnian syariah nya.
  • Pengelolaan dana di Bank Muamalat didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.
  • Bank Muamalat memilki produk dan layanan keuangan lengkap yang ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti Mobile Banking, Internet Banking Muamalat dan jaringan ATM dan Kantor Cabang hingga ke luar negeri.

Hari Pertama Kerja

Inilah hari yang saya tunggu-tunggu, hari pertama saya masuk kerja.

Sebelum ke kantor, sesuai arahan dari bagian human resources, saya mampir ke Bank Muamalat Cabang Buah Batu yang beralamat di Jl. Buah Batu No.276 A, yang jaraknya tidak jauh dari rumah saya.

Hanya butuh waktu 5 menit menggunakan sepeda motor.

Dengan dominasi warna ungu, bangunan Bank Muamalat tampak megah.

Saya parkirkan kendaraan di samping gedung sesuai arahan bagian keamanan disana. Setelah itu saya masuk dan pintu dibukakan oleh security seraya mengucapkan “Assalamu’alaikum Pak, ada yang bisa kami bantu” dengan wajah penuh senyum.

“Waalaikumsalam Pak, saya mau buka rekening bisa?” Jawab saya.

“Bisa Pak, ini nomor antriannya, silahkan tunggu sebentar ya Pak” Lanjut Bapak security.

Menunggu beberapa saat, giliran nomor antrean saya dipanggil.

Saat itu customer service-nya wanita tapi saya lupa namanya, yang jelas pelayanannya bagus, nada bicaranya enak, dan ramah, saya sebagai nasabah juga nyaman ketika dijelaskan tentang ini itunya.

Tidak hanya membuka rekening, saya juga ditawari untuk mengaktifkan fitur mobile banking-nya juga, sehingga kalau ada apa-apa tidak perlu ke ATM, semua bisa diakses melalui handphone.

Saya benar-benar nyaman karena semua dipandu oleh customer service dengan baik. Sampai prosesnya selesai.

Buku tabungan dan aplikasi mobile banking dari Bank Muamalat Indonesia milik saya

Dan Alhamdulillah mulai hari itu saya resmi menjadi nasabah Bank Muamalat Indonesia, dan mulai hari itu saya bangga karena bisa ikut membesarkan bank syariah.

Momen Hijrahku

Bekerja di tempat yang memproduksi Al-Qur’an ternyata banyak mempengaruhi kehidupan saya, dengan suasana dan budaya perusahaan yang Islami, lambat laun saya pun belajar dan lebih mendalami tentang syariat-syariat Islam, termasuk sistem keuangan syariah.

Setelah mempunyai rekening di Bank Muamalat, saya jadi sering ngulik, sering mencari tahu, apa dan bagaimana sebetulnya sistem keuangan yang sesuai dengan syariah.

Perlahan saya pun hijrah, hijrah dari perbankan konvensional ke sistem perbankan syariah.

Kenapa saya ingin sekali hijrah?

Pertama, karena membesarkan bank syariah merupakan jihad. Kenapa bisa disebut jihad, karena kita bersusah payah dan berusaha semampu kita untuk menegakkan syariah agama ini, dibalik semua kekurangannya, kita sebagai umat Islam punya kewajiban untuk sama-sama membersarkan bank syariah.

Hal ini saya dapatkan dari ceramah Buya Yahya, Pimpinan Pesantren Al-Bahjah Cirebon yang saya lihat melalui kanal berbagi video.

Setelah mendengar pemaparannya, saya jadi lebih semangat untuk berkontribusi dalam mendukung dan membesarkan bank syariah sesuai kemampuan saya.

Kedua, saya hijrah ke bank syariah karena saya khawatir selama ini ada harta riba yang saya makan. Saya khawatir ada akad-akad yang salah yang bisa berdampak pada kehidupan saya nantinya.

Ketiga, karena bank syariah memiliki dewan pengawas syariah. Insya Allah bank syariah kita terus berbenah diri, dengan hadirnya para pakar ekonomi syariah yang duduk di dewan pengawas bank syariah, kita tidak perlu khawatir, karena mereka bertugas memastikan bahwa semua akad dan transaksi yang berjalan sudah sesuai dengan syariah islam.

Sehingga kita pun sebagai nasabah tidak perlu khawatir tentang produk-produk yang di keluarkan bank syariah.

Keempat, karena ingin mendapat berkah. Dengan menyimpan uang di bank syariah, saya berharap bisa mendapatkan berkah, karena saya yakin semua transaksinya sesuai syariah.

Lalu bagaimana cara kita mendukung bank syariah? Berikut caranya

8 Cara Mudah Mendukung Bank Syariah ala Jarhie

bank muamalat indonesia infografis bank muamalat ayo hijrah bank muamalat indonesia
Infografis : Jarhie.com

1. Menabung di Bank Syariah

Hal paling mudah dan paling utama adalah menyimpan uang kita di bank syariah. Hal ini akan membuat bank syariah semakin besar, semakin bertumbuh, dan kalau sudah besar, semua instrumen yang kita butuhkan dalam keuangan syariah Insya Allah bisa dihadirkan oleh bank syariah.

2. Perbanyak Transaksi di Bank Syariah

Selain bekerja di percetakan, saya juga Alhamdulillah punya usaha sampingan yang bergerak di bidang produk kreatif, dan untuk mendukung bank syariah, semua proses transaksi di usaha saya, saya arahkan untuk menggunakan Bank Muamalat, jadi setelah customer memesan salah satu produk, saya langsung sodorkan nomor rekening Muamalat untuk penyelesaian transaksinya.

Screenshoot chat dengan customer dan transaksi diarahkan agar transfer ke rekening Bank Muamalat

Dengan ikhtiar kecil ini semoga transaksi di bank syariah semakin banyak, dan bisa membuat bank syariah kita tumbuh dan berkembang.

3. Isi Pulsa Lewat Bank Syariah

Saat ini pulsa sudah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari kita, karena dengan pulsa ini kita berkomunikasi dengan rekan dan keluarga walaupun terpisah jarak yang jauh.

Jika biasanya kita mengisi pulsa di konter-konter handphone, perlahan #AyoHijrah dengan mengisi pulsa lewat bank syariah, bisa via ATM ataupun lewat mobile banking.

Karena fitur mobile banking Bank Muamalat sudah bisa mengakomodir itu semua, banyak fitur yang bisa kita manfaatkan salah satunya adalah fitur isi pulsa.

Berikut cara mengisi pulsa lewat Muamalat Mobile Banking,

4. Beli Token Listrik dan Bayar Listrik via Bank Syariah

Seperti halnya mengisi pulsa, setiap bulannya pasti kita perlu membayar tagihan listrik atau harus membeli token listrik agar rumah kita tetap menyala dan semua peralatan listrik bisa hidup.

Saya pun sudah sering membeli token listrik dan membayar tagihan listrik via Bank Muamalat.

Token listrik untuk rumah saya yang ada di Bandung, karena saat ini saya tinggal di Bandung, dan pembayaran tagihan listrik untuk rumah ibu saya di kampung terpencil di Subang.

Jadi dua hal ini telah menjadi rutinitas saya setiap bulan, dan semuanya dibantu oleh Mobile Banking Bank Muamalat, Alhamdulillah.

5. Bayar Tagihan TV Kabel

Nah buat Anda yang pakai TV kabel di rumah, mulai sekarang bayar tagihannya bisa via mobile banking Bank Muamalat, caranya juga cukup mudah, cukup masukan ID pelanggan kemudian bayar.

6. Bayar Tagihan Internet

Hampir setiap rumah sekarang sudah memiliki koneksi internetnya sendiri, dan setiap bulan harus membayar tagihan sesuai paket yang diambil, kegiatan ini bisa Anda lakukan lewat mobile banking Bani Muamalat, karena dengan mobile banking Bank Muamalat Anda bisa membayar tagihan internet Telkom.

7. Berzakat Lewat Mobile Banking

Alhamdulillah zaman sekarang menunaikan zakat tidak perlu repot lagi, Anda tinggal ambil smartphone dan membuka aplikasi mobile banking Bank Muamalat dan segera bisa menunaikan zakat.

Menunaikan zakat infaq sedekah lebih baik langsung ke lembaga yang resmi, sehingga kita tidak khawatir zakat yang kita salurkan tidak akan di salah gunakan.

Dan semua itu kita bisa akses melalui mobile banking Bank Muamalat.

8. Topup CGV Pay

Ini khusus Anda yang suka nonton di CGV, saat ini untuk topup CGV bisa dilakukan lewat mobile banking Bank Muamalat.

Topup saldonya, pilih filmnya, pilih kursinya, terus print tiketnya dan nikmati filmnya. Mudah sakali kan.

#AyoHijrah bersama Bank Muamalat Indonesia

Untuk mendorong agar masyarakat berhijrah ke sistem perbankan syariah, Bank Muamalat mempunyai sebuah gerakan yaitu #AyoHijrah sejak 8 Oktober 2018 lalu.

Melalui gerakan #AyoHijrah ini Bank Muamalat Indonesia mencoba memperluas fungsinya, dari yang sebatas penyedia layanan perbankan syariah, kini menjadi agen penggerak semangat umat untuk terus meningkatkan diri kearah ajaran Islam yang lebih baik, sempurna dan menyeluruh (kaffah).

Hijrah identik dengan ibadah, namun dalam gerakan #AyoHijrah ini, Bank Muamalat Indonesia juga mengajak berhijrah dalam hal mengelola keuangan sehari-hari.

#AyoHijrah juga mempunyai tujuan yang mulia, yaitu agar masyarakat bisa meningkatkan kualitas dirinya, untuk semakin kaffah menjalankan syariat Islam. Khususnya dalam hal layanan perbankan syariah.

Dan tujuan lainnya adalah mewujudkan cita-cita Bank Muamalat Indonesia yaitu menyetarakan pertumbuhan nasabah bank syariah agar setara dengan kondisi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim.

Lalu apa bentuk nyata dari gerakan #AyoHijrah?

Bank Muamalat Indonesia mengemas gerakan #AyoHijrah dengan kegiatan-kegiatan yang mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan diri dalam berbagai bidang, khususnya hijrah untuk menggunakan layanan bank syariah untuk hidup yang lebih tentang dan berkah.

Kegiatan-kegiatannya antara lain :

  • Seminar/edukasi tentang perbankan syariat
  • Open booth di pusat kegiatan masyarakat
  • Kajian islami dengan narasumber dari kalangan ulama
  • Pemberdayaan masjid sebagai salah satu agen perbankan syariah

Memaksimalkan ikhtiar #AyoHijrah ini, Bank Muamalat juga mengubah nama-nama produknya demi memberikan layanan yang lebih berkah untuk nasabah dan masyarakat.

Berikut produk yang berubah nama :

Apa yang ingin dicapai Bank Muamalat melalui #AyoHijrah ini?

Bank Muamalat mempunyai cita-cita menjadikan Bank Muamalat sebagai pusat dari ekosistem ekonomi syariah dan turut membangun industri halal di Indonesia dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Anda bisa mendalami semangat #AyoHijrah yang dicetuskan Bank Muamalat melalui media sosial resminya di :

Kesimpulan

Dulu, orang enggan menyimpan uangnya di bank syariah, salah satu alasan terbesarnya adalah tidak lengkapnya layanan dan produk yang di keluarkan oleh bank syariah.

Tapi itu dulu, karena saat ini bank syariah terus berbenah diri terutama Bank Muamalat yang merupakan bank syariah pertama di Indonesia, seakan ingin menjawab tantangan nasabah dan perkembangan zaman, kini fitur-fitur di Bank Muamalat juga sudah bisa mengakomodir keperluan kita sehari-hari.

Jadi sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak menyimpan uang Anda di Bank Muamalat.

Selain aman, layanan dan produknya lengkap, dan pelayanan yang ramah, hal paling penting yang kita dapatkan ketika kita mendukung bank syariah adalah pahala jihad dan turunnya keberkahan dari Allah SWT, karena kita telah berusaha menegakkan nilai-nilai syariat Islam, terutama dalam bidang layanan keuangan.

Saya membuat sebuah video, semoga Anda berkenan melihatnya dan semoga setelah menyaksikan video ini, Anda ikut bersama saya dan rekan-rekan yang lain mendorong Bank Muamalat supaya bertumbuh menjadi besar. Aamiin

Untuk mengakhiri tulisan ini, saya punya tips hijrah yang bisa Anda ikuti, semoga dengan mengikuti tips ini, hijrah kita jadi istiqamah.

1. Mempunyai Niat yang Ikhlas

Yang harus diingat bahwa hijrah yang kita lakukan semata-mata hanya untuk Allah SWT.

Seperti hadits pertama dalam kitab Arbain Nawawi yang membahas masalah niat, bahwa kita akan mendapatkan sesuatu sesuai apa yang kita niatkan.

Niat juga akan mempengaruhi keteguhan kita selama menjalani proses hijrah, kalau benar karena Allah, Insya Allah kita akan bersungguh-sungguh dalam menjalankannya.

2. Terus Mencari Ilmunya

Ketika kita memutuskan untuk hijrah dari sesuatu yang kurang baik, ada baiknya kita terus memperdalam ilmunya.

Sebagai contoh, kalau kita perlahan sudah pindah dari bank konvensional ke bank syariah, maka tugas selanjutnya adalah mencari dan memperdalam ilmu tentang prinsip-prinsip keuangan syariah, apa manfaatnya, dan semua hal yang bisa membuat kita semangat dalam menjalani proses hijrah ini.

3. Mencari Lingkungan yang Tepat

Faktor lingkungan juga sangat mempengaruhi segala sesuatu dalam kehidupan kita, terutama hijrah. Karena berhasil atau tidaknya hijrah kita tergantung pada lingkungan yang kita pilih.

Contoh, saat kita memutuskan untuk hijrah ke perbankan syariah, carilah lingkungan dan teman yang satu frekuensi, mereka yang juga telah menggunakan layanan perbankan syariah, sehingga kalau ada apa-apa kita bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Karena berjamaah itu membuat segalanya menjadi mudah.

4. Berdoa Agar Diberi Keistiqamahan

Hijrah ini bukan pekerjaan mudah, maka dari itu kita selalu butuh pertolongan Allah SWT untuk memudahkan semua urusan kita.

Ini beberapa doa agar kita bisa mendapatkan keistiqamahan, terutama dalam berhijrah.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan kita bisa ikut berpartisipasi dalam gerakan #AyoHijrah bersama Bank Muamalat.

262 total views, 2 views today

Fajar Hidayat adalah seorang blogger yang mempunyai pengalaman sebagai digital marketing strategist dan creative content creator di salah satu penerbit ternama di Indonesia

No Comments

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.