Punya Mobilitas Tinggi? Pakai ASUS VivoBook Ultra A412DA Aja

e-book copywriting

Pesatnya perkembangan teknologi, membuat kehidupan kita dituntut serba cepat, serba efisien dan harus lebih praktis.

Perkembangan teknologi ini berbanding lurus dengan gaya hidup masyarakat yang pelan-pelan mulai bergeser, dari analog ke digital.

Dulu, kalau mau makan kita harus datang langsung ke restoran atau warung makan, tapi sekarang tinggal ambil handphone, buka aplikasi, pesan. Tunggu beberapa saat, kemudian makanan yang kita inginkan sudah ada di depan pintu.

Tidak berhenti sampai disitu, kemajuan teknologi juga telah mengubah cita-cita generasi muda kita.

Saat kita SD dulu, kalau ditanya “mau jadi apa?” Dengan bangga kita akan menyebut profesi dokter atau pilot, tapi itu tidak berlaku untuk generasi sekarang, saat ditanya perihal cita-cita, mereka dengan penuh percaya diri menyebutkan ingin menjadi YouTuber atau content creator.

Untuk mengimbangi semua perkembangan yang terjadi, kita perlu menyiapkan beberapa strategi agar tidak tergilas oleh zaman yang serba cepat ini.

Ada beberapa hal yang nampaknya perlu kita ubah, yaitu mindset atau cara berpikir, lifestyle atau gaya hidup dan skill atau kecakapan yang bisa mengakomodasi semua kebutuhan kita.

Mari kita bahas satu persatu.

Keniscayaan yang harus kita ubah paling duluan adalah mindset atau pola pikir.

Mindset yang perlu dikembangkan di era serba transparan ini adalah mindset keterbukaan dan kolaborasi.

Saat ini, semua orang bisa mengakses segala bentuk informasi, sehingga tidak ada lagi yang bisa ditutup-tutupi, kalau mindset keterbukaan ini tidak dibangun, maka kita akan kehilangan kepercayaan dari masyarakat, terutama bagi kita yang saat ini sedang berada di posisi-posisi penting.

Dan saat ini bukan zamannya lagi mengubah dunia sendirian, ini adalah zaman dimana jika kita ingin mengubah dunia, kita harus berkolaborasi atau bersama-sama.

Hal kedua yang harus kita ubah adalah lifestyle atau gaya hidup.

Gaya hidup yang dulunya analog, pelan-pelan harus berubah ke digital.

Karena kalau tidak berubah, kita harus rela tergilas oleh cepatnya lokomotif perkembangan zaman.

Mau tidak mau, cepat atau lambat, gaya hidup kita seolah ‘dipaksa’ untuk berubah.

Belanja tak perlu lagi ke mall, cukup lewat handphone.

Pesan makanan tak usah datang ke restoran, cukup lewat aplikasi.

Bahkan untuk konsultasi dengan dokter, kita tidak perlu datang ke Rumah Sakit, semuanya bisa dilakukan secara online sambil berbaring di tempat tidur.

Jadi hampir tidak mungkin kita menolak perkembangan zaman ini, jika gaya hidup tidak menyesuaikan, kita akan capek sendiri nantinya.

Dan hal ketiga yang harus kita ubah atau sesuaikan adalah skill atau kecakapan kita dalam melakukan sesuatu.

Terutama untuk hal-hal yang beririsan dengan produktivitas kita sehari-hari.

Maka dari itu upgrading skill sangat diperlukan.

Saat skill kita sudah mumpuni, hal lain yang kita butuhkan adalah peralatan yang canggih, simpel dan mempunyai performa yang mumpuni dan bisa mengikuti perkembangan zaman.

Menjawab tantangan tersebut, ASUS telah menghadirkan laptop yang disebut-sebut merupakan laptop paling ringkas di kelasnya, tentu dengan performa yang tidak main-main, yaitu ASUS VivoBook Ultra A412DA si The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook, Notebook 14 inchi terkecil di dunia.

ASUS Membantu Pekerjaan Saya Sebagai Digital Marketing Strategist

Selain aktif nge-blog, saya mempunyai pekerjaan profesional sebagai Digital Marketing Strategist di salah satu penerbit ternama di Indonesia.

Banyak pekerjaan atau mungkin hampir semua pekerjaan saya sehari-hari bisa termudahkan dengan hadirnya ASUS VivoBook Ultra A412DA ini.

Salah satu pekerjaan utama saya adalah mengembangkan, merencanakan, melaksanakan dan melaporkan semua kegiatan digital marketing.

1. NanoEdge Display

ASUS VivoBook Ultra A412DA ini hadir dengan teknologi NanoEdge Display yang membuat tampilan layar makin terasa luas.

teknologi nanoedge display ASUS VivoBook Ultra A412DA

Dengan teknologi ini pula, ASUS VivoBook Ultra A412DA mempunyai screen-to-body ratio mencapai 87%, itu artinya hampir 87% isinya layar semua, hanya 13% saja yang digunakan untuk bagian bazel.

Kalau dibandingkan pendahulunya yaitu VivoBook A411, yang mempunyai screen-to-body ratio sebesar 77%, jelas VivoBook keluaran terbaru ini mempunyai bazel yang lebih tipis di keempat sisinya.

Berkat teknologi NanoEdge Display ini pula, laptop 14 inchi ini terasa seperti laptop 13 inchi, karena dengan bazel yang tipis, ukuran laptop secara keseluruhan pun ikut mengecil.

Bagi seorang blogger seperti saya, ini sangat menguntungkan. Kenapa? Karena dengan hadirnya laptop ber-bazel tipis, akan lebih nyaman ketika melihat layar yang hampir tanpa bazel ini.

Dengan bazel yang semakin tipis, ukuran laptop ini pun ikut menjadi ramping, itu sebabnya laptop ini bisa menjadi teman terbaik saat harus saya bawa bepergian, entah itu menghadiri liputan, atau job blogger lainnya.

Dan sebagai digital marketing strategist, salah satu pekerjaan saya adalah membuat konten untuk media sosial dengan membuat desain yang menarik yang nantinya akan diunggah ke akun yang saya miliki.

Dengan hadirnya NanoEdge Display, mendesain jadi lebih nyaman karena layarnya yang lega.

Satu lagi, walaupun bazelnya tipis, tapi laptop ini masih memiliki webcam lho. Keren kan.

2. Desain Menawan

Sepertinya kita semua sudah bosan dengan warna laptop yang itu-itu saja, kalau tidak hitam ya putih.

Mengusung konsep colorful, ASUS VivoBook Ultra A412DA ini memang didesain untuk mereka yang mempunyai semangat dan jiwa muda, terlihat dari warna-warna yang digunakan pada laptop ini.

warna laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA

Laptop ini hadir dengan 4 varian warna keren.

Bagi Anda yang suka warna-warna cerah, Anda bisa pilih warna coral crush atau peacock blue. Dan bagi Anda yang suka dengan warna-warna klasik, Anda bisa pilih warna slate grey atau transparent silver.

Selain penggunaan warna yang anti mainstream, ASUS VivoBook Ultra A412DA ini juga didesain dengan desain khas ASUS yang elegan, dengan logo ASUS di tengahnya dan finishing yang mulus membuat notebook ini terlihat berkelas dan mewah.

Kalau Anda memilih warna peacock blue, Anda akan terkaget-kaget karena laptop ini seolah bisa berubah warna, dengan melihatnya dari angle yang berbeda, Anda akan mendapati laptop ini kadang berwarna biru kadang berubah seperti ungu, keren sih.

Bagi Anda yang ingin terlihat standout alias menjadi pusat perhatian, Anda bisa pilih warna coral crush. Warna satu ini didesain dengan finishing yang cerah.

Untuk desain ASUS VivoBook Ultra A412DA ini saya punya dua kata, yaitu simpel dan berkelas.

Terus, apa urgensinya desain laptop dengan pekerjaan saya sebagai digital marketing strategist?

Jawabannya : sangat penting!

Karena saya tidak hanya bekerja di depan laptop, tapi saya harus meeting dan bertemu dengan divisi lain atau vendor dari luar.

Desain laptop yang mulus dan warna-warna yang colorful akan menambah kepercayaan diri saya saat harus presentasi dan akan terlihat lebih berkelas dan meyakinkan.

3. Ukuran yang Ringkas

Klaim The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook nampaknya tidak berlebihan untuk ASUS VivoBook Ultra A412DA.

Terbukti dari ukurannya yang ringkas, tidak teralu besar dan tidak terlalu tebal, semuanya dibuat compact tanpa mengurangi performanya sedikitpun.

Menjadi seorang blogger yang harus kesana kemari, liputan sana sini, sudah tentu memerlukan laptop yang ringkas, dan kabar baiknya, laptop ini mempunyai bobot yang sangat ringan, hanya 1,5 kg, mobilitas jadi lebih lancar dan pekerjaan pun bisa terselesaikan.

Laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA laptop ringkas
Foto : asus.com

Kadang kalau sedang ada deadline tulisan, hal pertama yang saya lakukan adalah pergi ke tempat yang enak buat nongkrong, seperti cafe atau coworking space, dan menyelesaikan pekerjaan disana.

Tidak semua tempat mempunyai meja yang besar, sehingga dengan ukuran laptop yang ringkas seperti ASUS VivoBook Ultra A412DA ini, tidak akan memakan ruang terlalu banyak, sehingga kerja dimanapun tetap oke.

Seorang digital marketing strategist seperti saya sudah pasti memerlukan laptop yang ringkas. Berganti-ganti ruang meeting sudah menjadi hal biasa, sehingga laptop harus ditenteng kemana-mana.

Untungnya laptop ini punya ukuran yang ringkas, sehingga walaupun sering dibawa pakai tangan, tidak membuat pegal, karena bobotnya yang ringan.

4. ErgoLift Design

Saya ingat sekali, pertama kali saya mengenal ErgoLift Design itu saat saya berkesempatan menghadiri ASUS Blogger Gathering di Bandung beberapa bulan lalu.

Jujur saya langsung jatuh cinta dengan teknologi ini, sebuah terobosan baru dari ASUS yang membuat saya terpana dibuatnya.

Bagi Anda yang belum tahu, ErgoLift Design adalah sebuah teknologi yang bisa membuat bodi VivoBook ini menjadi terangkat secara otomatis ketika laptop dibuka, dengan sudut kemiringan 2 derajat.

Ergolift design ASUS VivoBook Ultra A412DA

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan hadirnya ErgoLift Design ini.

Pertama, posisi mengetik yang lebih nyaman. Karena bagian depannya terangkat, jadi posisi keyboard akan lebih mudah untuk digunakan.

Kedua, sirkulasi udara yang lebih optimal. Laptop ini tidak akan mudah panas karena ruang untuk sirkulasi udara jadi lebih lega dari laptop kebanyakan.

Ketiga, performa audio yang maksimal. Dengan ErgoLift, performa audio ASUS VivoBook Ultra A412DA ini jauh lebih maksimal, suara yang dihasilkan lebih jelas, ditambah dengan penggunaan spekaer dari ASUS SonicMaster yang menjadi andalan.

Dan tahukah Anda?

Selain media sosial, bagian terpenting dalam digital marketing yang harus saya optimasi adalah website.

Dan salah satu cara mengoptimasi website adalah dengan membuat tulisan-tulisan yang SEO friendly, sehingga pengunjung website bisa bertumbuh setiap harinya.

Untuk membuat artikel yang SEO friendly, hal pertama yang saya lakukan adalah meriset kata kunci, kompetisi dan trend-nya, setelah itu saya mulai membuat artikel yang berkualitas.

Dan salah satu syarat artikel berkualitas adalah mempunyai jumlah kata yang banyak atau artikelnya panjang.

Dalam proses ini, pekerjaan saya dimudahkan dengan hadirnya ErgoLift Design, karena bodi laptop akan sedikit terangkat dan posisi mengetik akan lebih nyaman, sehingga mengetik artikel panjang pun tidak akan terasa pegal.

5. Performa Handal

Performa adalah salah satu faktor yang menurut saya paling penting dalam pemilihan sebuah laptop. Karena percuma saja kalau desainnya bagus tapi performanya dibawah rata-rata.

performa ASUS VivoBook Ultra A412DA

Masalah performa, laptop ini tidak perlu diragukan lagi, untuk produktivitas kita sehari-hari, tentu laptop ini sudah lebih dari cukup.

Dibekali dengan prosesor terbaru AMD Ryzen 3000 series, membuat performa laptop ini sudah paling cepat di kelasnya.

Ditambah lagi dengan disematkannya memori 4GB DDR4 yang bisa di-upgrade sampai 16 GB, membuat performa laptop ini kian sempurna.

Untuk kapasitas penyimpanan, laptop ini menggunakan teknologi dual-storage yang bisa di-upgrade sampai 512GB + 1TB (SSD+HDD).

Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan ruang penyimpanan, semuanya bisa tersimpan dengan baik dan aman.

Digital marketing strategist seperti saya bertanggung jawab untuk mengoptimasi media sosial, dengan membuat desain-desain menarik.

Hal ini sangat termudahkan karena ASUS VivoBook A412DA ini mempunyai performa gahar.

Seperti yang sudah dibahas diatas, performa laptop ini tidak perlu diragukan lagi, pekerjaan desain dan editing video sederhana bisa sangat mudah diselesaikan dengan bantuan laptop ini.

Bayangkan kalau laptop yang saya pakai itu lelet, lemot dan tidak mempunyai performa keren, ada dua kemungkinan, antara dimarahi oleh atasan atau pekerjaan hari itu tidak akan selesai.

Tapi dengan hadirnya ASUS VivoBook Ultra A412DA ini, hal itu tidak akan terjadi.

Bisa disimpulkan bahwa hampir semua pekerjaan kita sehari-hari bisa di-handle oleh ASUS VivoBook Uktra A412DA ini, mulai dari mengetik, membuat desain bahkan sampai editing video sederhana.

6. Pre-install Windows 10

Terhitung mulai November 2017 ASUS melakukan sebuah terobosan baru yaitu tidak lagi menjual laptop Non-OS (tanpa sistem operasi), semua laptop keluaran ASUS kini sudah dibekali dengan Windows 10, sehingga kita sebagai pengguna tidak perlu pusing lagi meng-install operating system.

Hal ini merupakan langkah positif untuk mengurangi menjamurnya OS bajakan di Indonesia.

Menurut Vlaska Berka, General Manager of Device Sales Microsoft Asia Pacific, dengan hadirnya Windows 10 di seluruh notebook ASUS, pengguna bisa memanfaatkan seluruh kemampuan Windows 10 Fall Creators Update dan menikmati perlindungan terhadap ancaman software.

Saya punya pengalaman menarik tentang ini.

Hari itu saya diundang oleh rekan kerja untuk meeting di kantornya, karena dia dan tim akan mempresentasikan sesuatu kepada saya dan tim.

Saat presentasi, di pojok kanan bawah laptopnya tertulis “This copy of Windows is not genuine”, itu artinya Windows yang dia pakai bukan Windows yang asli, dan saya sebagai tamu saat itu kurang nyaman melihatnya, dan kepercayaan saya menurun setelah melihat itu.

Dan hal semacam ini tidak mungkin terjadi kalau pakai ASUS VivoBook Ultra A412DA, karena sudah di-install Windows 10 dan original pula.

7. Windows Hello

Windows Hello adalah bagian dari Windows 10 yang berfungsi untuk keamanan laptop Anda.

Untuk login ke laptop, Anda tidak perlu lagi memasukkan kata sandi atau password, karena Windows Hello secara otomatis akan mendeteksi wajah Anda, atau bisa juga menggunakan sidik jari.

Tampilan Windows Hello (foto : https://www.adventurose.com )

Fasilitas keamanan seperti ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar untuk melindungi data-data pentingnya, dan melalui ASUS, semua fasilitas premium ini bisa Anda dapatkan di ASUS VivoBook Ultra A412DA.

Login jadi lebih mudah, data di laptop Anda jadi lebih aman.

8. Fingerprint Sensor

Selain bisa dibuka dengan teknologi pengenal wajah, ASUS VivoBook Ultra A142DA ini juga bisa dibuka dengan menggunakan sensor sidik jari.

fingerprint sensor ASUS VivoBook Ultra A412DA

Seperti yang kita tahu, setiap orang di muka bumi ini mempunyai sidik jari yang berbeda, jadi jenis keamanan yang menggunakan sidik jari bisa dibilang sangat aman dibanding mengetikkan password yang kadang mudah diretas.

Selain dijamin keamanannya, fitur ini juga membuat akses menjadi lebih cepat, hanya tinggal tap saja, tidak perlu ketik sana ketik sini.

9. Backlit Keyboard

Kalau Anda ingin mengetahui perbedaan antara laptop standar dan laptop premium, lihat saja keyboard-nya, kalau keyboard-nya dilengkapi dengan backlit, itu berarti bukan laptop sembarangan.

Keyboard di ASUS VivoBook Ultra A412DA ini mempunyai backlit warna putih dengan 3 tingkat kecerahan yang bisa Anda atur sesuai kebutuhan Anda.

Keyboard-nya pun sangat nyaman digunakan, karena ukuran key travel-nya menurut saya pas, yaitu 1.33 mm, tidak terlalu jauh dan tidak terlalu rapat.

Disitus resminya, ASUS mengumumkan bahwa keyboard-nya telah diuji ribuan kali, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan daya tahannya.

10. Konektivitas Lengkap

Kekurangan yang biasa dikeluhkan pada laptop ringkas adalah tidak lengkapnya port konektivitas, karena ketika ingin membuat sebuah laptop dengan bodi yang ramping, itu artinya harus ada beberapa port yang dihilangkan.

Tapi hal itu tidak dilakukan oleh ASUS, dengan desain yang presisi, semua port yang kita butuhkan sehari-hari tetap ada tanpa menambah ukuran bodi.

konektivitas laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA

Berikut port yang tersedia di ASUS VivoBook Ultra A412DA ini :

  • Audio jack
  • Port USB 2.0
  • Port USB 3.0
  • Port USB type-C
  • Port HDMI
  • Port microSD
  • Security slot

11. Fast Charging

Pertanyaan yang banyak muncul adalah “Kalau laptopnya ringkas, bagaimana kapasitas dan daya tahan baterainya?”.

ASUS sudah memikirkan hal ini, walaupun laptop ini compact, ASUS membekali dengan baterai lithium-polymer kualitas tinggi, sehingga tidak perlu khwatir kehabisan baterai, laptop ini siap menemani Anda sepanjang hari dengan produktivitas yang ringan.

Seperti layaknya smartphone zaman sekarang, laptop ini mempunyai teknologi yang disebut ASUS Battery Health Charging, teknologi yang bisa mencegah baterai laptop overcharging, sehingga umur baterai akan lebih awet dan tidak akan drop.

Karena laptop ini dirancang untuk Anda yang mempunyai mobilitas tinggi, laptop ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging. Untuk mencapai 60%, Anda hanya memerlukan waktu charge 45 menit saja.

12. Audio

Di bagian audio, laptop ini menggunakan ASUS SonicMaster yang merupakan kombinasi keren dari software dan audio tuning untuk memberikan pengalaman audio terbaik untuk para pemakainya.

performa audio ASUS VivoBook Ultra A412DA

Bahkan untuk model tertentu, Anda bisa mengatur equalizer-nya sendiri. Tapi kalau Anda bukan orang yang ahli mengotak-atik audio, disediakan 5 preset yang bisa Anda pilih :

  • Music mode
  • Movie mode
  • Gamming mode
  • Recording/Speech mode
  • Manual mode

Infografis

Infografis ASUS VivoBook Ultra A412DA

Spesifikasi Lengkap

spesifikasi ASUS VivoBook Ultra A412DA

Baca juga : ASUS ZenBook

ASUS Indonesia

Website : https://www.asus.com/id/
Twitter : https://twitter.com/ASUS_indonesia
Facebook : https://www.facebook.com/ASUSIdOfficial/
YouTube : https://www.youtube.com/user/AsusIndonesia
Instagram : https://www.instagram.com/asusid

100 total views, 1 views today

komunitas sbo sukses bisnis online fajar hidayat jarhie

Jarhie adalah seorang Internet Marketer yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun di dunia internet marketing, selain itu Jarhie adalah founder dari Komunitas SBO (Sukses Bisnis Online) > Join Komunitas SBO

6 Comments

  • ariefardia.com 18/08/2019 at 11:25

    Mantap! Saya suka yang Peacock Blue nih. Mudah2an ada rejekinya hehe

    Reply
    • Jarhie 03/09/2019 at 09:53

      Aamiin semoga ya ^_^

      Reply
  • Siti Faridah 30/08/2019 at 18:22

    Wah, keren nih profesinya jadi digital marketing strategist. Aku pun suka dengan keunggulan laptop ASUS ini. Btw, salam kenal ya, Kak.

    Reply
    • Jarhie 03/09/2019 at 09:54

      Salam kenal Mba Farida.

      Reply
  • Ayuno 19/09/2019 at 07:01

    Harganya mas?

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.