Apa itu Hypnotic Writing?

Untuk memahami apa itu Hypnotic Writing, saya akan membaginya ke dalam dua definisi terpisah.

Melansir dari berbagai sumber, Hypnotic atau Hipnosis adalah sebuah upaya untuk membuat seseorang menjadi lebih rileks atau berada dalam keadaan trans, sehingga dia bisa fokus terhadap suatu hal dan bisa merespon setiap sugesti yang diberikan.

Trans adalah sebuah kondisi saat kita merasa rileks dan hanya bisa fokus pada satu hal.

Contoh paling dekat adalah ketika Anda menonton film yang seru, maka Anda sebetulnya sedang berada dalam kondisi trans, seketika Anda tidak memikirkan hal lain, pikiran Anda fokus pada film yang sedang Anda saksikan.

Atau saat Anda asyik membaca buku, maka Anda sedang berada di posisi trans, di situasi seperti ini, Anda lebih mudah terpengaruh saat mendapatkan sugesti dari apa yang sedang Anda baca.

Jika ada teman Anda yang sedang marah, maka jangan buru-buru memberi nasihat, tunggu sampai amarahnya mereda, baru Anda ajak ngobrol.

Karena saat seseorang marah, pikirannya sama sekali tidak berada dalam kondisi trans, sehingga apapun sugesti yang kita sampaikan, tidak akan masuk ke mereka.

Tapi sebaliknya, kalau sudah tenang dan rileks, biasanya dia akan lebih menerika saran dan masukan yang kita berikan.

Bagi Anda yang muslim, tentu pernah mendengar sabda Nabi Muhammad yang intinya “Jika kamu marah, maka duduklah, kalau belum hilang amarahnya, maka berbaringlah”.

Inti dari anjuran tersebut adalah agar kita bisa berada dalam kondisi rileks sehingga bisa berpikir lebih jernih dan menghilangkan kemarahan tersebut.

Semoga dengan ini Anda paham apa itu Hypnotic atau Hipnosis.

Selanjutnya adalah Writing, apa itu writing?

Writing adalah proses menulis sebuah kata/kalimat dengan tujuan tertentu.

Sehingga kita bisa mendapatkan definisi apa itu Hypnotic Writing.

Pengertian Hypnotic Writing

Hypnotic Writing adalah sebuah teknik penyusunan kata-kata untuk membuat orang lebih fokus dan cenderung akan membeli produk atau jasa Anda.

Dengan kata lain, Hypnotic Writing merupakan upaya agar audiens kita bisa fokus pada iklan yang kita buat, sehingga dia dengan mudah membeli apapun yang kita tawarkan.

Contoh Hypnotic Writing

Supaya lebih mudah, saya akan gunakan contoh.

Coba Anda lihat gambar di bawah ini (bukan endorse, karena saya tidak dibayar untuk mempromosikan produk ini, hanya sebagai contoh)

contoh hypnotic writing produk waterless pump

Pada dasarnya, produk di atas merupakan semacam shampoo untuk cuci mobil yang bisa membuat mobil Anda mengkilap.

Kalau saya minta Anda membuat kalimat penjualan untuk produk ini, apa yang akan Anda tulis?

Dari sekian banyak yang saya tanya, umumnya mereka akan membuat tulisan seperti ini:

KIT Waterless Car Wash
Deskripsi Produk
– Formula khusus Waterless Car Wash
– Formula Anti Gores yang mengandung Polyether Siloxane
– Mengandung Hydrophobic Polymer

Apakah itu termasuk hypnotic writing? Kalau menurut saya sepertinya bukan.

Kenapa? Karena tulisan di atas hanya menampilkan fakta, tidak memberikan alasan atau benefit kenapa kita harus beli produk tersebut.

Sekarang, coba perhatikan tulisan berikut ini:

Bayangkan… Saat musim penghujan tiba, salah satu hal paling menjengkelkan adalah susahnya merawat kebersihan mobil, karena sesering apapun dicuci, kalau bertemu hujan pasti kotor lagi.

Apalagi kalau besoknya ada agenda meeting atau bertemu orang penting, agar tidak menimbulkan kesan buruk, tentu mobil harus selalu bersih, alhasil Anda harus mencucinya setiap pagi, pasang selang, ngasih shampoo, terakhir bilas dan lap kering, capek deh.

Sekarang coba Anda bayangkan bisa mencuci mobil tanpa menggunakan air, kapanpun mobil Anda kotor, Anda tinggal semprot dan lap, seketika mobil Anda kembali kinclong. Enak kan?

Dengan mobil yang bersih, akan membuat Anda lebih bangga saat duduk di belakang kemudi, kepercayaan diri naik dan orang-orang akan memuji mobil Anda.

Semua hal tersebut bisa Anda dapatkan dengan KIT Waterless Car Wash, buktikan sendiri.

Seketika Anda seolah berada dalam situasi yang digambarkan di atas, Anda capek karena harus cuci mobil tiap hari, belum lagi menyiapkan selang, memberi sabun, membilas mobil dan lap kering.

Saat itulah Anda sedang berada dalam kondisi trans, sehingga sugesti yang saya berikan tentang KIT Waterless Car Wash akan mudah Anda terima.

Kesimpulan

Hypnotic Writing bisa membaca pikiran calon customer ke keadaan trans, saat itu terjadi, maka dia akan fokus membaca apa yang kita tulis, kemudian akan timbul keinginan untuk membeli produk atas jasa yang Anda tawarkan.

Default image
Fajar Hidayat
Fajar Hidayat adalah seorang Blogger sekaligus Internet Marketer yang sudah berpengalaman lebih dari 7 tahun dan pendiri dari Sekolah Blogger

Leave a Reply

twenty − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.