fbpx

Apa itu Copywriting dan Apa Tujuannya?

Kalau Anda belajar digital marketing, Anda akan bersinggungan dengan yang namanya copywriting, apa itu copywriting? Copywriting adalah disiplin ilmu yang mampu mempengaruhi orang untuk membeli produk atau jasa yang kita jual hanya dengan kata-kata.

Menurut Wikipedia, copywriting diartikan sebagai berikut:

Copywriting adalah tindakan atau pekerjaan menulis teks untuk tujuan periklanan atau bentuk pemasaran lainnya.

Wikipedia

Kalau Anda tanya saya, saya lebih suka pakai definisi seni menjual lewat tulisan.

Intinya segala teks atau tulisan yang dibuat untuk kepentingan promosi atau iklan dan itu bertujuan agar si pembaca mau beli produk yang ditawarkan, nah itu copywriting.

Copywriting adalah sebuah proses, Anda bisa lihat dalam kata “copywriting” di sana pakai imbuhan verb -ing, yang dalam bahasa inggris itu berarti sebuah aktivitas yang sedang atau akan dikerjakan.

Hasil dari aktivitas tersebut biasa disebut dengan copy atau sales copy dan si pembuatnya disebut copywriter.

Mari kita ulangi sekali lagi dengan lebih cepat dan ringkas.

Aktivitas menulis kata-kata promosi disebut copywriting, hasil akhirnya disebut copy atau sales copy dan pembuatnya disebut copywriter, paham ya?

Kalau Anda sudah paham, mari kita lanjut.

Tujuan Copywriting

Pada dasarnya copywriting cuma punya 1 tujuan “membuat orang bertindak sesuai keinginan kita”, entah itu beli produk ataupun cuma klik tombol follow. Kalau copywriting kita berhasil, otomatis si pembaca akan melakukan instruksi sesuai dengan apa yang kita inginkan

Coba Anda lihat slide terakhir di postingan berikut ini, copywriting yang saya buat bertujuan agar si pembaca mau membagikan postingan tersebut ke Instagram Story mereka, maka dari itu saya buat copy seperti ini:

Dapet manfaat? Kalo dapet, jangan sungkan buat share postingan ini ke yang lain, mungkin followers Anda butuh info ini juga. (cek slide terakhir)

Jadi copywriting tidak melulu soal jualan, dengan contoh diatas semoga Anda makin paham.

Kalau Anda lembaga sosial, maka copywriting yang Anda buat akan bertujuan mengajak orang untuk berdonasi, jika Anda pebisnis maka tujuan copywritingnya supaya orang mau beli, jadi tergantung apa profesi Anda, walaupun beda profesi, tujuannya tetap satu, mengajak orang melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Contoh Copywriting

Untuk melihat contoh-contoh copywriting, Anda bisa melihat iklan yang ada di majalah atau surat kabar, di sana ada banyak sekali contoh copywriting dengan berbagai teknik.

Ini salah satu contohnya:

Sumber : iklankoran.net

Anda bisa lihat contoh copywriting yang dipakai iklan diatas, copy yang dibuat bertujuan agar orang yang membacanya mau bergabung untuk mengikuti seminar.

Kesimpulan

Jadi, apa itu copywriting? Copywriting adalah seni menjual lewat tulisan, bagaimana caranya membuat orang mau bertindak sesuai keinginan kita hanya bermodalkan beberapa kata saja.

Jika Anda tertarik mendalami dunia copywriting, Anda bisa follow Instagram saya @jarhie, karena di sana setiap harinya saya sharing tips terbaru seputar copywriting, semoga bisa membantu Anda.

Default image
Fajar Hidayat
Fajar Hidayat adalah seorang copywriter dan digital marketer yang sudah berpengalaman lebih dari 7 tahun di dunia digital marketing dan bisnis online. Selain itu, Fajar Hidayat merupakan pendiri dari Sekolah Blogger dan CopyLabs.id

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.