Amphiteater Cikapundung, Tempat Pertunjukan Pinggir Sungai

Amphiteater Cikapundung Bandung

amphiteater cikapundung

Amphiteater Cikapundung – Dalam perjalanan menuju Farmhouse Lembang beberapa waktu lalu, saya sengaja mampir ke proyek yang saat ini masih penggarapan di samping Jl. Siliwangi Bandung. Proyek itu adalah proyek revitalisasi Sungai Cikapundung yang sudah digagas sejak tahun 2013 oleh Walikota Bandung.

Menurut yang saya dengar dari beberapa ahli, Sungai Cikapundung dulunya adalah sungai bersih yang menjadi sumber air utama bagi Kota Bandung. Namun, kini telah berubah menjadi sungai yang kotor dan kumuh, ini semua akibat ulah kita yang sering membuang sampah ke sungai, padahal sungai perlu dilestarikan bukan untuk dijadikan tempat sampah.

Kini semuanya berubah seiring perbaikan-perbaikan yang dilakukan di Kota Bandung. Sungai yang dulunya kumuh, kini telah dirubah menjadi Amphiteater Cikapundung yang menawan. Warga merespon positif dengan semua ini, terbukti dengan banyaknya warga yang bermain atau sekedar foto-foto, walaupun Amphitheater Cikapundung ini belum dibuka untuk umum, karena masih tahap pembangunan.

Imej sungai kumuh perlahan mulai pudar, ini seharusnya menjadi bahan pelajaran agar kita bisa menjaga sungai yang kita miliki karena sungai banyak mempunyai manfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Ada beberapa spot yang bisa dimanfaatkan oleh warga, yaitu :

Air Mancur

amphiteater cikapundung

Pertama kali menuruni dan memasuki area Amphiteater, kita akan disambut dengan air mancur yang jika malam hari mungkin warnanya akan bisa berubah-ubah, namun saya belum pernah melihat secara langsung saat malam. Biasanya anak-anak kecil sangat suka dengan yang satu ini. Mereka antusias rela berdiri disamping air mancur untuk menyaksikan pertunjukannya.

Amphiteater

amphiteater cikapundung

Tempat ini nantinya akan jadi tempat pertunjukan yang dimana para warga Bandung bisa menampilkan kreatifitas sekaligus langsung disaksikan oleh warga yang lainnya. Sebuah panggung batu dengan undakan tempat duduk di depannya.

Jembatan Merah Cikapundung

amphiteater cikapundung

Jembatan ini mempunyai warna yang gagah dan mencolok, kita bisa menyebrangi Sungai Cikapundung sekaligus mengabadikan beberapa gambar. Jembatan ini merupakan tempat ‘terlaris’ saat hari libur, karena bentuk dan warnanya yang bagus, biasanya para warga berebut untuk berpose dan mengambil foto di jembatan ini. Mungkin kalau Amphitheater Cikapundung ini sudah dibuka untuk umum, jembatan ini akan menjadi tempat prewedding yang keren.

Saung-saung

amphiteater cikapundung

Saung biasa digunakan untuk tempat istirahat, berteduh dan ngobrol-ngobrol. Ada dua saung di Amphitheater ini kita bisa gunakan untuk kumpul-kumpul bersama teman dan kerabat. Disampingnya ada kolam dengan hiasan air mancur kura-kura yang berbaris rapi. Indah sekali.

Kalau Amphiteater Cikapundung ini sudah dibuka untuk umum, mari kita main sama-sama. Amphiteater ini buka 24 jam lho.

amphiteater cikapundung

JIKA BERMANFAAT, SILAKAN SHARE TULISAN INI YA (KLIK ICON)

No Comments

Leave a Comment