7 Tips Agar Selamat, Aman dan Nyaman dalam Penerbangan

Tips Agar Selamat, Aman dan Nyaman dalam Penerbangan

Banyak pilihan moda transportasi yang dapat kita gunakan untuk bepergian, untuk jarak dekat bisa menggunakan motor atau mobil, untuk jarak jauh kita bisa menggunakan kereta, kapal atau pesawat terbang.

Tahukah Anda, bahwa pesawat terbang adalah alat transportasi teraman di dunia? Mau tau alasannya? Ini dia.

Memiliki standar keamanan yang tinggi

Sebelum terbang, pesawat akan dicek oleh orang-orang yang terlatih dan professional, memastikan semuanya dalam keadaan baik dan sesuai dengan SOP. Selain itu, pesawat juga memiliki resiko kecelakaan yang jauh lebih kecil dibandingkan transportasi darat, kecelakaan transportasi darat mencapai angka 5% sedangkan angka kecelakaan transportasi udara hanya 0,76% saja.

Memiliki tim yang terlatih

Petugas Air Traffic Control, petugas bandara, dan kru pesawat adalah orang-orang yang sudah terlatih dan sangat profesional dalam melakukan tugasnya. Jadi , tidak perlu khawatir, perjalanan Anda akan terasa aman dan menyenangkan sehingga Anda akan rindu untuk terbang kembali.

[adinserter block=”1″]
Lalu, bagaimana tips agar penerbangan kita selamat, aman dan nyaman? Mari kita mulai…

  1. Buatlah ceklis barang bawaan Anda

Usahakan, tulis setiap barang yang akan kita bawa, tujuannya untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal atau hilang saat perjalanan. Dan ingat, jangan membawa benda tajam ya.

  1. Atur penyimpanan barang pada tas/koper

Jika barang bawaan Anda banyak, Anda bisa mimisahkan antara pakaian dan barang penting lainnya. Untuk pakaian, bisa disimpan dalam satu koper yang nantinya akan disimpan dalam bagasi pesawat. Untuk barang lainnya seperti handphone, charger, kamera, laptop, dompet, paspor, dan dokumen lainnya usahakan simpan dalam satu tas dan Anda simpan di kabin pesawat, supaya barang tetap dalam pengawasan dan menghindari tertindih oleh barang lain jika disimpan dalam bagasi pesawat.

  1. Pesan tiket tujuan Anda

Dalam pemesanan tiket, sebaiknya dilakukan beberapa hari sebelumnya, untuk memastikan bahwa Anda tidak kehabisan kursi, oh iya, dan biasanya jika kita melakukan pemesanan tiket jauh hari sebelumnya, harga akan lebih ekonomis lho.

  1. Perhatikan tiket dan barang bawaan Anda

Pastikan tiket yang anda pesan sesuai dengan tujuan dan keinginan Anda, perhatikan detail dari tiket Anda, Anda masuk di gate nomor berapa, berangkat jam berapa, menggunakan pesawat apa dan duduk di kursi nomor berapa, hal ini supaya Anda bisa estimasi waktu dan bersiap dengan segala sesuatunya.

Selain itu, pastikan barang bawaan Anda selalu dalam pengawasan. Baik saat menunggu jadwal penerbangan maupun ketika di pesawat.

  1. Perhatikan arahan kru pesawat

Setelah memastikan barang aman, sebelum terbang, perhatikan beberapa arahan yang akan disampaikan oleh kru pesawat. Bagaimana cara menggunakan sabuk pengaman dan tindakan apa yang kita lakukan saat tekanan udara menurun maupun ketika terjadi pendaratan darurat

  1. Berdoa

Sempatkan berdoa sebelum melakukan penerbangan, berdoa agar perjalanan Anda selamat, aman dan nyaman sehingga bisa sampai tempat tujuan dan bertemu orang yang kita cintai.

  1. Cek kembali barang bawaan Anda

Setelah sampai di tempat tujuan, cek kembali barang bawaan Anda, lihat kembali ceklis yang telah Anda buat diawal, pastikan tidak ada barang yang hilang atau tertinggal.

Semoga anda rindu untuk terbang kembali , karena setiap penerbangan akan membekas dalam memori kita, selamanya…

JIKA BERMANFAAT, SILAKAN SHARE TULISAN INI YA (KLIK ICON)

No Comments

Leave a Comment