5 Tools Penting Agar Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah

Di era modern saat ini, banyak orang memimpikan agar bisa bekerja dari mana saja dengan jam kerja yang fleksibel, tidak perlu ke kantor dan tidak harus mengenakan kemeja dan sepatu pantofel tiap senin hingga jumat, maka dari itu saya akan membahas beberapa tools penting agar tetap produktif walaupun kerja dari rumah.

Saat artikel ini ditulis, di Indonesia sedang mewabah virus corona dengan code name Covid-19 yang mengakibatkan beberapa perusahaan memberikan kebijakan agar para karyawan bisa bekerja dari rumah untuk menghindari penyebaran virus yang lebih massif.

Bagi yang belum terbiasa, bekerja dari rumah atau Work From Home akan terasa aneh dan canggung, butuh beberapa hari untuk penyesuaian, setelah itu Anda akan terbiasa.

Walaupun terdengar renyah, bekerja dari rumah ternyata tidak serenyah apa yang Anda bayangkan, terutama kalau Anda tidak mempunyai persiapan, jelas hal ini akan membuat Anda mudah.

Masalah terbesar saat bekerja dari rumah adalah mudah bosan dan bisa kehilangan fokus akibat suasana rumah yang tidak kondusif. Alhasil Anda menjadi tidak produktif.

Maka dari itu, ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan saat bekerja dari rumah agar tetap produktif.

Tools Penunjang Produktifitas

1. Google product

Google mempunyai banyak produk yang bisa Anda manfaatkan untuk menunjang produktivitas Anda saat diharuskan bekerja dari rumah, beberapa tools yang bisa Anda pakai adalah:

  • Google Documents
  • Google Sheet
  • Google Slide

Ketiga tools diatas mempunya fungsi mirip seperti Microsoft Word, Excel dan PowerPoint, namun ketiga produk tersebut bisa Anda bagikan ke tim atau bawahan Anda, sehingga mereka pun bisa mengaksesnya.

Bukan bermaksud untuk merendahkan, tapi jika Anda menggunakan Microsoft Office, Anda perlu menyimpannya di drive, kemudian kirim email ke tim Anda, setelah tim Anda selesai, mereka akan mengirimkan email lagi ke Anda.

Sungguh proses yang tidak efisien.

Dengan menggunakan google product, Anda bisa melakukannya hanya dengan berkirim link.

2. Trello

Kalau Anda terbiasa bekerja dengan tim, maka tools ini wajib Anda gunakan, namanya Trello.

tools penting agar tetap produktif

Trello adalah sebuah tools yang berfungsi untuk mengorganisir sebuah project yang sedang Anda kerjakan, dengan tools ini Anda bisa membagi tugas bersama tim yang lain, sekaligus bisa saling memberi laporan dalam satu dashboard, sehingga semua orang yang terlibat dalam project bisa mengeceknya secara langsung.

Tools ini tentu sangat pas untuk digunakan saat Anda bekerja dari rumah, sehingga setiap deadline bisa terpantau dengan baik dan bisa saling mengingatkan antar anggota tim dari jarak jauh.

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakannya, silahkan tonton video berikut ini:

Sebenarnya ada banyak tools semacam ini, tapi yang biasa saya pakai adalah Trello.

Namun jika Anda ingin menjajal tools sejenis, Anda bisa mencoba beberapa tools di bawah ini:

  • Asana
  • Jira
  • Basecamp

3. Microsoft To Do

Sebelum diakuisisi Microsoft, awalnya tools ini bernama Wunderlist, setelah diakuisisi namanya berubah menjadi Microsoft To Do.

Microsoft To Do merupakan tools untuk manajemen tugas atau kegiatan harian Anda, selain itu berfungsi juga sebagai pengingat atau reminder.

Dengan tools ini, Anda tidak akan bingung harus melakukan apa saja di hari itu, karena semuanya sudah tercatat dengan baik.

4. Zoom

TeSering meeting bersama tim dan rekan kerja? Kalau iya, Zoom adalah tools yang tepat untuk Anda gunakan.

Zoom merupakan platform yang memungkinkan Anda menjalankan meeting secara virtual, tools ini bisa diakses melalui desktop maupun smartphone, karena sudah tersedia mobile app-nya.

tools penting agar tetap produktif

Layaknya meeting di kantor, saat Anda menggunakan zoom, Anda juga bisa berbagi dokumen dan berbagi layar kepada seluruh peserta meeting, sehingga mereka dapat melihat apa yang Anda presentasikan.

Tools sejenis yang bisa Anda coba antara lain Google Hangout, GoToMeeting dan Skype.

5. Dropbox

Saat bekerja dari rumah, salah satu masalah yang sering dihadapi adalah kesulitan mengirim file dengan ukuran yang besar.

Seperti yang kita tahu, berkirim file melalui email hanya diperbolehkan hingga 25 MB, lebih dari itu file tidak bisa terkirim.

Maka solusinya adalah Dropbox.

tools penting agar tetap produktif

Dropbox merupakan tools yang biasa digunakan untuk berbagi file besar kepada tim atau klien Anda, dengan memanfaatkan tools ini, Anda memungkinkan berbagi file dengan ukuran hingga ratusan MB bahkan GB.

Selain Dropbox, Anda juga bisa menggunakan Google Drive yang mempunyai fitur dan fungsi mirip dengan Dropbox.

Baca juga : Usaha Sampingan yang Cocok untuk Karyawan

Default image
Jarhie
Jarhie adalah seorang Blogpreneur & Internet Marketer yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun di dunia internet marketing, selain itu Jarhie adalah founder dari Komunitas SBO dan Sekolah Blogger

Free Access

Dapatkan tutorial dan tips bisnis online terbaru dari Jarhie.com. Tipsnya akan kami kirim melalui email

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.