5 Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Online yang Terpercaya

Sadarkah Anda bahwa sudah banyak solusi finansial yang bisa kita dapatkan di era serba digital seperti sekarang ini, salah satunya adalah kemudahan meminjam uang, kalau dulu kita harus ke bank atau bahkan rentenir, hari ini kita bisa melakukannya melalui pinjaman online atau kerap disebut pinjol.

Alhasil proses pinjam uang jadi lebih mudah, gak pakai ribet karena semuanya bisa dilakukan melalui smartphone. Kehadiran pinjol nampaknya jadi angin segar untuk masyarakat khusus bagi mereka yang sedang butuh dana darurat seperti untuk keperluan pengobatan, biaya sekolah atau bahkan biaya hidup sehari-hari.

Lalu bagaimana cara memilih aplikasi pinjaman online yang aman? Karena saat ini sudah puluhan bahkan ratusan aplikasi yang menawarkan jasa tersebut.

Oke ada beberapa tips yang harus Anda perhatian sebelum memutuskan pakai aplikasi pinjol.

1. Pastikan Pinjol Terdaftar di OJK

Pastikan aplikasi pinjol yang Anda pilih sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk mengecek terdaftar atau belumnya silahkan Anda cek di website resminya OJK.

Kenapa harus tedaftar di OJK? Karena jika sebuah perusahaan fintech sudah terdaftar di OJK maka mereka harus mengikuti aturan yang berlaku, mulai dari  cara penagihan, ketentuan besaran bung, denda dan lainnya, jadi semuanya sesuai standard an terawasi, kalau ada apa-apa OJK akan langsung menegurnya.

Salah satu fintech yang menawarkan KTA mudah sekaligus sudah terdaftar di OJK adalah Tunaiku, ada bisa cek info lengkapnya di website dan aplikasinya.

2. Transparan

Jika Anda hendak menggunakan jasa pinjol, pastikan mereka bekerja secara transparan.

Pastikan mereka dengan jelas memberitahu semuanya sebelum Anda mendaftar seperti besaran bunga, jatuh tempo, denda dan biaya lainnya kalau Anda, jangan sampai ketika Anda sudah daftar baru semua info tersebut muncul, sehingga membuat Anda kaget.

Salah satu fitur yang bisa Anda pertimbangkan adalah ada atau tidaknya kalkulator installment, di sana Anda bisa mengetahui jika Anda pinjam uang 3 juta, Anda bisa langsung tau bunganya berapa, tenornya berapa lama dan data lainnya.

3. Lihat Review Orang Lain

Perusahaan pinjol saat ini biasanya hadir juga dalam bentuk aplikasi smartphone, sehingga sebelum Anda memutuskan menggunakan jasa mereka, lihat dulu review di appstore atau playstore nya, apakah banyak yang memberikan komentar bagus atau sebaliknya.

Kalau ternyata banyak komentar bagus itu berarti banyak direkomendasikan oleh orang lain dan Anda bisa mempertimbangkan untuk pakai jasa mereka juga.

4. Area

Tips selanjutnya adalah tentang coverage area, apakah aplikasi pinjol tersebut bisa beroprasi di seluruh Indonesia atau hanya daerah tertentu saja, karena masih ada aplikasi pinjol yang hanya beroprasi di kota-kota tertentu saja dan ini tidak recommended.

Karena secara logika, jika perusahaan tersebut sudah bisa menjangkau seluruh Indonesia, maka perusahaan tersebut bisa dipercaya.

5. Layanan Pelanggan

Pastikan aplikasi pinjol yang Anda pilih mempunya layanan pelanggan atau customer service yang jelas dan mudah dihubungi kapanpun Anda butuh.

Berapa banyak channel yang mereka miliki, telepon, email, media sosial, website atau apa, bagaimana Anda bisa menghubungi mereka jika terjadi sesuatu, semakin mudah Anda menghubungi mereka, itu berarti perusahaan tersebut serius dalam menjalankan tugasnya.

Itulah 5 tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum mulai menggunakan jasa pinjaman online, semoga dengan hadirnya pinjol di tengah-tengah kita bisa memudahkan urusan-urusan harian khususnya yang darurat.