5 Tips Membangun Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Jika Anda ingin mempunyai suasana hati yang lebih baik atau emosi yang lebih stabil atau bahkan meningkatkan ketahanan tubuh, artikel ini akan memberikan 5 tips sederhana yang akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik.

Sebelum itu, Anda harus memahami dulu konsep kesehatan mental yang baik itu seperti apa.

Perlu Anda ketahui bahwa kesahatan mental akan mempengaruhi cara berpikir Anda, hingga berdampak pada perilaku dalam kehidupan sehari-hari, hal ini juga akan mempengaruhi Anda bagaimana menyikapi stress, mengatasi masalah dan kesulitan hidup lainnya.

Biasanya orang yang mempunyai kesehatan mental yang baik mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Mempunyai semangat untuk hidup dan bisa tertawa lepas
  • Bisa bangkit dari stress dan keterpurukan dengan cepat
  • Mempunyai tujuan dalan setiap aktivitas yang dikerjakan
  • Mampu beradaptais dengan perubahan
  • Mampu menyeimbangkan waktu antara bekerja, bermain, istirahat dan aktivitas lainnya
  • Memiliki rasa percaya diri yang tinggi
  • Dan masih banyak lagi

Siapapun yang mempunyai masalah dengan kesehatan mental, biasanya akan merasa hidupnya menderita karena hal ini melibatkan sisi emosional seorang individu.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa usaha yang bisa dilkukan agar kesehatan mental kita tetap terjaga dengan baik, sehingga kita memiliki suasana hati yang baik dan lebih bersemangat untuk menikmati kehidupan ini.

Berikut adalah 5 tips untuk meningkatkan kesehatan mental Anda.

5 Tips Meningkatkan Kesehatan Mental

1. Membangun hubungan sosial

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial, itu artinya kita perlu berinteraksi dengan orang lain. Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan mental maka Anda memerlukan orang lain untuk membangun hubungan positif dengan mereka.

Kita bukan makhluk yang ditakdirkan bertahan hidup dan berkembang sendirian, kita perlu orang lain.

Dan interaksi paling baik adalah dengan cara bertatap muka secara langsung, bukan melalui telepon maupun media sosial, karena kita butuh seseorang yang bisa menjadi “pendengar yang baik” untuk kita, sehingga kita akan merasa lega, plong dan bisa menjalin hubungan baik dengan mereka.

2. Tetap aktif

Pikiran dan tubuh mempunyai koneksi, itu artinya jika Anda meningkatkan kesehatan fisik Anda maka secara otomatis kesehatan mental pun akan terbangun dan emosi akan lebih stabil.

Selain itu, aktivitas fisik juga akan memicu keluarnya endorphin, sebuah bahan kimia bisa menimbulkan efek senang dan membuat suasana hati menjadi tenang, aktivitas fisik seperti olahraga atau aktivitas teratur lainnya punya dampak postiif pada kesehatan mental, karena bisa menghilangkan stress dan bisa membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

3. Menjaga asupan makanan yang sehat

Anda mungkin tidak sadar bahwasannya apa yang Anda makan akan berpengaruh pada cara berpikir dan perilaku Anda sehari-hari.

Pola makan yang kurang sehat akan merusak otak dan mengubah suasana hati Anda, bisa mengganggu tidur dan melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sebaliknya, rajin mengonsumsi makanan sehat akan berdampak baik untuk tubuh.

Berikut makanan yang bisa meningkatkan mood:

  • Ikan yang kaya omega 3 seperti salmon, mackerel, sarden, tuna, dll
  • Kacang-kacangan
  • Alpukat
  • Sayuran hijau seperti bayam, kangkung
  • Buah-buahan segar

4. Atur waktu tidur

Mengurangi jam tidur khususnya bagi Anda yang mempunyai kesibukan yang luar biasa bukanlah pilihan yang tepat, karena dengan waktu tidur yang cukup kesehatan mental Anda akan jauh lebih baik, sebaliknya jika jam tidur Anda kurang maka akan berpengaruh pada suasana hati, ketajaman mental dan dampak buruk lainnya untuk jangka waktu yang panjang.

5. Temukan tujuan hidup

Setiap orang haruslah mempunyai tujuan hidup yang jelas, sehingga segala ativitasnya akan terarah dan tidak ada waktu yang sia-sia.

Dalam istilah biologis, menemukan makna dan tujuan sangat penting untuk kesehatan otak karena bisa menstimulis sel-sel otak membuat jaluk saraf baru, hal ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Saat ini zaman sudah canggih dan untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan pun sangat mudah, apalagi dengan adanya Halodoc. Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan Anda dan keluarga.

Melalui Halodoc Anda bisa bertanya langsung pada dokter saat terjadi masalah pada kesehatan Anda, Anda juga bisa membeli obat dengan mudah dan mengetahui alamat rumah sakit terdekat antisipasi situasi genting.