5 Alasan Kenapa Anda Harus Pakai Batik

Alasan Kenapa Anda Harus Pakai Batik

Sebagaimana kita tahu bahwa tren busana/fashion saat ini cepat sekali berganti, baju dan celana yang kita beli dua tahun lalu belum tentu masih relevan dengan tren saat ini.

Tentu bukan tanpa sebab, ada banyak faktor yang mempengaruhi tren berbusana ini, yang paling banyak adalah karena ingin mengikuti gaya berpakaian sang idola. Sebagai contoh, beberapa saat setelah film Dilan tayang di bioskop tanah air, saat itu pula banyak orang yang ingin mengenakan jaket berbahan denim dengan aksen kulit/bludru di kerahnya, iya kan? Mungkin orang terdekat Anda salah satunya.

Tapi tahukah Anda bahwa ada satu jenis busana yang menurut saya tidak terpengaruh oleh pesatnya tren fashion saat ini dan mungkin sampai masa yang akan datang, yaitu Batik Indonesia. Karena batik selalu mempesona, bisa beradaptasi dengan tren manapun dan tetap fashionable.

Foto : Dok. Pribadi
Batik : BT Batik Trusmi Motif Mega Mendung

Berikut saya akan berbagi beberapa alasan kenapa Saya dan Anda harus mengenakan batik.

1. Batik itu versetile (bisa beradaptasi dengan segala aktivitas)

Sadar atau tidak, batik itu salah satu fashion item yang versetile, mudah beradaptasi dengan segala kondisi dan aktivitas, karena dari dulu sampai sekarang batik tetap bisa masuk ke tren fashion manapun, apalagi setelah ditambah dengan beberapa modifikasi, maka jadilah model batik yang kekinian.

Bagi saya, batik itu sama seperti celana hitam atau baju-baju yang mempunyai warna netral, sehingga selalu pas saat dipasangkan dengan busana warna apapun.

2. Batik itu cocok untuk semua aktivitas

Pasti Anda pernah dengar slogan ini, “apapun makanannya, minumnya ya teh botol soso”, kalau di dunia fashion mungkin akan berubah menjadi  “apapun aktivitasnya, ya pakai batik saja”.

Bagi saya slogan tadi tidak berlebihan karena memang batik hampir cocok untuk semua aktivitas, kuliah bisa pakai batik, kerja bisa pakai batik, kondangan apalagi, menghadiri acara-acara penting juga bisa pakai batik, pokoknya hampir semua cocok, BTAlways Batik.

3. Batik itu Indonesia banget

Kita tahu bahkan semua dunia juga tahu kalau batik itu khas Indonesia, bahkan pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan bahwa batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity). Batik itu memang Pesona Indonesia.

4. Batik itu penyetara

Bagi saya batik itu penyetara, setelah mengenakan batik, secara sekilas tidak akan terlihat mana si kaya mana si miskin, mana anak buah mana bosnya, semuanya menjadi setara dengan batik, karena memang pada hakikatnya kita ini sama di mata Tuhan, hanya ketaatan kita yang membedakannya.

5. Batik itu penuh makna

Ada banyak sekali motif batik khas Indonesia, dari masing-masing corak biasanya terdapat makna yang mendalam dan sangat filosofis.

Kita ambil contoh motif Batik Cirebon yaitu motif Mega Mendung. Mega itu berarti awan dan Mendung mempunyai arti cuaca yang sejuk.

Mega Mendung mempunyai filosofi bahwa kita setiap manusia itu harus mampu menahan amarah atau emosi dalam segala situasi dan kondis, kita diharapkan bisa tetap sejuk walaupun dalam keadaan penuh amarah. Seperti awan yang muncul ketika cuaca sedang mendung, ia mampu menyejukkan suasana di sekelilingnya.

Kalau berbicara tentang Batik Cirebon, ada salah satu destinasi Wisata Cirebon yang tidak boleh Anda lewatkan saat singgah di kota udang ini, yaitu BT Batik Trusmi yang beralamat di Jl. Trusmi Kulon No.148, Weru Lor, Plered, Cirebon, Jawa Barat 45154.

Store BT Batik Trusmi
Foto : http://btbatiktrusmi.com/

Disana Anda bisa memilih batik sesuka hati, karena BT Batik Trusmi merupakan pusat batik terlengkap dan terbesar dengan model yang kekinian. Buat Anda para eksekutif muda yang ingin tampil elegan dan berwibawa, batik premium persembahan BT Batik Trusmi sangat pas untuk dijadikan pilihan.

Bagi Anda yang berdomisili jauh dari kota Cirebon tapi ingin memiliki Batik Trusmi, Anda bisa mendapatkannya melalaui online store-nya di http://btbatiktrusmi.com/.  Jangan lupa follow juga akun Instagram BT Batik Trusmi agar Anda tak ketinggalan informasi terbaru dari BT Batik Trusmi.

Foto : Dok. Pribadi

Di akhir tulisan ini, saya ingin berpesan “you dress for where you want to be, not where you are”, berpakaianlah seperti layaknya Anda ingin diperlakukan, bukan dimana Anda berada. Kalau kita ingin diperlakukan dengan baik, maka gunakanlah pakaian yang baik, kalau bingung, pakai saja batik, karena batik lebih baik.

 

BT Batik Trusmi
Jalan Trusmi Kulon No. 148 Plered Weru Lor Cirebon Jawa Barat 45154
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
+62231321416 website http://btbatiktrusmi.com/

232 total views, 0 views today

No Comments

Leave a Comment