3 Tips Mengelola Gaji Agar Tetap Cukup

3 Tips Mengelola Gaji Agar Tetap Cukup

Setelah semalam saya menonton salah satu program motivasi tentang tips mengelola gaji, ada pertanyaan menarik dari salah satu audien, begini katanya :

“Dulu waktu gaji saya masih kecil, saya bisa mengatur setiap kebutuhan sehingga gaji itu cukup. Tapi, setelah gaji saya sekarang berlebih, yang saya rasakan malah jadi kurang, padahal seharusnya setelah gaji itu naik, aka nada sejumlah uang yang saya bisa simpan.”

Mungkin ini juga yang menjadi persoalan kebanyakan dari kita, mau gaji kecil atau besar, selalu merasa kekurangan, masalahnya ternyata bukan diangka gaji yang kecil atau besar, melainkan bagaimana cara mengelola gaji tersebut. Sebesar apapun gaji yang kita dapat, ketika kita kurang pandai dalam hal pengelolaannya, tentu akan selalu merasa tidak cukup.

tips mengelola gaji

Sebelum itu, kita harus bisa membedakan :

Pertama, apa definisi kebutuhan dan keinginan, apakah kebutuhan itu benar-benar kebutuhan, atau jangan-jangan sebetulnya hanyalah keinginan yang kita sebut sebagai kebutuhan.

Kedua, gaya hidup, waktu gaji kita kecil mungkin gaya hidup kita sederhana, tapi ketika gaji kita besar tentu gaya hidup ini akan berubah, yang biasanya cukup dengan isi pulsa 50ribu, setelah gaji naik kita mempunyai keinginan untuk mengisi pulsa 100rb, dan itu kita sebut sebagai kebutuhan padahal sebenarnya itu hanyalah keinginan.

Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membedakan mana yang benar-benar kebutuhan dan mana yang termasuk kedalam keinginan.

Tips Mengelola Gaji

Setelah kita bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan, kita bukan tidak boleh memenuhi keinginan, tapi kita harus mempunyai batasan tentang itu sehingga tidak kebablasan. Ada tiga tips mengelola gaji sehingga kita selalu merasa cukup.

1. Earn before you get (Kumpulkan sebelum kamu mendapatkan)

Bekerja keras untuk menghasilkan uang memang diperlukan, tapi selain itu, kita juga harus bisa bekerja cerdas sehingga kita bisa mengatur pola dalam mengelola uang tersebut.

2. Plan before you spend (Rencanakan sebelum kamu menghabiskan)

Biasakan untuk membuat perencanaan, jangan terburu-buru, buat daftar kebutuhan yang kita sangat perlukan. Dengan perencanaan yang matang, tentu alokasi gaji kita pun akan jelas.

3. Wait before you buy (Tunggu sebelum kamu membeli)

Untuk hal ini, biasanya terjadi saat belanja. Jangan mengikuti emosi ingin membeli ini itu mentang-mentang sedang mempunyai banyak uang, tapi tunggu dulu, buat beberapa perencanaan dan pertimbangan.

Catatan Tentang Tips Mengelola Gaji

Sebagai penutup, mari kita renungkan catatan inspirasi dari motivator Merry Riana :

Hidup cermat dan hemat adalah cara yang tepat meraih kesuksesan finansial denganĀ  cepat. Saat hidup memberi rasa kekurangan, disitulah arti kesederhanaan diajarkan. Saat hidup memberikan Anda kemewahan, disitulah rasa syukur diingatkan. Jadilah orang hebat yang bisa menjadikan keduanya sebagai kesempatan, kesempatan untuk bekerja lebih giat dan meraih mimpi, kesempatan untuk menjadi penyalur berkah dan saling berbagi.

Bekali diri dengan wawasan dan iman saat mencari uang, karena mencari uang tanpa tau cara menggunakannya, bisa-bisa berujung hutang. Jadilah orang bijak yang menggunakan uang untuk memenuhi kebutuhan bukan karena keinginan untuk memenuhi kepuasan. Jangan biaran kehidupan Anda dikendalikan oleh uang, tapi jadilah pemegang kendali dan buat perencanaan keuangan dari sekarang.

Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat bagi kita semua.

190 total views, 0 views today

19 Comments

Leave a Comment