10 Tips Traveling Pakai Motor ala Jarhie

Tips Traveling Pakai Motor

Tips traveling pakai motor  – Jumat (1/1/16) Saya dan beberapa teman memutuskan untuk pergi mengilangkan penat sekaligus menjadi ajang temu kangen setelah beberapa bulan kami lulus dari kuliah. Kami pergi ke salah satu rumah di daerah Cikalong dan rumah itu milik salah satu teman kami. Memanfaatkan momen libur tahun baru untuk bisa berkumpul.

Ada beberapa tips yang ingin saya bagi kepada teman-teman pembaca, tips ketika melakukan perjalanan bersama teman-teman terdekat atau sering disebut touring, tips ini mungkin akan bermanfaat khususnya bagi orang yang suka traveling pakai motor. Saya buat tips ini setelah melakukan perjalanan kemarin.

1. Bawa Baju Ganti

Bawalah baju ganti seperlunya, perhitungkan juga seberapa lama kita akan menginap atau mengunjungi tujuan, sehingga kita bisa mempersiapkan berapa stel yang harus kita bawa, perhatikan juga kegiatan yang akan kita lakukan, berenangkah atau hanya foto-foto.

2. Jangan Bawa Elektronik Berlebihan

Cukup bawa elektronik yang penting saja, misalkan handphone dan chargernya. Jangan bawa elektronik yang kurang jelas kegunaannya, karena selain berat hal ini juga bisa jadi masalah ketika hujan turun di tengah perjalanan. Barang-barang tersebut dikhawatirkan rusak akibat air hujan yang masuk ke tas kita.

3. Bawa Jas Hujan

Pastikan jas hujan ada di bagasi motor kita, saat hujan turun secara otomatis kita bisa langsung memakainya hal ini juga berguna saat kondisi kita tidak memungkinkan untuk berteduh, misalkan di jalanan sepi, dari pada terjadi hal yang kurang baik, lebih baik untuk melanjutkan perjalanan, dan jas hujan tentu sangat diperlukan.

4. Bawa Alat Sholat

Selalu bawa alat sholat seperti sarung untuk laki-laki dan mukena untuk perempuan, hal ini penting karena jika pakaian yang kita kenakan itu dirasa kotor atau terkena najis, kita masih bisa melaksanakan sholat dengan leluasa. Untuk jaga-jaga bawalah dua sarung, satu untuk sholat, satu untuk tidur.

5. Bawa Sandal

Sandal berguna saat hujan turun, sepatu yang kita kenakan bisa disimpan di dalam tas kemudian kita gunakan sandal, selain itu sandal ini dipastikan sangat bermanfaat jika sudah sampai di tempat tujuan, kalau kita menginap di rumah teman, kita tidak mungkin menggunakan sepatu kemana-mana.

6. Bawa Alat Mandi

Bawalah alat mandi yang biasa kita gunakan di rumah, paling minimal bawalah sikat gigi dan pasta gigi. Untuk sabun dan shampoo kita bisa beli di tempat tujuan atau minta ke teman, sebaiknya bawalah sendiri.

7. Bawa Uang

Sebelum berangkat perhitungkan waktu traveling yang kita lakukan, persiapkan uang yang cukup untuk bensin, jajan dan biaya tak terduga lainnya.

8. Pastikan Pulsa dan Baterai Handphone Penuh

Isilah baterai handphone sebelum berangkat, pengalaman kemarin, ada salah seorang teman saya yang terpisah dari kelompok ketika melakukan perjalanan, untungnya dia punya pulsa dan baterai handphone-nya full, sehingga bisa mengubungi yang lainnya, tak terbayang apabila kedua hal tersebut kosong.

9. Jangan Ngebut

Tetap utamakan keselamatan, ini touring bukan balapan, jadi tidak perlu ngebut-ngebut saling mendahului sesama teman, tetap dalam kelompok dan barisan, kalau salah seorang ingin berhenti atau mengisi bensin, semuanya harus berhenti dan menunggu sampai urusannya selesai.

10. Berdoa

tips traveling pakai motor

Selalu berdoa sebelum berangkat, ini hal yang paling penting, karena tanpa perlindungan-Nya kita tidak tau apa yang akan terjadi pada kita. Jangan lupa untuk selalu gunakan perlengkapan safety riding, seperti helm, jaket, sepatu dll.

Segitu saja tips traveling pakai motor ala Jarhie, semoga bermanfaat.

118 total views, 0 views today

12 Comments

Leave a Comment