Wisata Quran Wisata Religi Kebanggaan Kota Bandung

Sekilas tentang Wisata Quran

Selain kulinernya yang selalu jadi bahan perbincangan, Kota Bandung juga hadir dengan banyaknya destinasi wisata yang bisa memanjakan Anda dan keluarga. Mulai dari wisata air, wisata sejarah dan masih banyak lagi. Kini Bandung kembali menyuguhkan satu destinasi wisata baru yaitu Wisata Quran.

Wisata Quran adalah salah satu destinasi wisata kebanggan kota kembang, kehadirannya langsung mendapat banyak pujian di kalangan masyarakat, termasuk dari Kang Ridwan Kamil Walikota Bandung. Program wisata religi ini diinisiasi oleh Syaamil Quran, sebuah penerbit dan percetakan Al-Quran terbesar di Indonesia.

Syaamil Quran sebagai salah satu institusi yang peduli terhadap Al-Quran dan penyebarannya, memiliki ide dan harapan untuk menghadirkan nuansa agamis di Kota Bandung, serta memberikan wawasan tentang Al-Quran kepada masyarakat sehingga termotivasi untuk selalu berinteraksi dengan Al-Quran.

Destinasi Wisata Quran ini diresmikan langsung oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil pada tanggal 5 Oktober 2013 di Pameran Buku Jalan Braga Bandung.

Pagi ini, saya berkesempatan untuk mengunjungi kantor Syaamil Quran dan merasakan apa dan bagaimana serunya wisata religi yang satu ini. Tujuan utama dari wisata ini adalah mengenalkan kepada kita proses pembuatan Al-Quran, mulai dari penyusunan naskah, layout, desain cover, proses quality control hingga proses produksinya.

Kegiatan Wisata Quran

Setibanya di kantor Syaamil Quran, saya disambut oleh tim yang ramah dan seru, kemudian mengajak saya untuk memasuki ruangan serba guna. Kurang lebih begini alur yang kita akan lakukan ketika berwisata Quran :

Pertama, kita akan diperkenalkan tentang sejarah Syaamil Quran, bagaimana Syaamil berusaha memenuhi kebutuhan Al-Quran di masyarakat, dengan menciptakan produk sesuai segmentasi dan keperluan untuk memudahkan masyarakat memahami Al-Quran, sesuai tagline-nya “Bersama Syaamil Quran, belajar dan memahami Al-Quran jadi mudah dan menyenangkan”

Kedua, kita akan diajak mengunjungi ruang kreatif tempat Al-Quran ini dibuat. Di ruangan kreatif ini, kita akan bertemu dengan orang-orang luar biasa, sebagian ada yang sedang me-layout naskah Al-Quran, memeriksa khat/tulisan Al-Quran dan ada pula proses pembuatan gambar-gambar kartun untuk nantinya akan dibuat menjadi buku-buku cerita islami. Di ruangan ini kita bebas menanyai siapapun jika ada hal yang kurang dimengerti. Oh iya, bagi yang suka menggambar, kita diperbolehkan untuk mencoba pen tablet yang biasa mereka gunakan lho.

wisata quran wisata religi kota bandung

Ruang Kreatif, tempat penyusunan naskah, layout, desain dan proses quality control

Semua Al-Quran yang hendak dicetak, diproses menggunakan komputer grafis dengan penuh kehati-hatian, maka dari itu sebelum naskah AL-Quran ini naik cetak, ada tim QC (Quality Control) yang akan memeriksa setiap huruf dari Al-Quran tersebut. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana caranya mengecek huruf demi huruf, lembar demi lembar dari Al-Quran yang lumayan tebal itu. Tapi para karyawan ini sudah terlatih dan sangat profesional dalam melakukan tugasnya.

wisata quran destinasi wisata kota bandung

Kiri : Penyusunan layout Al-Quran. Kanan : Proses pemeriksaan khat/tulisan (Quality Control)

Ketiga, kita akan dibawa melihat wall of fame yang berisi kegitan-kegiatan Syaamil Quran, menurut tim pemandu, adat istiadat setiap kunjungan adalah siapapun yang berkunjung wajib berfoto di wall of fame ini. Di wall of fame ini kita bisa melihat ternyata Meida Sefira pernah menjadi Brand Ambassador Syaamil Quran dan ternyata Syaamil Quran telah menjadi sponsor program Hafiz Indonesia RCTI 3 tahun berturut-turut.

Keempat, masuklah kita ke tempat produksi. Disini saya melihat bagaimana lembar demi lembar naskah Al-Quran ini dicetak dengan tiga mesin besar 4 warna yang mempunyai kecepatan 9000 lembar per jam. Dalam setiap stepnya, selalu dilakukan kehati-hatian, para petugas selalu mengecek setiap 1000 lembar memastikan warna dan cetakannya rapi dan sesuai.

wisata quran destinasi wisata kota bandung

Proses menjahit mushaf Al-Quran

Di proses produksi, kita juga akan melihat proses lipat, jahit, pembuatan cover hingga proses packing dan siap didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia.

Kegiatan Wisata Quran ini terbuka untuk umum, dari mulai pelajar TK, SD, SMP, SMA, Mahasiswa hingga komunitas dan kelompok-kelompok pengajian. Kabar gembiranya adalah, ternyata kegiatan ini gratis tidak dipungut biaya masuk seperti tiket dan lain sebagainya seperti tempat wisata lainnya. Namun, bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh berupa seperangkat goodie bag dari Syaamil Quran yang berisi pin, CD Belajar Quran, dan buku/Al-Quran, disediakan juga beberapa paket yang bisa Anda pilih.

wisata quran destinasi wisata bandung

Kiri : proses pembuatan hardcover. Kanan : Proses pembuatan emboss pada sampul Al-Quran

Kunjungan Wisata Quran hanya dilaksankan pada hari selasa dan kamis dan minimal membawa 25 orang. Bagi Anda yang ingin berwisata Quran, harap mengirimkan surat permohonan kunjungan terlebih dahulu, karena untuk menyesuaikan jadwal agar tidak bentrok dengan yang lain.

Baca juga : Museum Sri Baduga, Berwisata Mengenal Sejarah Tatar Sunda

Paket-paket Wisata Quran

Paket Rookie (Rp. 30.000/orang)

  • Pin
  • Air Mineral
  • Buku Sygma
  • Goodie bag
  • DVD Belajar Al-Quran

Paket Bronze (Rp. 50.000/orang)

  • Pin
  • Air Mineral
  • Al-Quran
  • Goodie bag
  • DVD Belajar Al-Quran

Paket Silver (Rp. 100.000/orang)

  • Pin
  • Snack
  • Al-Quran
  • Goodie bag
  • DVD Belajar Al-Quran

Alamat Wisata Quran

Syaamil Quran
Jl. Babakan Sari 1 No. 71 Kiaracondong – Bandung
Telp. 022-7208298

12 Comments

  • Koko Nata 27/09/2016 at 13:33

    Wah menarik sekali. Wisata plus tambah ilmu dan amal ibadah ini namanya

    Reply
  • ahmad andriana 28/09/2016 at 04:07

    Saya pernah ke sana, dan emang asyik, seru dan nambah wawasan. Kita jadi tahu bagaimana proses membuat Quran itu, dari mulai riset hingga siap jual. Luar biasa, semoga Allah memberkahi orang-orang yang terlibat.
    Terus, guidenya juga ramah, lucu, dan sehat hehehe. Pengen ke sana lagi ih..

    Reply
    • Jarhie 28/09/2016 at 12:10

      Tau aja kalo pemandunya sehat hahah 😀

      Reply
  • sofyan 28/09/2016 at 12:53

    wah sangat menarik nih wisata selain jalan jalan juga bisa menambah ilmu keagamaan dan meningkatkan iman kita, perlu digalakan wisata ini dikalangan umat islam

    Reply
    • Jarhie 28/09/2016 at 23:06

      Betul Mas Sofyan 🙂

      Reply
  • Ida Tahmidah 01/10/2016 at 10:22

    Dari dulu pengen ke sini, belum kesampaian aja 😀

    Reply
    • Jarhie 01/10/2016 at 22:29

      Hayu atuh bu dianter ahhaha

      Reply
  • Bang Aswi | @bangaswi 03/10/2016 at 21:36

    Asa kararenal dengan yang ada di foto (bagian kantor) hehehe ^_^

    Reply
    • Jarhie 04/10/2016 at 00:54

      Mungkin pernah berkunjung dan selebihnya hahaha si abang mah

      Reply
  • rita dewi 10/10/2016 at 01:32

    Baru tahu ada ini. Sepertinya bagus mengajak anak2 kesini. Supaya mereka lebih tahu dan paham bagaimana proses pembuatan Al Quran. Tks infonya

    Reply
    • Jarhie 10/10/2016 at 01:51

      Harus segera kesini bawa anak-anak nih Mba hehe

      Reply

Leave a Comment