Tutorial Belajar CorelDRAW #2 – Basic Shaping

Di tutorial belajar corelDRAW sebelumnya, kita sudah belajar bagaimana cara membuat sebuah dokumen atau project baru di CorelDRAW. Bagi teman-teman yang belum membacanya, bisa klik link yang disediakan dibawah ini.

Pada tutorial kali ini, kita akan belajar membuat bentuk-bentuk standar yang nantinya akan kita gunakan dalam mengeksekusi sebuah desain. Bentuk-bentuk tersebut adalah persegi, segitiga, lingkaran, segienam dan bintang. Hampir semua pekerjaan desain pasti memerlukan bidang-bidang tersebut, bidang-bidang tersebut nantinya bisa dimodifikasi sesuai kreatifitas sang desainer.

Tutorial Belajar CorelDRAW – Shaping

Pertama, untuk membuat sebuah bidang, mulailah dengan membuka dokumen baru, untuk membuat dokumen baru bisa lihat turorialnya di link ini.

tutorial belajar coreldraw

Kedua, pilihlan Rectangle tool di toolbar sebelah kiri.

tutorial belajar coreldraw

Ketiga, setelah memilih rectangle tool kita klik and drag di halaman kerja kita. Jika kita ingin membuat bidang yang presisi persegi empat, sebelum klik and drag, kita tekan tombol CTRL di keyboard. Tombol CTRL terus ditekan selama kita men-drag mouse, sehingga kita akan mendapatkan bidang yang sama sisi. Cobalah buat beberapa bidang tanpa menekan tombol CTRL, hasilnya seperti di bawah ini

tutorial belajar coreldraw

Jika ingin memberi warna pada bidang, kita tinggal pilih warna yang ada disamping kanan lembar kerja. Klik bidang yang ingin diberi warna, kemudian pilih warnanya, warnai sesuai kebutuhan teman-teman.

Keempat, lakukan hal yang untuk membuat bidang lainnya seperti segitiga, lingkaran, segienam dan lainnya.

tutorial belajar coreldraw

Untuk bidang segitiga, segienam dan bintang kita pilih Arrow Shape Tool. Klik dan tahan beberapa detik sehingga muncul pilihan lanjutan seperti dibawah ini

tutorial belajar coreldraw

Pilih polygon jika kita ingin membuat segienam, pilih star jika ingin membuat bintang, jangan lupa tahan tombol CTRL untuk membuat bidang menjadi presisi. Ketika kita memilih polygon, maka bidang yang akan terbentuk adalah segilima seperti dibawah ini

tutorial belajar coreldraw

Untuk membuatnya menjadi segienam, segitujuh atau segidelapan, kita tinggal menambahkan angka pada pilihan yang tersedia dibagian atas. Klik dulu bidang segilimanya, kemudian kita ubah angkanya seperti dibawah ini, maka bidang akan berubah secara otomatis.

tutorial belajar coreldraw

2 Comments

  • trip jalan jalan 18/04/2016 at 08:22

    JIka ingin membuat vidio pakai apa ia gan yang bagus? premier apakah bagus? mau belajr juga ni

    Reply
    • Jarhie 18/04/2016 at 08:38

      premier juga bagus kang 🙂

      Reply

Leave a Comment