Tutorial Belajar CorelDRAW #1 – Membuat Lembar Kerja

Tutorial Belajar CorelDRAW #1

Pada tulisan ini saya akan membuat tutorial belajar CorelDRAW step by step. Bagi yang sudah mahir mungkin postingan ini tidak ada apa-apanya, tapi tulisan ini saya persembahkan untuk mereka yang ingin belajar CorelDRAW tapi belum mempunyai guru. Tutorial CorelDRAW ini saya mulai dari tutorial paling dasar hingga tingkat mahir.

Tutorial Belajar CorelDRAW – Memulai Lembar Kerja

Saya menggunakan CorelDRAW X7, sebetulnya tidak ada perbedaan signifikan dari versi sebelumnya, mungkin tampilannya saja yang agak berbeda, icon-icon yang lebih fresh dan lebih enak dipandang. Saya sarankan teman-teman juga menginstall CorelDRAW X7 di komputer/laptopnya, supaya tutorial ini bisa diikuti dengan mudah.

Bagi yang belum mempunyai CorelDRAW X7 nya, bisa menghubungi saya via email, nanti akan saya pandu untuk download sekaligus proses instalasi pada perangkat teman-teman.

Untuk memulai membuat sebuah desain, kita diharuskan untuk memulainya dengan sebuah lembar kosong, di CorelDRAW banyak pilihan ukuran kertas dan kita pun bisa mengatur sendiri secara custom panjang dan lebar dokumen yang akan kita buat.

Pertama, Buka CorelDRAW yang teman-teman punya, nanti akan muncul loading page seperti dibawah ini. Tunggu hingga selesai.

tutorial belajar coreldraw

Loading page CorelDRAW X7 (jarhie.com)

Kedua, setelah loading page sudah selesai, kemudian akan muncul jendela baru CorelDRAW X7 seperti dibawah ini :

tutorial belajar coreldraw

Welcome page CorelDRAW X7 (jarhie.com)

Untuk memulai membuat lembar kerja baru, kita bisa memilih New Document. File-file dibawah opsi Open Recent adalah nama file Corel yang telah saya kerjakan atau sedang saya kerjakan. Kalau nanti teman-teman sudah membuat banyak desain, tentu akan sama seperti saya, di bagian Open Recent akan terlihat banyak file-file yang berderet.

Ketiga, setelah klik New Document maka akan muncul jendela baru seperti dibawah ini :

tutorial belajar coreldraw

Saya akan memberi sekilas penjelasan tentang gambar diatas.

  1. Name : ini adalah nama dokumen yang akan kita buat, misalkan kita akan membuat desain kartu nama, maka isilah misalkan ‘Desain Kartu Nama’, atau kalau tidak mau ribet biarkan saja filenya bernama Untitled-1 toh nanti ketika kita save dokumen tersebut kita masih bisa mengganti namanya.
  2. Size : berisikan ukuran-ukuran kertas yang sudah standar internasional, hampir semua ukuran kertas ada di dalam opsi ini, mulai dari kertas seri A (A5, A4, A3, A2, A1, A0) seri B dan berbagai jenis ukuran lainnya, klik saja maka kita akan melihat semua ukuran yang disediakan. Kita hanya tinggal memilih ukuran apa yang akan kita gunakan untuk membuat desain.
  3. Ini merupakan satuan panjang dan lebar yang bisa kita gunakan, ada centimeter, milimeter, meter, pixel dll.
  4. Layout : Kita bisa memilih layout dokumen, portrait atau landscape sesuai kebutuhan desain.
  5. Color Mode : Ada dua pilihan dalam opsi ini, CMYK dan RGB. Saya akan membuat tulisan khusus tentang CMYK dan RGB, ditunggu ya. Untuk tutorial belajar CorelDRAW kali ini kita pakai saja yang CMYK.
  6. Width – Height : ini adalah ukuran media yang akan kita pakai. Jika kita memilih kertas ukuran A4 maka secara otomatis ukurannya akan terisi seperti pada gambar. Tapi, jika kita ingin membuat lembar kerja sesuai kemuan kita, tinggal isikan saja disana. Misal kita ingin membuat dokumen berbentuk segiempat, kita bisa isikan width : 15 cm height : 15 cm, maka otomatis dokumen akan bebrbentuk segi empat.
  7. Jika pengaturan diatas sudah pas, kita bisa klik tombol OK di paling bawah untuk memulai membuat desain.

Keempat, setelah pengaturannya di OK, kemudian akan muncul halaman yang siap kita gunakan untuk membuat sebuah desain seperti dibawah ini :

tutorial belajar coreldraw

Keterangan gambar :

  1. Menu bar : berisi menu seperti pada aplikasi lainnya.
  2. Toolbar : ini yang nanti kita gunakan untuk membuat sebuah desain, berisi tool-tool yang sangat mudah digunakan dan mempunyai kemmapuan beragam.
  3. Worksheet : ini adalah lembar kerja yang akan kita gunakan, ukurannya akan sama dengan pengaturan yang sebelumnya telah kita lakukan, saya memilih kertas ukuran A4.
  4. Color Pallette : warna-warna yang bisa kita gunakan untuk membuat sebuah desain.
  5. Page : ini menunjukan halaman, jika kita ingin menambah halaman, kita cukup menekan tombol + yang ada disamping Page 1.

Itu adalah tutorial belajar CorelDRAW yang pertama, saya akan membuat tutorial lainnya dengan membuat sebuah objek desain. Jika teman-teman mempunyai keinginan agar saya membuatkan tutorial tentang sesuatu, silahkan usulkan saja di kolom komentar ya.

Baca juga : Cara Meningkatkan Traffic Blog

Nantikan Tutorial Belajar CorelDRAW selanjutnya hanya di jarhie.com

2 Comments

  • Maajid Jati laksamana 13/01/2017 at 08:39

    menurut saya informasi diwebsite ini sangat menarik

    Reply
  • zahid 21/02/2017 at 15:47

    tolong bikin tutorial membuat tiang sesuai ukuranya bosss

    Reply

Leave a Comment