Superhero Hollywood Versi Wayang Indonesia

Superhero Indonesia

Superhero Indonesia – Beberapa hari lalu saya menonton ILK (Indonesia Lawak Club) di Trans7 yang saat itu mengangkat tema tentang “Indonesia Lawak Kanak-Kanak”. Seperti biasa, banyak terjadi perdebatan yang jenaka dan mengundang gelak tawa, tidak heran karena hampir semua panelisnya adalah komedian.

Di akhir acara ada Kang Maman yang bertindak sebagai notulen, beliau membacakan semacam kesimpulan dari tema yang diangkat saat itu. Setelah saya mendengarkan pemaparan beliau, saya baru tau ternyata tokoh wayang Indonesia punya banyak kemiripan dengan superhero Hollywood. Saya lulusan dari kampus seni di Bandung, jadi tidak terlalu asing mendengar kata wayang, karena pada beberapa kesempatan saya pernah membaca ceritanya sampai menggambar tokohnya.

Superman dan Gatotkoco (Gatotkaca)

superhero indonesia

Superman yang mempunyai kekuatan terbang secepat kilat, mata yang bisa mengeluarkan sinar laser, dan tubuh yang kuat diatas manusia pada umumnya, ini sama halnya dengan Gatotkaca. Gatotkaca terkenal dengan otot kawat tulang besi, ditempa di kawah candradimuka, dia bisa terbang secepat kilat dan bisa mengeluarkan cahaya yang menyilaukan dari tubuhnya.

Hulk – Wolverine dan Bima Werkudoro

superhero indonesia

Hulk yang mempunyai tubuh besar seperti raksasa, kulit yang kebal dan kekuatan yang luar biasa itu sama seperti Bima Werkudoro. Bima mempunyai tubuh raksasa, berparas garang dan mempunyai kekuatan yang tidak kalah luar biasanya dari hulk, selain itu Bima mempunyai kuku pancanaka yang tujuh kali lebih tajam dari pisau, hal ini sama seperti Logan / Wolverine dengan cakar adamantium-nya dalam film X-Men.

Aquaman dan Antesena

superhero indonesia

Dari nama saja kita sudah paham bahwa superhero yang satu ini adalah manusia yang bisa hidup di dalam air. Selain kemampuan tersebut, Aquaman mempunyai tubuh bersisik dan kebal dengan berbagai senjata, hal ini sama dengan Antasena. Antasena adalah putra dari Bima yang paling sakti, ia bisa terbang, masuk ke dalam bumi dan menyelam di air dalam waktu yang lama. Kulitnya terlindungi oleh sisik yang membuatnya kebal terhadap senjata apapun.

Hawkeye dan Arjuna

superhero indonesia

Hawkeye yang selalu tepat dalam memanah ini sama dengan Arjuna. Arjuna adalah sosok yang gemar menuntut ilmu dari siapapun. Tak heran ia menjadi orang yang sakti, dari gurunya yang bernama Begawan Drona, Arjuna mendapat senjata yang bernama panah Cundamanik. Tidak hanya itu, kalau Hawkeye punya anak panah khusus untuk kondisi tertentu seperti anak panah bom atau yang lainnya, Arjuna mempunyai beberapa anak panah seperti Pasopati yang mempunyai mata panah seperti bulan sabit, Ardadedali dengan anak panah yang mirip kepada burung dan masih banyak lagi.

Thor dan Bima Werkudoro

superhero indonesia

Thor digambarkan dengan sosok yang hebat dengan senjata andalan palu bernama Mjolnir, ini sama dengan Bima Werkudoro yang mempunyai palu bernama Gada Rujakpala. Senjata ini digunakan untuk membunuh Duryudana pada hari terakhirnya.

Ironman dan Karna





Ironman mempunyai baju besi yang sangat kuat, bisa melindungi pemakainya dari berbagai serangan. Hal ini sama dengan Karna. Karna adalah anak dari Dewi Kunti, ia lahir dengan baju besi melekat di tubuhnya, membuatnya terlindungi dari berbagai macam bencana.

Ternyata legenda pewayangan kita lebih lengkap dan lebih hebat dari superhero Hollywood yang ada diluaran sana. Satu lagi, cerita dan tokoh pewayangan Indonesia itu lebih dulu ada dibanding cerita superhero lainnya.  Mari cintai Indonesia dengan menghargai budayanya.

2 Comments

  • Pembicara Internet Marketing 01/01/2016 at 03:27

    blog yang cukup menarik, dan themes yang sangat seo frendly. salam hangat http://www.marinirseo.web.id Pembicara Internet Marketing

    Reply
    • Jarhie 01/01/2016 at 03:28

      terima kasih 🙂

      Reply

Leave a Comment