Dibalik Viralnya Quote Pake Iman

Viralnya Quote Pake Iman

Bagi desainer, hal yang membahagiakan adalah ketika karya desain buatannya mendapat apresiasi dari orang lain. Sebaliknya, hal yang menyedihkan dialami  saat karya desain tersebut ‘dibajak’ oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Contohnya desain yang satu ini :

quote pake iman

Mungkin beberapa hari kebelakang teman-teman pernah melihat desain ini, entah itu di Facebook, Twitter, Instagram, atau mungkin display picture BBM atau WhatsApp sahabat. Tapi apakah desainnya persis seperti gambar diatas atau hanya bagian kata-kata tengahnya saja?

Desain tersebut saya buat beberapa hari yang lalu, kemudian diunggah oleh akun sosial media milik Syaamil Quran, tempat dimana saya bekerja. Awalnya saya hanya desainer tok, mengerjakan order desain yang setiap hari datang memenuhi log book  di atas meja. Alhamdulillah sekarang saya mendapat amanah baru menjadi Creative Content & Campaign Director, sebuah tanggungjawab yang tidak hanya memerlukan skill tapi harus rada mikir dalam setiap eksekusinya.

Setelah melalui beberapa proses, maka terciptalah Quote Pake Iman tersebut. Tanpa saya duga, ternyata desain sederhana itu mendapat respon baik dari para netizen, dalam waktu kurang dari tiga jam, desain tersebut mendapat lebih dari 100 shares dan 200 lebih engagements secara organik tanpa iklan dan tanpa caption yang aneh-aneh, angkanya terus bertambah sampai detik dimana saya menulis artikel ini. Selain itu, desain ini pun sudah diunggah ulang oleh akun-akun yang jumlah followersnya mencapai angka jutaan.

Ada saja orang yang nyinyir, contohnya ‘aah desainnya biasa aja’ dan ‘itu cuman kebetulan’, karena nyatanya kita tidak bisa membuat semua orang suka kepada kita, yang penting lakukan yang terbaik dan semaksimal mungkin.

Mungkin desain quote pake iman tersebut memang biasa saja, tidak ada yang istimewa, tapi alhamdulillahnya banyak orang yang suka. Kalau menyebut ‘ini hanya kebetulan’ mungkin ini kebetulan, kebetulan temanya pas dengan sesuatu yang sedang booming, tapi faktanya, dalam proses pembuatan desain ini memerlukan pengamatan dan eksekusi yang tidak sembarangan.

Dari semua curhatan diatas, satu hal yang membuat saya sedih, ternyata banyak akun/orang yang mengunggah desain tersebut dengan menghilangkan identitas ‘Syaamil Quran’ dengan cara meng-crop bagian tengahnya saja, mungkin oknum-oknum tersebut belum paham bagaimana caranya mengapresiasi dengan cara yang baik.

Baca juga : Watermark Sebuah Karya Itu Penting dan Ini Manfaatnya

Terima kasih untuk teman-teman yang mengunggah desain tersebut dengan desain yang ‘asli’, semoga menjadi amal kebaikan, karena desain yang teman-teman sebarkan itu berisi hal bermanfaat bagi orang banyak. Untuk desain saya yang lainnya, bisa follow instagram @jarhie dan @Syaamil_Quran.

12 Comments

  • Surya Blog July 19, 2016 at 1:59 pm

    Sebuah desain tak hanya membutuhkan kreativitas dari desainernya, tetapi juga butuh tenaga dan waktu, wajarlah jika apresiasi yang tinggi patut untuk diberikan kepada para desainer yang telah bekerja keras untuk mengeksekusi ide kretifnya dan kemudian menghasilkan suatu karya yang bermanfaat untuk penikmatnya, seperti halnya karya yang telah dibuat oleh mas jarhie ini, semoga di karya-karya berikutnya dapat meraih keberhasilan lagi mas, amin… 🙂

    Reply
    • Jarhie July 20, 2016 at 1:03 am

      Setuju Mas 🙂

      Reply
  • Rani Yulianty July 19, 2016 at 10:49 pm

    Mantap, bro, iri deh sama yang jago desain, jadi kapan mau ngajarin desain?

    Reply
    • Jarhie July 20, 2016 at 1:03 am

      Ih teh Rani kan samping kanan kirinya desainer semua haha

      Reply
    • Triani Retno A January 24, 2017 at 10:57 pm

      Oaalaaaah…. ini ya Kang Jarhie yang Teh Rani ceritain di WA kemarin? *biar penasaran trus main ke blog saya 😀

      Reply
      • Jarhie January 24, 2017 at 11:36 pm

        Nah loh cerita ini nih? Hihihi

        Reply
  • fahmi July 20, 2016 at 2:19 am

    Horas Bang!!

    Syaamil Quran Medan

    Reply
  • ahmad andriana July 22, 2016 at 4:24 am

    aku pake kok desain itu di BBM, dalam bentuk aslinya, malah dengan keterangan lengkap: desainernya teman saya, punya blog Jarhie.com, masih jomblo, dan belum juga ngasih saya martabak tropika

    Reply
  • Mutia Nurul Rahmah July 25, 2016 at 5:12 pm

    salam kenal ya mas,wah ternyata dibalik desainnya ada mas toh hehe

    mutmuthea.com

    Reply
  • Mutia Nurul Rahmah July 25, 2016 at 5:16 pm

    ternyata dibalik desain ini ada mas dibelakangnya..

    salam kenal ya mas
    mutmuthea.com

    Reply
    • Jarhie July 25, 2016 at 7:06 pm

      Salam kenal Mba Mutia 🙂

      Reply
  • Hafidzah Cumlaude July 28, 2016 at 2:46 am

    Mantap desainnya, tapi kalo kena bajak apalagi tanpa mencatumkan sumber dan menghilang logo si pembuat rada nyesek juga. Karena desain juga karya yang kudu diapresiasi.

    Reply

Leave a Comment